Home » Tekno » Cara Upload di Google Drive lewat HP dan Komputer

Cara Upload di Google Drive lewat HP dan Komputer

Cara upload di google drive, Setelah beberapa waktu yang lalu saya membahas artikel tentang Google Drive, Solusi Aman Menyimpan Data. Yang dimana isinya membahas apa itu Google Dive dan bagaimana cara daftar akunnya.

Sebagai lanjutan dari artikel tersebut, di kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara Upload File ke Google Drive Beserta Pengaturan yang Tepat.

Kenapa harus melakukan pengaturan? ya, karena jika anda salah mengotak atik pengaturannya bisa berakibat fatal. Khususnya anda pengguna handphone yang mengaktifkan layanan Google Drive.

Karena adanya fitur auto add foto yang bisa saja menguras paket data internet anda. Oleh karena itu pengaturan apa saja yang perlu di perhatikan dan bagaimana cara upload file atau download file dengan mudah.

Bukan hanya itu, nantinya bisa berbagi file secara cepat.  Setelah memahami gambaran diatas, dan sudah memiliki akun tentunya.

Berikut cara upload file ke Google Drive

1. Upload ke Google Drive Melalui HP

Untuk menunjang mobilitas anda yang tinggi menggunakan layanan ini sangatlah bermanfaat. Dimanapun, kapanpun anda bisa mengupload file langsung dari HP android atau iPhone anda.

Dengan cacatan terhubung koneksi internet berkecepatan tinggi. Sebelum melakukan upload dengan koneksi data seluler ( tidak menggunakan jaringan WIFI ) anda perlu melakukan pengaturan dengan cara sebagai berikut.

Jika anda belum punya aplikasi Google Drive, bisa download dulu melalui play store atau AppStore

Buka aplikasi Google Drive > Klik menu di samping My drive > Gulir kebawah pilih pengaturan > Matikan centang fransfer file only over WIFI.

Dengan begitu anda bisa upload file tanpa menggunakan jaringan WIFI. Bisa menggunakan paket data seluler saja

Gambar diatas cara melakukan pengaturan sebelum upload file, perhatikan nomor 2 pastikan dalam keadaan mati agar kita bisa upload tanpa jaringan WiFi.

Selain itu, Perhatikan nomer 3 jangan di hidupkan centangnya karena jika dihidupkan Foto di handphone akan otomatis terupload. Ini bisa mengakiatkan boros paket internet/kuota.

Selanjutnya melakukan Upload File ke Google Drive bisa dengan cara sebagai berikut ini. Dalam keadaan aplikasi tetap terbuka> klik lingkaran biru+ > maka akan muncul menu pilihan

  • Folder ( untuk upload berupa folder )
  • Upload ( upload berupa file )
  • Scan ( untuk upload langsung dari kamera ), dan doc, sheet, slider ( file documen seperti MS. word ).

Sebagai contoh menggunakan menu Upload saja. Klik upload > akan tampil file anda ( klik menu … pilih show MMC agar memory anda terbaca ) > pilih file yang akan di upload. Selesai proses upload akan berjalan.

Setelah berhasil melakukan upload, maka anda bisa membagi file atau mendownloadnya dengan cara klik menu … di samping file yang ingin di download/share > klik seperti gambar diatas.

Link silahkan di copy dan bagikan kepada orang yang anda ijinkan untuk download. Itlah cara yang b isa dilakukan dari Hanphone.

Bagi yang ingin melakukan upload atau download dari komputer bisa mengikuti langkah sebagai berikut ini.

2. Cara Upload File ke Google Drive Melalui Komputer

Untuk menupload melalui komputer tidaklah jauh berbeda dengan cara diatas dengan menekan tombol new > upload > pilih file dan upload.

Namun untuk berbagi file agar semua orang bisa mendownload tanpa harus menunggu ijin dari anda bisa dilakukan pengaturan sebagai berikut.

Setelah selesai melakukan upload atur agar bisa di download semua orang dengan cara klik file yang ingin di bagikan > klik kana pilih Share > Klik Advance > centang publik.

Selanjutnya tinggal membagi linknya dan semua orang bisa mendowload file yang anda bagikan.

Jika anda ingin mendownload sendiri tinggal menekan tanda panah kebawah disamping nama file. Dengan demikian anda bisa mengunduh file yang sebelumnya anda simpan.

Nah itulah cara mudah mengamankan file kita dengan cara online. Semoga artikel cara upload ke Google Drive ini bisa membantu dan jangan lupa bantu share ya

7 thoughts on “Cara Upload di Google Drive lewat HP dan Komputer”

  1. Rafli

    Kalau update yg baru gimana ya? Soalnya yg baru ini, settingannya gk bisa diubah

  2. Rendi

    Settingan transfer file only over WIFI ngga bisa dimatiin gan… Gimana solusinya?

  3. rizal

    udah mau matiin tapi tombol oke nya ndak ada, ndak bisa di matiin donk

  4. na2kim

    knpa tiap aku uploud file ke gdrive, file yg mau diuploud gk muncul dibagian notifikasi hp ya… pdhal bgian notifikasi/pemberitahuan udah aku hidupin.. tetep aja gk muncul pas mau uploud file… kan aku jdi binggung file yg aku uploud bener2 teruploud atau tdk
    Waktu lalu, lancar2 aja pas uploudnya.. bahkan saat uploud file muncul dibagian notifikasi hp… tpi kemaren n skrng mau uplod file lgi gk muncul2

    1. na2kim

      mohon kasih solusinya dong kak… biar gdriveku kyak dulu lgi bagian saat uploud file muncul dibagian notifikasi hp

  5. Ujang cepi

    Mind mau nanya knp ya file drive saya gak kebuka di eclass tapi di apk drive nya ada file yg tersimpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.