Cara Test Aplikasi Android Versi Beta Langsung dari Google Play

Cara Test aplikasi android versi beta,- Mencoba aplikasi Beta di Android? sekarang bisa anda temukan aplikasi yang masih berupa beta version di google play.

Apa itu aplikasi beta? aplikasi beta adalah aplikasi yang masih dalam taham pengembangan. Jadi masih belum resmi dirilis oleh developer atau pembuat aplikasi tersebut.

Google telah membuka untuk umum bagi yang ingin mencoba aplikasi yang belum resmi dirilis, ini guna untuk memberi masukan atau tahap testing terhadap aplikasi tersebut, sebelum dirilis resmi untuk umum.

Ini juga bisa di gunakan untuk penikmat atau juga seorang pengembang, bagi pengembang berkesempatan untuk memperkenalkan dulu aplikasinya di google play.

Tapi perlu di inggat, mungkin sebagian aplikasi berjalan kurang setabil, hal ini wajar untuk aplikasi yang belum resmi dirilis.

Dari sinilah nantinya yang bisa menjadi masukan untuk pengembang agar memperbaiki bug atau kekurang aplikasi yang belum final dirilis untuk umum.

Dilansir dari support google pengguna bisa mencoba aplikasi tahap awal yang belum dirilis dan aplikasi yang masih beta.

Bagaimana? mau ta cara test aplikasi android versi beta?

Selebelum melangkah lebih lanjut untuk test aplikasi android versi beta. pihak Google memberi 2 pilihan yang bisa anda coba langsung di Google Play

Yaitu aplikasi yang akan dirilis waktu dekat dan aplikasi yang sudah ada dan masih berupa versi beta

Cara test aplikasi tahap awal di Google Play

Buka google play > ketik di pencarian ” early access “ nanti akan keluar game atau aplikasi yang masih belum resmi dirilis. Selanjutnya tinggal klik install dan tunggu hingga instalasi selesai, sama seperti menginstal aplikasi gratis atau berbayar lainnya.

Cara test aplikasi android versi beta

Buka Google Play > cari aplikasi yang ingin anda coba > ketuk informasi detail, gulir ke bagian bawah disini akan tertuliskan beta jika aplikasi tersebut sudah menyediakan versi beta.

Jika anda masih bingung, bisa melihat lebih detail video yang sudah saya dokumentasikan berikut ini.

 

Keuntungan mencoba aplikasi android versi beta ini, kita bisa menikmati fitur baru yang belum dirilis ke publik

Yang artinya, kita bisa mencoba terlebih dulu fitur baru dari sebuah aplikasi atau game

Sebagai contoh. Saat artikel ini ditulis saya menjadi beta tested aplikasi WhatsApp sehingga saya bisa mencoba fitur video call lebih dulu sebelum fitur bisa di nikmati secara umum ( final rilis )

Bisa diambil kesimpulan, kita bisa mencoba lebih dulu fitur yang akan dirilis

Baca jugaCara Melacak Handphone Android yang Hilang dengan Mudah

Nah, sekarang setelah mencoba aplikasi android versi beta, anda juga bisa memberi komentar feedback di setiap aplikasi. Guna memberikan saran dan masukan untuk pengembang agar tau apakah fitur tersebut cukup baik

Bahkan juga bisa menjadi masukan jika terjadi bug atau masalah di fitur baru tersebut

Untuk cara berkomentar bisa dengan langkah sebagai berikut ini

Buka aplikasi yang sudah dicoba, gulir kebawah dan silahkan meninggalkan komentar.

Dengan begitu sudah memberi tanggapan mengenai aplikasi yang sudah anda test.