Haruskah Mengaktifkan Layanan iCloud? Untuk Pengguna iDevice?

Mengaktifkan Layanan iCloud di iDevice,  Apa itu iDevice? iDevice merupakan sebutan dari produk-produk yang dikluarkan oleh Apple.inc yang menggunakan sistem operasi iOS.

Sebagai contoh saja seperti iPhone, iPad, iPod, iMac dan produk Apple lainya.

Nah, setelah mengetahui apa itu iDevice, lalu apa hubunganya dengan iCloud? apa itu iCloud?

Apa itu iCloud? iCloud, Cloud computing atau komputasi awan merupakan sebuah layanan atau sistem yang di kembangkan oleh Apple.inc.

Dimana bisa memudahkan pengguna iDevice melakukan sincronisasi data tanpa harus menggunakan iTunes atau media perangkat lain.

Sebagai contoh hubungan iDevice dan iCloud, ketika kita membeli sebuah perangkat iPhone, layanan iCloud sudah tertanam dan kita tinggal mengaktifkannya.

Jika sudah aktif, maka kita bisa melakukan auto backup data yang ada di iPhone kita.

Misalnya kita melakukan pembelian aplikasi, atau mengambil foto dari kamera iPhone dan penambahan aktifitas data di iPhone.

Maka akan terbackup ke iCloud dan bisa kita buka kembali di perangkat lain seperti iMac hanya dengan bantuan akun yang sama dan jaringan internet.

Jadi dengan layanan iCloud ini, kita juga semakin mudah untuk melakukan sharing data.

Selain itu juga bisa mengamankan data kita dari resiko hilang. Karena data yang sudah tersimpan di iCloud bisa kita utuh kembali.

Apa saja fiturnya jika mengaktifkan layanan iCloud

iCloud Drive

Merupakan layanan penyimpanan awan yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan data-data anda secara online. Layanan penyimpanan online untuk saat ini sangat gencar dikembangkan.

Karena dengan layanan ini, kita bisa dengan mudah sharing data ke perangkat lain dan memungkinkan penyimpanan data kita lebih aman dari resiko kehilangan.

Misalnya perangkat kita rusak, maka kita bisa mengambil kembali data yang sudah terbackup di iCloud drive.

Ketika pertama mendaftar iCloud, akan mendapat ruang penyimpanan sebesar 5GB.

Jika dirasa kurang anda bisa mengupgrade kapasitas penyimpanan dengan membayar perbulan.

Untuk di indonesia kurang lebih sekitar Rp15.000 perbulan untuk kapasitas 50GB

Find My iPhone

Fitur yang bisa mencegah anda kehilangan iPhone juga bisa anda dapatkan ketika mengaktifkan layanan iCloud.

Dengan fitu ini, anda bisa mencari lokasi dimana iPhone anda berada dengan catatan iPhone masih dalam keadaan aktif.

Selain itu juga bisa mengunci iPhone dari jarak jauh, sehingga penemu ata yang mencuri iPhone anda tidak akan bisa mengakses iPhone anda.

iPhone layaknya batu bata yang tidak bisa digunakan keculai anda yang mengetahui akun iCloud-nya.

Backup restore iPhone dengan mudah

Ketika anda sudah mengaktifkan layanan iCloud di iPhone, anda akan bisa dengan mudah melakukan restore ke iPhone lain.

Maksutnya, jika anda memiliki iPhone dan ingin membeli iPhone baru, anda bisa langsung restore data, pengaturan, aplikasi ke iPhone baru.

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk kasus iPhone setelah hard reset. Bisa langsung restore data dari iCloud

Simpan kontak, kalender, dan bookmark

Menggunakan layanan iCloud, juga bisa digunakan untuk membackup data penting seperti kontak, kalender yang sudah anda atur mengenai jadwal aktivitas anda.

Selain itu juga bisa menyimpan halaman-halaman bookmark dari web yang telah anda kunjungi.


Bagaimana cara mengaktifkan layanan iCloud di iPhone?

Selain fitur umum diatas, sebenarnya masih ada fitur lain yang bisa anda coba sendiri. Jika anda ingin mengaktifkan iCloud di iPhone caranya silahkan buka pengaturan > pilih iCloud dan silahkan mendaftar akun iCLoud.

Bisa menggunakan id Apple yang bisa anda buat dengan cara yang sudah pernah saya bahas di Cara buat id Apple anpa Kartu kredit

Penting: Akun iCloud harus tetap bisa dibuka, alamat e-mail dan kata sandi jangan sampai lupa. Jika lupa bisa mengakibatkan iPhone terkunci Lock iCloud ketika anda melakukan reset dalam keadaan iCloud aktif. iPhone lock iCloud tidak bisa digunakan dan untuk membukanya juga butuh biaya cukup tinggi

Haruskah mengaktifkan layan iCloud?
Dilihat dari fitur yang ditawarkan akan jauh lebih memudahkan kita menggunakan iPhone, baik dari segi backup data penting dan juga menambah kapasitas penyimpanan data. Mengingat iPhone tidak memiliki slot memori tambahan.