Inilah 5 Cara Memilih Travel Umroh Terpercaya

Travel Umroh memang sudah banyak dan sering kali tersandung kasus hukum untuk agen yang illegal. Saat ini banyak kalangan masyarakat yang ingin menjalankan Umroh maupun Haji.

Apa perbedaan Umroh dan Haji? Umroh yang memiliki waktu kapan saja bisa menjalankan umroh, rukunnya yaitu Ihram, Thawaf, sa’I dan Tahalul, selain itu memiliki hokum Sunah.

Sedangkan Haji dilaksanakan pada bulan tertentu yaitu Dzulhijjah.

Rukunnya pun lebih banyak yaitu Ihram, Thawaf, sa’I, Tahalul, Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah dan Jumroh, untuk hukumnya Wajib.

Baca Juga : Cara Daftar Tabungan Haji BRISyariah IB dan Syaratnya

Apakah anda ingin melakukan Umroh dengan sanak saudara? Pastinya Ya, jika anda ingin melakukan ibadah Umroh maka harus mengerti dan waspada terhadap Travel Umroh yang akan anda pilih.

Inilah 5 cara untuk memilih Travel Umroh Terpercaya

1. Travel Umroh Pastikan sudah Terdaftar dan Resmi dari Kementrian Agama

Kenapa anda harus mengetahui Travel yang sudah terdaftar secara resmi di kemetrian Agama? Karena sudah banyak orang yang tertipu dengan agen demi keuntungannya sendiri tanpa bertanggung jawab dengan orang yang ingin diberangkatkan ke Tanah Suci.

Cek terlebih dahulu Travel Umroh yang akan anda tumpangi. Dimana Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh atau PPIU harus sudah terdaftar dan resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Waspadalah! Terhadap travel yang belum terdaftar di Kemenag dan jangan ambil resiko lebih lanjut, oleh karena itu pilihlah agen resmi yang sudah terdaftar secara resmi.

Travel Umroh dari Kemenag

Image : haji.kemenag

Bagaimana Cara Cek Travel yang sudah Resmi atau Belum?

Terdapat 2 cara untuk mengetahuinya, bila anda memiliki waktu senggang maka dating langsung ke departemen agama setempat di wilayah anda.

Namun jika anda sibukj dengan kerjaan anda maka bisa langsung cek di website resmi kemenag https://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu. diantaranya yaitu PT. Abdi Umat Wisata International, PT. Absas Al Rahalah Tour, PT Adzikra dan masih banyak lagi.

2. Lihat Jadwal Keberangkatan Secara Pasti

Diketahui bahwa setiap travel terdapat quota VISA dalam setiap tanggal untuk keberangkatan para calon Umroh. Oleh karena itu, dengan adanya quota VISA maka pihak biro travel berani untuk booking atau memesan seat tiket pesawat Pulang Pergi.

Pastikan tiket tersebut memiliki kelengkapan maskapai apa yang digunakan, tanggal, jam keberangkatan dari bandara asal serta tujuannya.

Bila anda mengalami keganjalan dalam kelengkapan tiketnya atau belum mengetahui tanggal dan jam serta maskapai yang akan ditumpangi maka harus waspada terhadap biro travel tersebut.

Informasi Terpopuler : Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Iuran Perbulan

3. Pastikan Paket Biaya Umroh

Perlu anda ketahui bahwa biaya Umroh memanglah cukup mahal, dan memiliki kewajaran dalam fasilitas yang akan diberikan. Dari sini anda harus memastikan berapa harga paket Umroh serta pelayanan yang akan didapatkan jamaah dengan biaya tersebut.

Jangan tergiur dengan harga paket Umroh murah, karena standar dari biaya umroh sekitar Rp 20 juta lebih. Jika dibawah itu maka anda harus waspada dan jangan mudah untuk percaya dengan promo tersebut.

4. Cek Nama Hotel dan Lokasi

Langkah keempat ini anda bisa langsung cek nama hotel dan lokasi serta jarak tempuh ke masjid (masjidil haram maupun masjid Nabawi).

Jika memang sangat memungkinkan maka lebih baiknya anda cek benarkah hotel yang akan digunakan untuk tempat tinggal sesuai dengan paket yang sudah ditawarkan dengan rate bintang hotel tersebut.

5. VISA

Periksa dokumen yang seharusnya anda bawa kesana, salah satunya yaitu VISA umroh. Adapun sebuiah konfirmasi ke PPUI dengan status VISA yang akan anda dapatkan dari pihak pemerintah Arab Saudi harus jelas.

Memperhatikan 5 Cara Memilih Travel Umroh Terpercaya merupakan kunci sukses untuk anda berangkat dan pulang ke Tanah Suci dengan selamat beserta jamaah lainnya. Hal tersebut sudah pernah disampaikan oleh Abdul Jamil sebagai Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag.

Demikian ulasan tentang cara memilih Travel atau Biro Umroh yang sudah terdaftar secara resmi di Kemenag. Semoga ulasan ini akan bermanfaat untuk anda dan juga untuk anda yang ingin melakukan perjalanan Umroh harus benar-benar ikut biro yang sudah terpercaya, supaya tidak tertipu dengan biro yang tidak bertanggungjawab.  Terima kasih.