6 Cara Menghadapi Serangan Diskon Saat Belanja Online

Cara Menghadapi Serangan Diskon Saat Belanja Online

Menjelang tanggal gajian, sejumlah toko online pasti menawarkan diskon besar-besaran yang sangat menggiurkan, mulai dari 20% bahkan hingga 70%. Diskon tersebut tentunya menjadi surga bagi kita para pecinta belanja online.

Akan terasa sangat sayang jika kita melewatkan diskon tersebut. Kapan lagi bisa belanja dengan harga murah? Sering kali kita bertindak impulsif saat melihat barang dengan diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh toko online.

Kita akan langsung klik pilihan ‘beli sekarang’ tanpa mempertimbangkan apakah barang – barang tersebut benar – benar kita butuhkan ataukah hanya untuk menuruti keinginan karena ‘lapar mata.’

Nah, kalau sudah seperti itu, ujung-ujungnya bukannya untung tetapi malah buntung. Niatnya beli barang diskon agar hemat, eh, hasilnya justru dompet jadi sekarat.

Sebagai pecinta belanja online, tentunya kita tidak mau dong mengalami kerugian saat diskon besar – besaran. Nah, berikut cara cerdas yang bisa kita terapkan mengahadapi serangan diskon saat belanja online:

1. Hindari Belanja Saat Bad Mood

Cara Menghadapi Serangan Diskon Saat Belanja Online
image: pixabay

Diskon merupakan surga bagi para pecinta belanja untuk menghilangkan bad mood. Tapi ingat, sebisa mungkin hindari belanja barang terlalu banyak saat bad mood agar tidak menyesal kemudian.

Sebaiknya, kita belanja di saat hati dan pikiran tenang sehingga kita bisa lebih menahan diri dari keinginan berbelanja.

2. Ingat, Diskon Besar – Besaran Bukan Berarti Kita Wajib Belanja

Saat diskon besar besaran, kita tidak memiliki kewajiban untuk belanja kok. Diskon itu bersifat pilihan. Kita bisa mengambilnya ataupun tidak. Bijaklah dalam berbelanja. Jangan sampai karena nafsu belanja barang diskon, pengeluaran kita justru membengkak.

3. Beli Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan

Menjelang tanggal gajian, yuk, cek dulu barang apa saja yang kita butuhkan. Jika barang yang sedang didiskon memang kita butuhkan sekarang, maka kita boleh membelinya. Namun, jika kita tidak membutuhkannya, tidak ada salahnya kita melewatkan diskon tersebut.

Ingat, berpikirlah matang-matang sebelum membeli barang agar tidak menyesal kemudian. Jangan sampai rumah kita menjadi gudang karena kita terlalu banyak menimbun barang-barang yang sama.

Banyak yang baca: Tips Hemat Belanja Makeup Wanita Jaman Now

4. Baca Review Untuk Perbandingan

Saat berbelanja online, kita akan menemukan beberapa toko menjual barang yang sama. Kita harus teliti dan rajin membaca review barang tersebut di beberapa toko.

Belilah barang pada toko yang memiliki review baik dengan 4 bintang atau lebih. Jangan sampai tergiur diskon besar pada toko dengan review yang kurang baik agar barang yang kita dapatkan sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan.

5. Bandingkan Harga Sebelum dan Sesudah Diskon

Sudah menjadi rahasia umum kalau harga barang yang didiskon biasanya dinaikkan terlebih dahulu. Agar kita tidak membeli barang diskon yang harganya sama dengan harga aslinya, sebaiknya kita membandingkan harga sebelum dan sesudah diskon.

6. Cari Toko yang Menawarkan Gratis Ongkos Kirim

Siapa sih yang tidak mau belanja ini dan itu tapi tetap hemat? Salah satu cara untuk meminimalisir pengeluaran saat diskon besar – besaran adalah dengan mencari toko online yang menawarkan gratis ongkos kirim. Lumayan kan, ongkos kirim tersebut bisa kita pakai untuk keperluan yang lain.

Nah, itulah 6 cara menghadapi serangan diskon saat belanja online. Tidak ada salahnya kan ikut menikmati diskon besar – besaran yang ditawarkan oleh toko online? Syaratnya, kita harus tetap bijak dalam berbelanja. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.