Test Aplikasi Browser Terbaik Untuk HP Android dan iPhone

Aplikasi browser terbaik,- Aplikasi browser di handphone merupakan senjata utama untuk kita mengali informasi di dunia maya. Bisa dibayangkan jika tidak adanya aplikasi browser di Smartphone anda, apa yang akan terjadi? Aplikasi browser yang salah juga bisa menguras paket data, untuk itu memilih aplikasi browser terbaik untuk Handphone harus anda lakukan

Jika anda masih bingung apa sih aplikasi browser terbaik yang bagus untuk Handphone? Tepat sekali jika anda menemukan artikel uji coba membandingkan aplikasi browser untuk handphone yang populer saat ini.

Walaupun sebenarnya setiap handphone sudah dibekali dengan aplikasi browser bawaan, tapi rasanya masih kurang bekerja dengan baik dan maksimal. Oleh karena itu, kebanyakan kita beralih ke aplikasi browser pihak ketiga.

Nah, agar tidak salah memilih dan cocok dengan kebutuhan anda. Anda bisa mencoba mencari kelemahan dan kelebihan disetiap aplikasi browser handphone. Kurang lebih bisa mewakili beberapa syarat yang bisa dibilang aplikasi browser terbaik untuk handphone.

 

Syarat aplikasi browser terbaik untuk handphone agar nyaman digunakan?

#Cepat dan ringan

Ya, memang kecepatan menjadi syarat wajib aplikasi browser di handphone, tentunya kita tidak maukan jika diharuskan menunggu berlama-lama hanya untuk membuka sebuah halaman web. Selain cepat juga harus ringan. Agar bisa dipasang di handphone kelas bawah hingga premium

#Hemat paket seluler dan RAM

Tidak bisa dipungkiri lagi paket internet menjadi momok menakutkan untuk kita pengguna Smartphone. Paket data yang boros juga bisa berasal dari aplikasi browser yang membutuhkan data banyak saat beroperasi. Aplikasi browser yang baik untuk handphone setidaknya harus ramah paket data dan juga penggunaan RAM

#Mampu tampil sempurna

Yang dimaksut mampu tampil sempurna disini yaitu, aplikasi browser terbaik untuk handphone yang bisa menyajikan informasi dari web dengan tampilan halaman yang nyaman dilihat. Tidak berantakan karena gagal render script yang ada di dalam blog atau web.

#Kompatibel format

Browser terbaik untuk handphone android maupun hanphone lain, setidaknya juga harus bisa support embed video yang ada disebuah web atau blog. Karena untuk saat ini banyak sekali blog yang menambah konten berupa multimedia video sebagai pendukung informasi.

Dari beberapa point diatas, kami menguji 3 aplikasi browser populer di handphone android, iPhone atau handphone lainya.

Kami memutuskan menguji browser versi handphone yaitu Google Chrome, Opera Mini, UC browser.

 

Ketiga aplikasi browser ini manakah yang terbaik untuk handphone?

Browser Terbaik Untuk Handphone

Silahkan anda simpulkan dari uji test, jika masi ragu juga bisa mengikuti test ketiga browser handphone. Oke, mari kita mulai banding browser terbaik untuk handphone

1. Google Chrome

Masalah kecepatan Google Chrome cukup baik, karena dalam browser ini kita bisa menggunakan fitur googlewebligt yang memungkinkan bisa tetap browsing dalam keadaan internet lambat.

Dengan kemampuan tersebut, tentunya juga akan berimbas ke penggunaan paket data internet yang irit.

Untuk kemampuan render sebuah halaman web atau blog, Google Chrome memang cukup bagus, artinya tidak begitu banyak mengalami perubahan dari desain asli sebuah web/blog.

Juga bisa menjalankan embed berupa video dengan cepat dan responsive menyesuaikan kondisi internet dan halaman yang ditampilkan.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Handphone Android

Dan selain kemampuan diatas, Google Chrome juga mampu melakukan syncron dari perangkat lain, misalnya komputer menggunakan akun yang sama sehingga bisa dengan mudah mengunjungi kembali halaman yang di bookmark diperangkat yang berbeda

Yang tidak kalah penting, Google Chrome juga cukup hemat daya, hal ini nampak saat di uji test, ketika kita tidak menggunakan dengan waktu yang lama, dan jika dilihat dari penggunaan baterai di laporan android, Google chrome tidak boros atau berjalan di backgrund.

Tidak berjalan di belakang layar dan tidak muncul notif pemberitahuan yang cukup mengganggu. Seperti news dan iklan-iklan

2. Opera Mini

Browser terbaik untuk handphone yang kami test selanjutnya yaitu Opera Mini. Saat kami melakukan test uji coba di HP android. Bisa disimpulkan seperti dibawah ini

Hasil tes di opera mini untuk kecepatan, Opera Mini juga tidak mau kalah dengan Google Chrome, cukup cepat menampilkan halama sebuah blog. Namun sayangnya tidak begitu akurat menampilkan susunan halaman.

Saat kita merambah sebuah halaman blog yang banyak menggunakan java script, maka bisa dihasilkan tampilan berantakan. Logo-logo dalam blog tidak tampil dengan sempurna.

Untuk urusan embed video Opera Mini tidak mampu berjalan sendiri, sehinga kadang video di halaman blog tidak muncul. Jika ada, terkadang membutuhkan aplikasi youtube agar bisa berjalan

Dari segi daya, Opera mini sebanding dengan Chrome yang juga ramah daya dan irit paket data ketika browsing. Bedanya jika kita membuka halaman awal kita akan ditampilkan news dan juga akan ada notif ketika aplikasi browser kita tutup, tidak digunakan

Fitur notif news ini cukup membantu untuk anda yang memang ingin update berita, tapi untuk anda yang hemat kuota mungkin bisa menjadi piont minus.

3. UC Browser

Salah satu Aplikasi browser handphone terbaik yang banyak pengunanya. Aplikasi browser ini memang memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna. Salah satu andalan yaitu adanya notif facebook, dan juga memiliki kecepatan browsing yang bisa dibilang sama dengan Opera Mini dan Google Chrome.

Dari hasil uji test yang kami lakukan, bisa dilihat dari gambar diatas. Walaupun cepat menampilkan halaman sebuah blog, hasilnya masih sama seperti Opera Mini. Hasilnya akan ada logo yang tidak muncul, dan juga untuk blog yang menggunakan fitur dengan bantuan java script akan berantakan.

Untuk segi daya, kami menemukan indikasi boros daya baterai. Ketika kita sudah tidak menggunakan (aplikasi ditutup) namun ketika kita lihat penggunaan daya baterai, UC Browser turut menyumbang  8% daya.

Selain itu juga ada notif-notif yang kadang cukup mengganggu, seperti notif facebook. UC News dan fitur lain yang kadang tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Dengan seringnya keluar notif, artinya aplikasi browser bejalan secara realtime. Bisa dipastikan akan memakan RAM dan juga paket internet secara terus menerus.

 

Kesimpulan aplikasi browser terbaik untuk handphone

Itulah, hasil uji test aplikasi browser terbaik untuk HP android maupun iPhone. Untuk lebih detailnya, anda bisa mencobanya dan membandingkan mana yang lebih cocok untuk handphone anda.

Selain beberapa point diatas, browser setidaknya memiliki keamanan dari ancaman virus yang bisa saja menyebar dari internet. Pilih yang terbaik karena jika salah bisa saja mengakibatkan boros baterai, boros paket internet.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.