Cara Perkecil Ukuran Foto (Compress) Cepat dan Mudah

Wahanarupa.comCara perkecil ukuran foto atau biasa sering disebut compress foto, bisa dilakukan ketika anda ingin mengupload foto atau gambar anda untuk keperluan online.

Cara ini juga sering sekali dibutuhkan ketika kita melakukan pendaftaran yang membutuhkan data berupa pas foto.

Sebagai contoh, kita akan daftar ke sekolah, atau mungkin ke perusahaan yang mewajibkan mengirim pas foto dengan ukuran maksimal 100kb.

Sedangkan ketika kita mengambil foto menggunakan kamera yang bagus, dan sudah diedit sesuai ukuran yang diperlukan, namun ternyata ukuran foto masih terlalu besar melebihi batas maksimal persyaratan.

Nah, ketika itulah perkecil atau compress ukuran foto ini bisa kita terapkan. Sebenarnya cara ini tidak hanya untuk keperluan sekolah atau kantor saja, tapi juga bisa anda gunakan untuk urusan lain.

Misalnya anda seorang Blogger yang ingin mempercepat loading blog dengan cara memperkecil kapasitas gambar.

Atau mungkin ingin menghemat ruang penyimpanan di laptop atau komputer dengan cara memperkecil ukuran foto sehingga ruang hardisk yang dibutuhkan lebih sedikit.

Untuk melakukan compress foto, sebenarnya bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop, Microsoft Picture manager, atau mungkin aplikasi lain.

Namun untuk Cara Perkecil Ukuran Foto (Compress) Cepat dan Mudah maka saya memilih aplikasi Caesium Image Compressor.

Karena aplikasi ini gratis, berjalan portable tanpa harus menginstall dan juga ukurannya cukup kecil. Sehingga cukup ringan dan mudah saat digunakan untuk melakukan compress foto.

Cara Perkecil Ukuran Foto (Compress) Cepat dan Mudah

Cara Perkecil Ukuran Foto (Compress) Cepat dan Mudah

  1.  Pertama silahkan anda download aplikasinya di http://filehippo.com/download_caesium_image_compressor/
  2. Jika sudah ekstrak dan buka aplikasi Caesium Image Compressor akan muncul seperti gambar diatas
  3. Pilih nomor 1 untuk mencari foto yang akan di compress
  4. Jika sudah, pilih nomor 2 untuk meletakan hasil compress nantinya
  5. Atur kualitas gambar/foto pada nomor 3, jika sudah centang same for all. Klik set Quality
  6. Jika pengaturan sudah semua, tinggal tekan Compress!
  7. Selanjutnya akan keluar notifikasi berhasil dan silahkan cari dimana anda menentukan hasil compres foto tadi.
  8. Selesai, dan coba bandingkan dengan ukuran aslinya

Keunggulan dari aplikasi Caesium Image Compressor berupa portable yang memudahkan anda untuk menggunakannya, tidak perlu instal dan bisa langsung dibuka dan digunakan.

Selain itu tampilan yang cukup sederhana sehingga bagi anda yang belum familiar dengan aplikasi ini bisa mempelajari dengan cepat.

Hasil compress foto yang cukup baik, kualitas foto tidak jauh berbeda dengan kualitas foto aslinya. Ukuran hasil compress foto juga cukup banyak, sebagai percobaan saya menggunakan foto dengan ukuran 3,3Mb dan hasilnya bisa 600Kb.

Jika anda ingin lebih kecil lagi bisa melakukan compress dua kali atau bisa melakukan pengaturan kualitas dengan angka yang lebih rendah.

Selain itu juga mendukung format gambar berupa .JPG, .PNG, dan PMB yang merupakan standar format foto atau gambar.

Itulah Cara Perkecil Ukuran Foto (Compress) Cepat dan Mudah, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari compress foto alternatif yang cepat dan mudah digunakan.