Cara Perbaiki Video Tidak Bisa Dibuka di Ulead dan Corel Video Studio

Perbaiki Video Tidak Bisa Dibuka di Ulead, – Bagaimana cara membuka video tidak bisa dibuka di ulead video studio? Padahal file video yang akan di edit berupa .MP4, hasil rekaman dari handphone.

Padahal saya mencoba membuka file berupa MP4 hasil dari download bisa. Dan lancar saja untuk di edit-edit di ulead.

Artikel ini berawal dari pertanyaan rekan yang ingin melakukan edit video, tetapi mengalami kasus seperti diatas.

Saya pun mencoba menari cara bagaimana untuk mengatasinya. Ulead video studio memang aplikasi edit video yang cukup mudah digunakan selain itu tidak terlalu berat untuk laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi pas-pasan.

Cocok buat edit dokumentasi pribadi atau masih tahap belajar.

Kembali lagi ke kasus diatas, saya mencoba merekam video dan hasilnya beformat MP4. Selanjutnya saya coba buka di ulead, dan ternyata tidak kompatibel juga.

Setelah mencari informasi kesana kemari ternyata Ulead video studio support file ber format ini : AVI, MPEG-1, MPEG-2, M2T, MPEG-4, H.264, QuickTime, Windows Media Format, DVR- MS, MOD (JVC MOD File Format), 3GPP, 3GPP2

Jika menggunakan file diatas tetap tidak bisa, kemungkinan anda belum menginstal K-lite codec park. Apa itu K-lite codec park? K-lite codec park merupakan software yang berisi kumpulan VFW/ACM codecs, DirectShow filters dan beberapa tools penting.

Yang diperlukan untuk melakukan encoding dan decoding terhadap format audio dan video. Dengan K-Lite Codec Pack, anda bisa memainkan beragam format video dan audio baik yang format populer maupun format yang jarang dipakai.

Berikut ini cara mengatasi Video Tidak Bisa Dibuka di Ulead

Cara Perbaiki Video Tidak Bisa Dibuka di Ulead dan Corel Video Studio

Nah, agar bisa dibuka, anda bisa mengistall dulu K-lite codec park. Atau bisa menggunakan aplikasi gratis pemutar video media player clasic.

Jika sudah menginstallnya tapi tetap tidak bisa. Silahkan menggunakan cara lain dengan melakukan convert video anda.

Convert menggunakan Windows movie maker
Anda bisa menggunakan aplikasi windows movie maker terlebih dulu, buka video dengan windows movie maker, kemudian simpan dengan format wma bawaan windows movie maker.

Saya sendiri lebih suka menggunakan cara ini, memang proses render lumayan lama, tapi hasilnya video tidak menurun dari segi kualitas.

Convert dengan aplikasi converter
Jika tidak ingin menggunakan windows movie maker, anda juga bisa melakukan convert menggunakan aplikasi khusus converter. Tapi sayangnya kebanyakan berbayar. Ada yang gratis terkadang kualitasnya kurang bagus.

Jika hasil edit dari ulead tidak bisa dibuka, bisa dengan cara convert dengan aplikasi wondershare yang pernah saya posting Video tidak bisa dibuka? convert saja untuk lebih jelas langkah-langkahnya

Dengan begitu, kita bisa membuka file video yang tadinya tidak bisa terbaca oleh Ulead video studio.

Bagi anda yang mengalami hal serupa, silahkan memilih menggunakan cara yang mana. Semoga dengan membaca artkel ini, bisa menambah refrensi. Selamat bereksperimen semoga sukses

4 Comments

  1. Erin
  2. Radio Erchi Marisa