Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Kirim Atau Terima SMS

Halo sobat wahanarupa.com, apakah anda salah satu pengguna operator Telkomsel? Dan apakah anda juga pernah alami pada saat kirim atau terima SMS gagal? Hal ini memang sangat membuat kita resah dan gundah meskipun saat ini sudah jarang dilakukan banyak orang untuk komunikasi via SMS.

Saat ini semua orang mengandalkan Internet untuk komunikasi via teks atau telpon. Tetapi jika ada masalah darurat tanpa ada koneksi internet maka juga masih membutuhkan pengiriman pesan via SMS. Jika anda mengalami pengiriman gagal maka ada yang eror dalam smartphone atau kartu anda. Memang hal ini memiliki banyak faktor dan dugaan yang perlu anda ketahui.

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi Telkomsel tidak bisa kirim dan menerima SMS

Kartu SIMcard belum registrasi

Memang untuk meminimalisir kejahatan dan agar kartu SIM lebih terstruktur rapi kominfo mewajibkan setiap nomor harus sudah teregistrasi menggunakan kartu Keluarga dan NIK E-KTP

Kalau belum, maka tidak bisa digunakan untuk SMS kecuali center 4444, tlpn dan internet. Untuk Registrasi kartu Telkomsel bisa dengan cara ketik REG<spasi>NIK#noKK# kirim ke 4444

SIMcard sudah tidak aktif

Seringnya anda menggunakan pulsa internet maka jarang sekali cek masa aktif dan tenggang kartu. Kalau kartu sudah melewati masa aktif maka otomatis tidak bisa digunakan, namun kalau masa tenggang masih tersedia maka masih bisa di isi pulsa untuk menambah masa aktif kartu.

Minimnya pulsa/pulsa habis

Jadi pengiriman SMS juga memiliki tariff cukup lumayan , kalau pulsa anda habis maka juga tidak bisa mengirim pesan tersebut.

Baca Juga : Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel tidak Muncul

Jaringan tidak Stabil atau bahkan tidak ada jaringan

Komunikasi dimanapun anda berada yang paling penting yaitu kestabilan jaringan. Mungkin kalau Telkomsel sudah memiliki jaringan yang cukup luas jadi sampai ke pelosok daerah juga masih ada sinyal.

Salah dalam menulis nomor pusat layanan SMS, setiap kartu memiliki nomor pusat layanan masing-masing. Telkomsel sendiri memiliki nomor pusat +6281100000. Bila nomor ini salah maka anda juga tidak bisa terima ataupun kirim SMS. Bagaimana cara ceknya? Lihat dibawah ini.

ilustrasi Telkomsel tidak bisa kirim SMS
Img : ilustrasi Telkomsel tidak bisa kirim SMS
Begini Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Kirim SMS
  • Cara ini memang cukup simple saja, langkah pertama anda harus membuka aplikasi SMS bawaan dari smartphone.
  • buka pengaturan pada aplikasi SMS tersebut.
  • setelah itu pilih Text Message (SMS)
  • pada pengaturan tersebut maka bisa langsung melihat SMS Service Center dan pastikan cek nomor tersebut.
  • jika anda memiliki dual kartu maka pilih bagian Telkomsel yang bermasalah dan kalau tidak terisi maka harus kamu isi sesuai aturan Telkomsel yaitu +6281100000.

Menggunakan cara diatas sudah benar nomor centernya tapi masih gagal kirim atau tidak bisa menerima SMS. Bisa saja karena jenis jaringan di HP anda

Ubah jaringan ke 3G atau 2G

Jika anda berada di daerah tercover jaringan 4G dimana bisa menawarkan internet berkecapatan tinggi. Namun sayangnya untuk jaringan 4G ini susah untuk menerima SMS juga kirim SMS

Untuk itu, jika anda pengguna Telkomsel tidak bisa menerima SMS juga kirim SMS gagal. Lakukan penggantina jenis jaringan

Caranya sebagai berikut ini

  • Buka setelan/pengaturan
  • Masuk bagian jaringan dan nirkabel
  • Pilih pengaturan SIM
  • Pilih kartu yang bermasalah
  • Kemudian cari pilih jaringan yang disukai
  • Ganti ke jaringan 2G saja atau 3G saja ( GSM only atau WCDA only )

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Baca Juga : Cara Mengatur Sleep Xiaomi di Semua Versi MIUI

Kalau dengan cara diatas masih belum teratasi maka ada juga hal perlu anda ketahui. Kalau dalam smartphone terdapat aplikasi MyTelkomsel maka usahakan anda hapus. Setelah dihapus HP direstart dan cobalah untuk kirim SMS.

Itulah beberapa cara mengatasi Telkomsel yang tidak bisa kirim atau terima SMS. Lakukan step by step untuk mengatur ulang pengaturan layanan tersebut. Semoga informasi ini bisa membantu anda semua dalam memecahkan solusi yang simple namun jarang orang ketahui.

Elok S

Chief Editor wahanarupa.com yang masih aktif berbagi informasi seputar teknologi update disini

View all posts by Elok S →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.