Home » Tekno » Cara Pindah File dari HP ke Flashdisk

Cara Pindah File dari HP ke Flashdisk

Apakah anda salah satu orang yang selalu pindahkan file HP ke flashdisk? Mungkin ini merupakan mencadangkan data atau misal memori HP anda sudah penuh maka bisa menggunakan cara ini untuk pindahkan data kedalam flashdisk atau laptop.

Bagi anda pengguna smartphone Android atau iOS juga bisa menggunakan cara pindah file dari HP ke flashdisk. Ternyata pemindahan ini memiliki dua cara praktis dan sesuai dengan kebutuhan anda. Pertama memudah file menggunakan sistem OTG dan kedua menggunakan media lain seperti Laptop.

Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kedua cara tersebut juga membutuhkan media tambahan, karena HP tidak memiliki port USB yang besar seperti milik flashdisk. Semua smartphone memang memiliki port USB yang digunakan untuk charge dan itu memiliki ukuran cukup kecil. Jadi mustahil kalau memindah file dari HP ke flashdisk secara langsung tanpa ada perantara alat lain.

Namun, untuk cara yang menggunakan USB OTG harus ada sistem dalam smartphone tersebut, supaya bisa memindahkan file tersebut. Bila anda tetap ingin memindahklan file dari HP ke flashdisk maka bisa menggunakan cara lain yaitu melalui perantara laptop atau komputer.

Kenapa dipindah di flashdisk? Banyak sekali faktor atau alasan masing-masing orang, selain seperti diatas yang digunakan untuk cadangan. Maka juga bisa supaya lebih mudah dibawa kemana saja dan ini sering terjadi pada anak kuliah, sekolah kalau sedang mengerjakan tugas yang butuh pindah-pindah laptop misal untuk diprintkan. Lantas bagaimana caranya?

Cara Pindah File dari HP ke Flashdisk

Cara Pertama Menggunakan USB OTG

  • Sebelum memutuskan untuk memindahkan menggunakan cara ini, maka cek terlebih dahulu apakah smartphone anda mendukung USB OTG.
  • Bila mendukung maka silahkan sediakan kabel USB OTG yang cukup pendek, lalu hubungkan kabel ke smartphone dan flashdisk.
  • Setelah semua tertancap, maka dalam smartphone anda muncul sebuah ikon di kiri atas yang menandakan sudah terhubung anatara kabel dan flashdisk.
  • Kemudian masuk di aplikasi file manager
  • Silahkan pilih file yang mau dipindah ke Flashdisk. Kalau sudah maka silahkan copy atau cut file yang akan dipindah dari HP ke flashdisk. Menunggu proses copy selesai, maka proses pemindahan berhasil.

Cara Kedua Menggunakan Media Laptop/Komputer dan Kabel USB

  • Langkah awal, anda hidupkan laptop atau computer anda, setelah itu tancapkan flashdisk dan kabel USB yang terhubung di smartphone.
  • Selanjutnya kalau sudah terdeteksi semua dari segi HP dan flashdisk, maka proses pemindahan sudah bisa.
  • Kalau sudah terbaca semua, maka pemindahan file sudah bisa. Pertama masuk pada file di HP, kemudian copy atau cut lalu pindah ke drive flashdisk dan paste. Tunggu proses pemindahan, kalau berhasil maka proses selesai.

Baca juga: Cara Memindah File dari HP ke Laptop [ Foto, Video Sangat Gampang ]

Cukup mudah bukan? Dari kedua cara pemindahan file dari HP ke flashdisk. Anda bisa terapkan cara tersebut sesuai dengan kebutuhan anda dan pastikan semuanya bisa berjalan dengan lancar. Semoga informasi ini memberikan refrensi anda dalam pemindahan file penting anda kedalam flashdisk.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.