Cara install driver laptop

Cara Install Driver Laptop yang Tidak Tahu Tipenya

Cara install driver Laptop, – Setelah kemarin berhasil membuat windows installer untuk install laptop dari USB Flasdisk. Tentunya anda akan mengistall driver laptop tersebut.

Sebenarnya, cara install driver laptop itu tidaklah sulit. Tapi yang buat kita kesulitan atau kebingungan kalau kita tidak tau tipe dan jenis driver yang mau kita install di laptop

Karena memnag, tidak semua laptop sama drivernya. Walaupun sekarang sudah ada aplikasi driver untuk semua laptop. Tapi terkadang masih ada kendala

Nah, sebelum melangkah lebih lanjut, apasih Driver itu?

Ketika selesai menginstall ulang laptop atau komputer, kita harus menginstal driver agar semua perangkat bisa terhubung dengan baik. Sebelum melangkah lebih lanjut, apa sih driver itu?

Driver adalah komponen perangkat lunak yang mengizinkan sistem komputer ( misal windows ) untuk bisa berkomunikasi dengan perangkat keras. Sehingga tanpa adanya driver yang terinstal di komputer, maka perangkat keras tidak akan bisa bekerja atau berfungsi. Kutipan dari Wikipedia

Jadi, sebelum melakukan install ulang sebaiknya sudah memiliki driver, agar nantinya bisa langsung menginstal dan laptop atau komputer bisa bekerja normal.

Sayangnya, kebanyakan kita tidak mengetahui atau lupa menyiapkan driver, karena setiap versi sistem memiliki driver sendiri.

Misalnya kita menggunakan windows 7 dan ingin menginstall ulang windows 10. Maka driver yang diunakan juga berbeda.

Nah, bagi anda yang mengalami kesulitan mencari driver bisa dengan cara sebagai berikut ini. Agar lebih mudah, sebainya adan memiliki koneksi internet yang bagus.

 

Dua cara install driver laptop

Install driver laptop bisa kita lakukan dengan cara offline maupun online. Jika melakukan offline, maka kita harus mencari driver yang cocok kemudian download driver laptop sesuai sernya tersebut

Untuk cara ini saya bagi menjadi dua, install driver laptop langsung dari situs resmi laptop. Dan menginstall diver melalui aplikasi driver untuk semua laptop

 

Install driver Laptop dari website resmi vendor

Sebenarnya, setiap vendor memiliki link download untuk masing-masing tipe dan versi windows. Misalnya kita menggunakan laptop merk acer. Maka kita bisa mencari drivernya di website resmi acer. Untuk merk tertentu juga dibawakan DVD driver, simpan atau backup agar tidak rusak.

 

Melalui aplikasi pihak ketiga ( driver untuk semua laptop )

Untuk memudahkan dan dengan cara cepat all in one. Kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan hampir semua driver laptop maupun komputer.

Misalnya menggunakan DriverPack Solution. Lebih mudah menggunakan aplikasi ini, tapi sayang ukurannya lumayan besar, tapi sesuai dengan fiturnya yang lengkap.

 

Cara mencari driverl laptop yang tidak kita ketahui model laptop maupun jenis driver

Jika melalui cara diatas belum juga berhasil, anda bisa mencoba mencari driver dengan bantuan devid

Berikut ini cara install driver laptop dengan bantuan devid

1. Pertama masuk ke device manager untuk mencari ID hardware driver di perangkat laptop, dengan cara
2. Klik start > pada computer klik kanan > Pilih manage > akan keluar computer management > klik device manager. Sehingga akan muncul seperti gambar dibawah ini

Cara install driver laptop

Pada tampilan diatas, perhatikan tanda seru kuning (bisa tanda tanya). Itu artinya driver belum terinstal untuk perangkat keras tersebut. Tugas kita adalah menginstalnya, dan agar mudah mencari yang cocok. Lakukan langkah berikut ini.

3. Pilih yang di tanda seru kuning > klik kanan > Pilih properties > kemudain pindah ke tab details, dan pada menu property pindah ke hardware ids > selanjutnya klik paling atas, dan klik kanan kemudaian silahkan di copy id hardwarenya.

Cara install driver laptop

4. Selanjutnya, silahkan menuju ke browser dan menuju alamat website devid.info dan paste id hardware tadi di kolom pencarian di devid.info.

Sekarang tinggal pilih mana yang cocok dengan versi sistem windows anda. Download dan install hingga tanda seru kuning seperti diatas menghilang.

Dengan begitu, anda tidak perlu kawatir lagi untuk menginstall ulang laptop atau komputer. Tapi perlu diingat tidak semua hardware kompatibel dengan sistem operasi windows. Kebanyakan laptop model baru hanya mendukung windows baru saja dan dalam versi 64 bit.

Bagaimana mudah kan? cara install driver laptop nya. Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan aplikasi driver untuk semua laptop Driver Solution Park ( DRP ) tapi ya itu tadi. Kita harus download dengan ukuran yang cukup besar

Sampai disini, saya berharap anda bisa mendapat refrensi bagaimana install driver laptop anda. Selamat mencoba dan jangan ragu share dan juka bertanya di kolom komentar 😀

2 komentar untuk “Cara Install Driver Laptop yang Tidak Tahu Tipenya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *