no comments

Cara Jitu Mengatasi Smartphone Gak Bisa Di Charge

Smartphone kalau masih baru memang kinerja optimal. Namun kalau smartphone sudah menginjak 1 tahun penggunaan maka kinerja dan komponen akan surut. Terkadang yang sering terjadi yaitu macet ketika kita membuka aplikasi dan itu tandanya bahwa memori smartphone lumayan penuh.

Ternyata ada juga smartphone yang sudah mengalami fungsi charge yang tidak bisa. Lantas apa saja yang harus kita cek kalau Smartphone Gak Bisa Di Charge. Sebelum anda datang ke tempat servis ponsel maka anda harus melakukan berbagai cara seperti yang sudah dijelaskan dibawah ini.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Smartphone Gak Bisa Di Charge

Cek Sumber Daya sebelum nge-charge

Memang hal ini tampak sepele, namun sangat berarti. Usahakan cek terlebih dahulu sumber daya listrik sudah sesuai dengan kapasitas baterai anda atau tidak. Jika daya lebih rendah maka smartphone susah untuk di charge dan waspada ponsel akan cepat rusak. Hal ini sering kali terdapat di tempat umum ataupun colokan USB melalui PC.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Tersambung WIFI

Cek Kabel dan Adaptor Charge

Eits, sebelum anda keburu datang ketempat servis maka anda cek terlebih dahulu kabel charge, barang kali kabel charge anda yang rusak. Selain itu juga cek adaptor charge, hal ini bisa anda lakukan dengan mencoba charge lainnya kalau anda memilikinya, atau juga pinjam teman anda untuk ngecek kabel atau adaptor yang rusak.

Smartphone Gak Bisa Di Charge

Image : Ilustrasi

Cek Port USB Smartphone, Penting!

Keruskaan tidak hanya di kabel charge saja, tapi juga bisa terjadi pada port USB yang berada di smartphone. Memang port USB smartphone rentan akan kotoran atau debu yang masuk. Oleh karena itu butuh perawatan khusus untuk membersihkan port tersebut. Caranya cukup mudah dengan meniup-niup atau bisa menggunakan selembar tissue halus unuk bersihkan port USB.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Desain Baju di Android Sangat Mudah

Downgrade OS Smartphone

Apakah smartphone anda barusan ganti sistem operasi yang lebih tinggi? Jika iya maka bisa dikembalikan ke OS sebelumnya kalau setelah upgrade smartphone anda tidak bisa discharge. Namun, kebanyakan memang dari komponen luar tapi tidak ada salahnya anda bisa melakukan hal ini jika memiliki masalah tentang smartphone yang tidak bisa di charge setelah upgrade OS.

Itulah beberapa cara jitu mengatasi smartphone gak bisa di charge. Barang kali dengan artikel ini maka anda menemukan solusi supaya smartphone anda bisa discharge kembali. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih