Cara Mengatasi Browser Safari iPhone Lemot untuk Buka Internet

Browser Safari iPhone Lemot? Nah, utuk kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Mengatasi Browser Safari iPhone Lemot untuk Buka Internet

Bahkan tidak bisa membuka internet sama sekali. Padahal paket internet masih banyak dan kondisi jaringan juga bagus. Untuk membuka aplikasi lain juga masih bisa. Lalu apa yang salah dari safari browser iPhone?

Nah, bagi anda yang menggunakan aplikasi browser asli bawaan iPhone, mungkin pernah mengalami hal serupa seperti diatas.

Ketika kita membuka browser dan mencari informasi di google, safari terasa berat dan kadang berhenti loading di tengah perjalanan saja.

Hal ini sebenarnya wajar, jika anda sering menggunakan tanpa melakukan perawatan terhadap aplikasi safari. Aplikasi safari juga perlu dilakukan refresh ulang agar kinerjanya tidak terlalu berat saat digunakan terus menerus.

 

Cara mengatasi Browser Safari iPhone Lemot

Lalu apa penyebab safari menurun performanya?

Browser safari dan juga browser lainnya sebenarnya memiliki fiture cache dan history.

Dimana halaman yang telah dibuka pengguna, akan disimpan secara otomatis dengan tujuan. Dan ketika pengguna membuka halaman yang sama dilain waktu, maka safari akan mengambil sebagian data yang sudah pernah tersimpan.

Sehingga proses loading halaman akan lebih cepat dan hemat data, karena sebagian data yang sudah tersimpan tadi

 

Tapi kok makin lama justru makin lambat saja safari?

Ya, safari akan semakin lambat ketika data halaman yang tersimpan semakin banyak dan juga sudah lama.

Sehingga halaman yang dulu dengan yang dibuka sekarang memiliki struktur data yang sudah berbeda ( banyak yang sudah update di halaman ) misalnya kita membuka portal berita.

Maka halamannya akan selalu melakukan update. Disinilah penyebab safari menjadi lambat, halaman yang tersimpan semakin besar dan bisa sja tidak cocok dan crash.

 

Lalu Bagaimana cara memperbaikinya?

Pengguna safari tidak perlu panik, karena memperbaiki atau merefresh ulang safari di iPhone cukup mudah.

Anda bisa menghapus cache dan history browser, tetapi melakukan ini dengan resiko semua akun yang terlogin di safari akan hilang ( meminta login ulang ). Nah, jika anda memang sudah yakin ingin melakukan penghapusan cache safari di iPhone, bisa dengan cara sebagai berikut ini.

  • Petama buka menu pengaturan dari home screen
  • Gulir kebawah pilih dan klik safari
  • Setelah masuk di menu safari, gulir ke bagian paling bawah dan klik hapus riwayat dan data browsing.
  • Tunggu proses penghapusan hingga selesai.

Jika sudah melakukan penghapusan cache dan history seperti diatas, silahkan mencoba membuka safari dan melakukan browsing seperti biasa. Jika sudah lancar dan hal serupa bisa terjadi kembai ketika kita membuka halaman web yang memliki tambilan berat. Sehingga kita perlu melakukan hal yang serupa di lain waktu.

Namun jika melakukan hal diatas juga tidak membuahkan hasil, anda bisa mencoba melakukan reset jaringan di pengaturan iPhone. Caranya sebagai berikut ini

  • Buka pengaturan
  • Selanjutnya menuju ke menu seluler
  • Klik jaringan data seluler
  • Gulir ke bawah dan pilih reset pengaturan
  • Dengan otomatis APN akan mengatur ulang sesui kartu yang digunakan

Itulah cara mengatasi Browser Safari iPhone Lemot yang tidak bisa membuka internet atau menjadi terasa berat.

Lalukan penghapusan berkala, hal ini bertujuan agar tidak terlalu membebani aplikasi. Aplikasi yang memakan ruang penyimpanan semakin besar, juga akan memperlambat kinerja iPhone secara keseluruhan juga.

Namun jika cara diatas masih belum bisa optimal, anda bisa download dan mencoba browser pihak ketiga. Yang pernah saya test, berikut ini hasil Test browser terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.