no comments

Memilih Spion Motor yang Gak Ribet Namun Tetap Aman Buat Berkendara

Spion merupakan salah satu bagian motor terluar yang sering diganti. Biasanya pemilik motor mengganti spion karena kacanya pecah, spion dicuri atau sering kendur dari dudukannya. Agar bisa menemukan jenis spion motor yang tepat lakukan saja beberapa langkah berikut ini.

Memilih Desain Spion yang Trendi

Anda bisa saja memilih bentuk spion yang sama dengan spion dari pabrikan motor. Tapi, tak ada salahnya memilih bentuk spion yang trendi guna mendongkrak penampilan motor. Yang perlu diperhatikan ketika memilih desain spion yakni memastikan desainnya tak mengganggu pandangan ke belakang

Pilihlah spion yang memiliki refleksi cukup jelas, tak tertutup oleh lengan dengan ukuran yang tak terlalu kecil. Spion motor yang berukuran terlalu kecil menyulitkan pandangan ke belakang. Spion yang terlalu kecil juga membuat Anda harus sering memposisikan ulang spion agar bisa mendapatkan sudut pandang yang luas.

Demi mendapatkan pandangan ke belakang yang lebih luas, pilihlah spion berjenis kaca agak cembung (konvex mirror). Dengan begitu kendaraan berukuran besar yang ada di belakang pun masih bisa tercakup di tampilan kaca spion

Memilih Spion Bertangkai Panjang

Spion trendi biasanya memiliki tangkai pendek dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran spion standar. Bila lebih mementingkan keselamatan, sebaiknya pilih spion dengan tangkai panjang serta ukuran yang standar. Ukuran spion standar yang agak lebar juga memudahkan Anda ketika ingin menempelkan stiker motor agar tampilan motor jadi lebih ciamik.

Spion bertangkai panjang memudahkan Anda ketika ingin melihat ke belakang. Spion bertangkai panjang juga bisa menjadi pembatas sehingga tak menyenggol kendaraan lain saat berkendara. Kalaupun terjadi benturan, maka spion menjadi bagian motor yang pertama kali terdampak.

Jenis Spion Untuk Motor

Selain spion motor standar, ada beberapa jenis spion lainnya yang banyak disukai pencinta otomotif terutama yang doyan modifikasi. Beberapa jenis spion tersebut yakni spion retro, spion lipat, spion jalu dan spion tomok.

Spion Retro
Memilih Spion Motor

img: bukalapak

Spion retro cocok bagi Anda yang menyukai motor vintage. Model spion retro ini sangat identik dengan motor keluaran lama seperti bentuk bulat atau lonjong yang khas. Untuk motor masa kini, jenis spion ini bisa ditemukan di motor Honda Scoopy atau motor modifikasi bertema jap style.

Spion Lipat

Spion lipat bersifat lebih fleksibel. Spion ini bisa dilipat sehingga tak mudah tersenggol saat parkir. Ukuran dan warna spion ini juga beragam. Anda pun bisa memilih warna spion yang sesuai dengan warna motor agar tampak lebih modis dan keren.

Spion Jalu
img: bukalapak

img: bukalapak

Spion jalu lebih banyak dipakai di motor modifikasi bertema street fighter atau caferacer. Tak seperti spion motor lainnya yang dipasang di atas stang motor, spion jalu justru dipasang di bawah stang. Ada pula yang dipasang di samping stang motor sehingga pengendara bisa melihat belakang dengan mudah.

Spion Tomok
Memilih Spion Motor

img: bukalapak

Motor sport biasanya menggunakan model spion tomok. Spion tomok memiliki bentuk yang meruncing dengan banyak sisi sehingga tampak futuristis. Desain spion ini mengikuti desain motor sport yang gagah dan memiliki sudut-sudut tegas.

Semua jenis spion tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di situs jual beli online Bukalapak. Dengan memanfaatkan Bukalapak, Anda tak perlu jauh-jauh berkeliling untuk mencari spion motor berdesain unik lagi. Mulai dari berbagai jenis spion, gagang spion hingga mur dan baut spion bisa Anda temukan di Bukalapak, jadi lebih praktis.