Arti VC Di WA? Berikut Penjelasan dan Contoh

Arti VC Di WA, Pesan instan yang saat ini masih digemari oleh semua orang yaitu WhatsApp. Kenapa? Karena fitur yang diterapkan dalam aplikasi WhatsApp ini memang selalu diperbarui dan bisa mengirim semua kebutuhan anda.

Pada jaman dahulu WhatsApp atau kerap disingkat WA ini tidak bisa kirim stiker, GIF, Dokumen, PDF, Video Call, namun semua itu sudah bisa dilakukan di aplikasi anak perusahaan facebook ini.

Keunggulan dari WA ini memang cukup ringan untuk versi premium dibandingkan pesan instan seperti Line atau WeChat yang saat ini sudah mulai berkurang penggunanya. Persaingan dari WA yaitu Telegram, namun fitur dari aplikasi telegram belum selengkap WA.

Setiap aplikasi memang memiliki kelebihan dan kelemahan. Fitur WA memang tidak menyimpang dari fitur Instagram dan Facebook, karena mereka satu perusahaan yang saat ini sangat berkembang pesat. Lantaran bagaimana menggunakan beragam macam fitur WA?

Para pengguna WhatsApp memang sering sekali menyebutkan kata VC. Lantaran apa arti VC di WhatsApp? Ternyata VC memiliki banyak arti, diantaranya yaitu Voice Chat, Video Call dan Voice Call.

Sebagai contoh dalam kasus WA, istilah VC juga sering ada laman chat atau story

arti VC di WA

Misalnya teman kamu memabut story, ” lagi borring, VC yuk” atau dalam pesan pribadi chatting

“Lagi sibuk gabisa ngetik, VC aja ya” dan contoh lain lain yang bisa kamu jumpai di WA

Dari ketiga itu akan dibahas satu persatu serta cara penggunaannya. Meskipun kadang kalian sudah biasa melakukan hal tersebut, namun banyak juga yang belum tahu tentang VC di WA tersebut.

Membahas Arti VC Di WA (WhatsApp)

Video Call

Sering kali kalian sudah menggunakan fitur satu ini. Ternyata Video Call ini bisa untuk individual atau bahkan secara group supaya lebih seru dan asyik. Hal ini bisa dilakukan pada semua jenis sistem operasi Android maupun iOS.

Cara Video Call Individual atau pribadi

Pertama, anda harus masuk aplikasi WA dan pilih kontak yang ingin diajak untuk video call.

cara VC di WA

Kedua, kalau sudah maka ada tombol video di sebelah kanan atas.

Ketiga, anda akan tersambung dengan teman tersebut. Pastikan Berdering pada keterangan dilayar, kalau hanya memanggil bisa saja teman anda tidak online WA atau paket internet tidak tersambung.

Cara Menggunakan VC di WA (Video Call) Secara Group

Pertama, anda bisa masuk ke chat group WA

Kedua, kalau anda ingin VC dengan kerabat secara bersamaan maka pilih logo telepon yang memiliki tanpa Plus(+) dipojok kanan atas.

Ketiga, kalau sudah maka anda akan diarahkan ke halaman baru, dimana dengan siapa yang akan anda panggil. Disini hanya cukup empat orang termasuk anda yang telepon.

Keempat, kemudian anda harus menekan tombol panggilan berwarna merah untuk memulai percakapan berempat.

Voice Chat atau Voice Messages

Bila anda sedang chatting dengan teman namun teman anda tidak paham dengan tulisan atau chat. Sebaiknya menggunakan Voice Chat untuk menghindari kesalah pahaman. Selain itu, kalau anda capek mengetik maka bisa langsung aktifkan speaker voice chat tersebut.

Cara Voice Chat

Pertama, buka aplikasi WhatsApp

Kedua, pilih kontak pada WA yang ingin anda kirim Voice Chat

cara voice chat di whatsapp

Ketiga, tap dan tahan pada ikon microphone dan mulai berbicara

Keempat, ketika anda sudah selesai merekam suara maka langsung lepas ikon microphone dan otomatis akan terkirim, selesai.

Jika anda mendapatkan kiriman voice chat maka setelah di download, langsung saja play klik tombol panah pada kolom VC tersebut. Usahakan tidak menggeser chat tersebut, karena kalau tergeser akan otomatis berhenti. Bila VC banyak maka akan otomatis play secara teratur.

Voice Call

Fitur Voice Call (VC) ini memang sering kali anda gunakan untuk menghubungi seseorang yang sangat penting. Kalau video call memang tampak lebih pribadi, kalau menggunakam voice call maka lebih formal juga bisa menggunakan fitur ini untuk komunikasi lebih mudah.

Pastikan juga bahwa pada saat anda melakukan voice call maka keterangannya ‘Berdering’ bukan Memanggil. Kalau berdering maka telpon masuk ke teman anda, namun jika hanya memanggil maka ada kemungkinan teman anda tidak online atau tidak memiliki paket internet.

Cara Menggunakan Voice Call dengan Mudah

Pertama, anda buka aplikasi WhatsApp pada smartphone

Kedua, pilih kontak yang akan anda hubungi

Ketiga, pilih ikon telpon di pojok kanan atas maka akan tersambung secara otomatis

Cara Menjawab atau Menerima Voice Call

Serinng kali kita tidak paham dengan cara menerima panggilan entah itu dari WA atau dari telpon seluler karena HP masih baru.

Gerser ke atas untuk menerima dan pilih ikon telpon warna hijau

Geser keatas untuk menolak dan pilih ikon telpon berwarna merah

Geser keatas ikon pesan untuk menjawab pesan masuk ketika telpon sedang berlangsung.

Catatan Penting:

  • Sebelum anda melakukan panggilan telepon atau video call amak pastikan koneksi internet anda sangat kuat, supaya komunikasi semakin lancar dan nyaman. Tidak hanya koneksi anda saja, tapi koneksi lawan komunikasi juga harus memiliki koneksi yang kuat.
  • Pada saat anda terima panggilan video call secara group maka layar WhatsApp Voice Call yang masuk kepada anda merupakan kontak pertama yang telah terdaftar sebagai peserta dalam panggilan tersebut.
  • Selama voice call secara group maka anda tidak bisa merubah panggilan ke panggilan video.
  • Anda tidak bisa menghapus kontak pada saat voice call group berlangsung. Kontak yang pertama kali telpon yang hanya bisa menutup telpon tersebut.
  • Adapun riwayat voice call group yang muncul di tabs calls. Maka anda bisa ketuk riwayat panggilan tersebut untuk mengetahui masing-masing kontak dari panggilan itu.

Baca juga: Cara bales chatt WhatsApp otomatis, tanpa harus ngetik

Itulah beberapa cara dan juga catatan dari apa arti VC di WA. Ternyata ada tiga macam yang memang sering anda gunakan setiap hari dengan teman, kerabat, saudara bahkan pasangan. Semoga setelah anda mengetahui hal ini maka bisa langsung praktik serta memanfaatkan fitur lainnya dalam WhatsApp.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.