no comments

Menampilkan File di Laptop Agar Terhindar dari Virus

Wahanarupa.com – Cara menampilkan File di laptop ataupun komputer. Yang extensions secara defoult tersembunyi ini bertujuan agar terhindar dari serangan virus. Cara ini cukup membantu agar kita tidak salah membuka file yang berakibat fatal.

Yang tadinya ingin membuka file penting justru menginstall virus. Mengingat virus sangat cerdik menylinap dan mengelabui pengguna laptop maupun komputer.

Khususnya bagi anda yang menggunakan windows. Baik window 7, 8, maupun versi terbaru windows 10.

Untuk menghindari laptop anda dari virus, anda perlu mengaktifkan pengaturan hidden file atau extensions.

Apa itu extensions? extensions di windows merupakan format yang sudah dikategorikan guna memudahkan sistem untuk mengenali jenis file.

Sebagai contoh, file berupa musik yang pada umumnya memiliki extensions .MP3 yang bisa anda lihat dibelakang nama file musik tersebut.

Misalanya, lagubarat.MP3 atau file aplikasi dengan extensions .EXE atau gambar dengan extensions .JPG

Pada umumnya, windows masih diatur default yang menyembunyikan extensions disetiap file.

Maka kita perlu mengatur sendiri, sehingga kita nantinya bisa terhindar dan lebih hati-hati sebelum membuka file atau aplikasi yang mencurigakan.

Cara menampilkan file di laptop ( extensions )

Petama buka explorer, start => my computer ( Dengan Tombol cepat di keyboard tekan CTRL+E ) Untuk windows 8 dan 10 akan tampil seperti gambar dibawah ini

Menampilkan File di Laptop Agar Terhindar dari Virus

Ikuti langkah sesuai dengan nomor yang sudah di tandai dari nomor satu yaitu klik View => Show/hide => beri centang pada File name extensions.

Hilangkan centang Hidden items juga jika anda ingin menampilkan file yang tersetting disembunyikan yang sudah pernah di bahas di artikel (Baca juga: Cara Menampilkan Folder Tersembunyi di Flashdisk)


Untuk menmapilkan file di laptop Windows 7 bisa dengan cara sebagai berikut ini

Buka windows explorer => buka folder yang sudah ada file, selanjutnya silahkan buka pengaturan seperti gambar dibawah ini

Menampilkan File di Laptop Agar Terhindar dari Virus

Dalam gambar diatas, anda perhatikan terlebih dulu bagian yang sudah ditandai kotak biru. Disitu file tidak ada jenis exstentions-nya hanya ada nama file saja. Disinilah nanti yang perlu kita tampilkan jenis exstentions.

Klik Organize => selanjutnya pilih Folder and search options => akan muncul menu pengaturan folder, pilih bagian tab view.

Hilangkan centang pada keterangan hide extension known file type seperti gambar dibawah ini

Menampilkan File di Laptop Agar Terhindar dari Virus

Jika sudah silahakn klik apply dan OK, dengan begitu extentions di setiap file akan muncul, dengan tanda di belakang nama setiap file.

Apa manfaatnya jika kita memunculkan extentions?

Dengan memunculkan atau memperlihatkan exstention file di windows, kita bisa lebih mudah memilih jenis file. Selain itu kita juga bisa menghindari virus yang biasanya menyamar dengan nama file tertentu.

Misalnya ada file yang nampak seperti gambar, padahal file gambar memiliki exstention .JPG atau PNG namun file ini berakhiran .EXE berarti file tersebut merupakan file aplikasi. Bisa saja jika anda buka dan meminta menginstall, maka komputer atau laptop bisa saja terserang virus.

Extentions sebuah file juga memudahkan kita untuk mengelompokkannya, misalnya file di dalam satu folder campur-campur, anda bisa mengelompokkan hanya dengan sekali klik.

Hal ini bertujuan agar lebih mudah ketika kita ingin mengcopy dan memindah ke folder lain. Cara mengelompokkannya cukup mudah. Sebagai contoh seperti gambar dibawah ini

Menampilkan File di Laptop Agar Terhindar dari Virus

Pada gambar diatas, kolom name yang sudah di kotak merah jika anda klik maka file akan berurutan sesuai namanya. Namun jika anda klik kanan mouse, akan muncul menu yang bisa anda tampilkan. Misalnya, klik type, maka tab type akan muncul.

Dan silahkan klik pada tab type yang baru kita munculkan tadi. Hasilnya file akan berurutan berkelompok sesuai jenisnya. File musik akan menyatu, file gambar juga akan berurutan berkelompok.

Itulah cara sederhana Menampilkan File di Laptop, Agar Terhindar dari Virus yang cukup membatu kita untuk memilih file atau mengetahui jenis file yang sebenarnya. Berhati-hati jauh lebih baik sebelum laptop atau komputer kita terserang virus

Dengan cara menghindari  virus seperti ini, kita bisa membuat laptop aman dan juga bekerja cepat. Namun jika anda merasa laptop lambat bisa mencoba cara Cara agar laptop tidak lemot.

Selamat mencoba cara menampilkan file di laptop yang sebelumnya tersembunyi