Tips Agar Android Tidak Terkena Virus Berbahaya

Tips agar android tidak terkena virus, Bisa dibilang hal wajib yang perlu diketahui. Mengingat saat ini perkembangan virus makin mewabah. Seiring banyaknya pengguna Handphone android.

Karena virus yang bersemayam bisa membuat HP android anda kinerjanya menurun. Seperti makin melambat, lemot lemot saat digunakan untuk berbagai pekerjaan

Bahanyanya lagi bisa saja mengambil informasi data penting. Mengunduh hal-hal yang tidak diinginkan yang tidak bisa terkontrol.

Oleh karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati. Bisa dibayangkan jika HP android terkena virus berbahaya. Bisa dibikin jengkel, kesal karena ulah virus.

Lalu Bagaimana caranya agar handphone android saya bebas virus? Antivirus apa yang bagus melindungi handphone android saya?

Pertanyaan ini sering saya dengar dari teman-teman. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan membagi tips bagaimana cara agar android tidak terkena virus yang bisa membahayakan handphone kesayangan anda

 

Ciri-ciri android terkena virus

Sebelum membahas cara agar android tidak terkenan virus, ada baiknya kita membahas ciri-ciri HP android yang terinfeksi virus. Karena juga penting untuk segera memperbaiki jika hal ini terjadi

Handphone menjadi lambat, ya hal ini pasti terjadi. Karena memang virus android bekerja untuk melumpuhkan semua kegiatan di handphone. Virus akan berjalan dan juga akan membebani RAM android sehingga menjadi lemot

Adanya aktifitas yang aneh, virus android yang buat jengkel. Jika HP android terserang virus ini, maka HP sering download aplikasi sendiri yang buat HP android panas dan juga boros paket data

Terjadi pesan-pesan kesalahan error, ya yang makin parah adanya pesan error gak jelas di handphone android anda yang terserang virus

Setelah mengetahi ciri android terkena virus, mari kita mempelajari bagaimana cara agar android tidak terkena virus

 

Cara agar android tidak terkena virus berbahaya

 

1. Hindari aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga yang dimaksut yaitu menginstall aplikasi dari luar playstore. Misalnya insatall aplikasi berupa file .apk, walaupun tidak semua berbahanya tapi lebih rentan virus bersemayam di aplikasi dari pihak ketiga seperti ini.

 

2. Matikan sumber tidak dikenal

Pengaturan ini bisa dilihat di menu pengaturan>keamanan>sumber tidak dikenal. Hilangkan centang untuk mencekal ketika menginstall aplikasi hasil download dari luar playstore.

Menu ini bisa di aktifkan dan non-aktif ketika ingin menginstall aplikasi mentah berupa .apk yang biasanya di unduh dari luar Playstore ( Baca juga: Tempat download aplikasi android gratis dan update )

 

3. Gunakan toko aplikasi resmi

Gunakan toko aplikasi google playstore karena lebih aman. Berhati-hati mengunduh dari toko aplikasi pihak ketiga yang rentan aplikasi berbahaya.

 

4. Teliti memilih aplikasi

Sebelum mengunduh aplikasi dari playstore atau sumber lain. Telitilah ulasan atau rating bintang dari pengguna lain. Aplikasi yang aman dan bagus memiliki reputasi yang bagus juga. Dan juga penggunaan Launcher, Launcher terkadang tersemayam virus juga. Teliti sebelum menginstallnya

 

5. Aktifkan verifikasi aplikasi

Fitur yang sudah disematkan oleh google untuk memeriksa handphone anda dari aplikasi berbahaya. Bisa di aktifkan melalui menu pengaturan google>pilih keamanan>dibagian verifikasi aplikasi pilih mode aktif.

 

6. Browsing lebih hati-hati

Sering sekali ketika browsing mencari informasi di internet saat membuka web atau blog tiba-tiba keluar pemberitahuan aneh untuk memaksa menginstal aplikasi.

Jika mengalami hal serupa jangan panik dan jangan menekan ok. Keluarlah dari aplikasi browser dengan menekan tombol home. Buang browsing dari resent app agar anda bisa membuka aplikasi browser baru.

 

7. Penggunaan antivirus

Sebenarnya jika sudah melakukan hal diatas dan lebih cermat lagi tanpa menginstall antivirus tidak masalah. Terkadang menggunakan antivirus malah membuat handphone lambat.

Karena antivirus bersifat berjalan dibelakang artinya berjalan terus sehingga mengurangi ruang RAM handphone. Jika ingin menggunakan antivirus gunakan versi premium/berbayar yang memiliki reputasi bagus.

 

8. Hindari aplikasi bajakan

Aplikasi bajakan yang telah dimodifikasi bisanya rentan adanya virus yanh bersemayam. Jika anda merasa aplikasi tersebut mencurigakan lebih baik hindari saja.

Banyak yang baca: Kenapa Memori internal Android Cepat penuh

 

Itulah hal yang perlu diperhatikan bagaimana cara agar android tidak terkena virus. Bila kurang jelas bisa bertanya di komentar. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa bantu share ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.