Malas Ngeblog

Kenapa Malas Ngeblog? Coba Baca Artikel Ini

Malas ngeblog? jika anda seorang blogger, merasa malas dan seakan mengurus blog menjadi pekerjaan yang sangat membosankan itu wajar.

Rasa malas, bosan inilah yang menjadi penyakit umum bagi seorang blogger, yang bisa saja disebabkan berbagai hal.

Padahal semakin hari semakin banyak blogger baru dan juga blog-blog keren yang lahir, jika malas ngeblog anda terus berlarut-larut, blog yang anda kelola tentunya juga akan kalah bersaing perlahan sepi dan akhirnya mati.

Tidak jarang saya menemukan blog yang sudah tidak terurus ketika browsing, padahal isi dan tampilan blog tersebut sangat bagus. Tapi sayang, dilihat dari artikelnya sudah outdated dan komentar-komentar yang tidak ada respon dari sang admin

Hal ini sebenarnya sangat disanyangkan, mengingat semakin hari pengguna internet yang terus meningkat. Bisa disimpulkan, semakin banyak peluang artikel yang kita buat bisa terbaca oleh pengunjung. (terutama untuk blogger yang malas ngeblog karena blog sepi pengunjung)

Malas ngeblog itu wajar, apalagi jika anda sendiri yang mengurus semua aktifitas blog. Otak yang terus menerus dituntut untuk memberikan artikel-artikel yang unik, bagus, dan berkualitas tentunya juga akan blank.

Untuk itu saya mencoba berbagi tips, refrensi dari berbagai sumber, dirangkum ala wahanarupa.com untuk mengatasi malas ngeblog, dan juga pengalaman dari awal ngeblog yang tidak tau apa itu blog, blog masih sangat sepi pengunjung, hingga artikel ini ditulis.

Karena artikel tentang malas ngeblog inilah yang kembali terbit setelah beberapa bulan belakangan ini wahanarupa.com vakum dari dunia blog
Malas Ngeblog

Ada beberapa alasan secara umum kenapa jadi malas ngeblog

#pertama malas ngeblog karena sepi pengunjung
#kedua malas ngeblog karena kehabisan ide
#ketiga malas ngeblog karena sibuk pekerjaan offline
#keempat malas ngblog karena peralatan untuk aktifitas blog rusak
#kelima malas ngeblog karena target tidak tercapai ( daftar Google Adsense ditolak )

Baca juga: Tips Agar Mudah Diterima Google Adsense

Alasan-alasan diatas yang sering terjadi ketika mengurus sebuah blog, secara umum semua blogger bisa saja mengalami hal tersebut. Tapi perlu anda ketahui, ada hal kecil lainnya yang bisa saja perlahan membunuh blog yang anda kelola, walaupun sudah mulai berjalan

 

Berikut ini Hal kecil yang buat malas ngeblog

Selain penyebab malas ngeblog seperti diatas, masih ada hal kecil yang perlu dihindari atau siapkan mental jika ini terjadi sehingga tidak mengganggu aktifitas ngeblog anda

1. Merasa tidak percaya diri dengan blog yang anda kelola

Dalam proses membangun blog, tentunya tidak akan langsung menjadi blogger sukses. Butuh waktu untuk mempelajari yang berkaintan dengan blog.

Namun dalam perjalanannya bisa saja rasa percaya diri itu down, salah satunya melihat blog yang sudah dulu dan berkembang pesat maka rasa minder itu akan muncul. Sehingga malas ngeblog pun bisa muncul.

Jika sudah seperti ini, apa yang harus anda lakukan? untuk mengembalikan percaya diri agar semangat ngeblog lagi. Anda bisa melakukan blogwalking (berkujung ke blog orang lain) dengan tujuan bisa mempelajari bagaimana meraka mengurus blog agar tetap produktif dan update.

Dengan melakukan blogwalking, nanti perlahan akan kembali semangat ngeblog dan rasa minder juga perlahan akan hilang dengan sendirinya.

2. Tidak menggunakan akun dengan nama anda sendiri saat daftar akun blog

Untuk mengingat sebuah akun, biasanya kita menggunakan nama yang kita sukai dengan tujuan bisa mudah diingat. Namun ini bisa saja kedepannya bisa menjadi boomerang.Ya, ketika sesuatu hal terjadi, dan apa yang anda suka menjadi hal yang anda benci untuk mengingatnya, berkaitan dengan akun blog tadi maka rasa malas dan benci untuk ngeblog bisa saja muncul

Untuk mengembalikan rasa semangat ngeblog karena hal tersebut bagaimana? yup, kembali ke diri anda sendiri. Apa tujuan awal anda ngeblog, bagaimana anda berjuang diawal ngeblog. Dengan tekat nantinya rasa malas perlahan akan pergi.

3. Tidak konsisten dengan pendirian, memilih membuat banyak blog

Mudah goyah, ikut ikutan trend ini juga bisa menjadi penyebab malas ngeblog. Sebagai contoh, anda membuat banyak blog yang berbeda-beda. Karena tidak ingin membuat satu blog gado-gado (campur)

Cara ini bisa saja mengakibatkan anda malas ngeblog, jika tidak bisa mengatur jadwal untuk semua blog. Yang ada anda nanti bisa stress sehingga tidak produktif membuat artikel lagi dan memilih untuk vakum dan malas untuk mulai mengurus blog lagi

4. Artikel dalam blog di copas secara brutal

Memang kalau masih baru menggeluti dunia blog, rentetan masalah akan berdatangan terutama mengenai budaya copas. Pencurian artikel ini sudah menjadi menu wajib, jadi siapkan menta yang kuat dan mulai mencari solusi jika blog yang anda kelola mulai diserang blog copas ( pencuri artikel seperti Blog AGC )

Wahanarupa sendiri juga tidak jarang menjadi korban copas, dulu waktu masih 4 bulan berdiri tiba-tiba visitor blog menurun drastis dan setelah dicek ternyata menjadi sasaran blog AGC. Dan akhirnya browsing kesana kemari bisa menyelesaikan permasalahan ini. Jika anda ingin tahu caranya bisa baca artikel  (Cara Mengatasi Blog Diserang AGC, Artikel di Copas Blog Lain)

Sebenarnya masih banyak yang bisa saja menyebabkan malas ngeblog, permasalahan diatas ini yang sering dialami blogger yang saya amati dari berbagai sumber. Dan juga wahanarupa sendiri mengalami hal tersebut.

Untuk itu, kita bisa mengambil kesimpulan kalau ngeblog itu bukan hanya sekedar menulis, tapi juga harus didasari dengan rasa senang dan bisa saja dijadikan hoby.

 

Bonus, solusi agar malas ngeblog hilang

Hal yang bisa mengembalikan semangat ngeblog lagi
Ketika rasa malas ngeblog muncul, anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini agar kembali semangat mengurus blog yang sudah anda kerjakan dari nol. Kan sayang jika harus mati begitu saja

Teman sesama blogger

Ngeblog sama halnya di dunia nyata, kita juga butuh teman yang bisa membantu kita dan saling sharing pengalaman saat mengurus blog. Teman sesama blogger sangat penting untuk perkembangan blog yang kita kelola.

Pertama ngeblog, tidak sengaja di salah satu forum kenal dengan Mas Ahmad Alfan Taufiq. Beliau merupakan admin blog bagikeunlagi.com, dari beliau lah saya banyak belajar. Mulai dari sharing permasalahan yang dialami wahanarupa.com, hingga masukan-masukan motivasi untuk kembali meneruskan ngeblog.

Dari situlah betapa pentingnya teman sesama blogger, kita bisa belajar bersama agar lebih berkembang dalam membangun blog

Ngeblog bukan sekedar nulis

Jika anda mulai merasa bosan dengan aktifitas ngeblog, malas karena tidak menemukan ide untuk dibahas. Kita bisa melakukan hal lain, yang bisa menghilangkan rasa jenuh. Salah satunya bisa edit-edit tampilan blog.

Belajar desain yang nantinya bisa kita terapkan di blog. Atau belajar hal baru lain yang nanti bisa kita ulas di blog ketika sudah rasa ingin nulis kembali semangat

Mulai ngeblog setelah lama vakum

Agar kembali semangat ngeblog setelah lama vakum, anda bisa memulainya dengan cara hal kecil dari aktifitas ngeblog.

Misalnya dengan memperbaiki artikel yang sudah ada, memperbaiki error tampilan blog. Dengan cara perlahan nantinya semangat ngblog anda akan kembali. Apalagi melihat trafik blog yang juga ikut naik.

 

Blog anda adalah blog yang paling berharga bagi anda
Yup, sadarilah membuat blog itu tidaklah mudah, dalam progresnya banyak hal yang sudah anda lewati baik manis maupun pahit.

Berjuang mendapat visitor bukan lah hal yang mudah. Apalagi jika blog anda sudah bisa menhasilkan penghasila, meninggalkan blog bukankah hal yang sangat disayangkan.

Mungkin itulah yang bisa saya sampaikan, semoga dengan ini kita menjadi semangat ngeblog kembali. Salam blogger semoga blog yang kita kerjakan terus berkembang.

4 komentar untuk “Kenapa Malas Ngeblog? Coba Baca Artikel Ini”

  1. Santri Drajat - Santri Pinter Ngaji Jago Teknologi

    Agar tidak bosan jadikan blogging sebagai hoby saja. Masalah hasilnya pasrahkan saja …
    Kalau konsisten dan artikelnya bagus ada hasilnya kok

  2. Mungkin sakah satu alasan kenpa malas ngeblog karena trafik di blog tidak kunjung naik.. mungkin adakah trik sendiri untuk mengatasi masalah ini terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *