Cara Mengatasi ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Kirim File

Cara Mengatasi ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Kirim File

ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Kirim file baik foto maupun aplikasi bisa disebabkan beberapa hal. Mengingat ShareIt salah satu Aplikasi yang sangat membantu untuk kirim atau menerima data di HP android maupun iPhone. Jika sebelumnya proses kirim file menggunakan Bluetooth. Namun saat ini dengan adanya aplikasi ShareIt sudah bisa kirim berbagai aplikasi antar ponsel dengan mudah dan cepat.

Kelebihan yang dimiliki ShareIt kirim berbagai macam data sangat cepat dibandingkan Bluetooth. Namun, ada kendala bahwa aplikasi ini juga terkadang memiliki masalah tidak bisa menerima dan kirim file. Bagaimana cara mengatasi ShareIt tidak bisa kirim dan menerima file?

Beginilah Solusi ShareIt yang Tidak Bisa Menerima atau Kirim

Hapus Data dan Berhenti Paksa

Bila anda sedang melakukan transfer data sedikit atau banyak dalam proses tersebut aplikasi shareit akan membuat file-file kecil yang disebut cache. Dan inilah yang bisa menyebabkan crash atau salah menenali perintah

Oleh karena itu kalau anda mengabaikan hal tersebut maka data bisa mengemban atau menumpul pada ponsel dan akhirnya lemot. Maka dari itu pastikan hapus data dengan cara masuk Setelan => Aplikasi => ShareIt => Penyimpanan => pilih clear data atau hapus data supaya kembali kesemula pengaturannya seperti gambar diatas

Baca Juga : Oppo A5 (2020) Rilis Oktober 2019 Dukung Spesifikasi dan Harga

Update Aplikasi ShareIt
Cara Mengatasi ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Kirim File

Sering kali anda mengabaikan pembaruan aplikasi, kalau anda ingin menggunakan aplikasi tersebut dan terjadi masalahl. Maka lakukan update versi lebih tinggi agar bisa memperbaiki permasalahn dan juga mendapat fitur terbaru.

Dalam hal ini juga sering terdapat pada ShareIt karena tidak bisa menerima bahkan kirim data, perlu anda cek dulu di play store. Buka google play store, masuk bagian aplikasi saya dan game. Dan update jika ada versi terbaru

Problem Hotspot

Bila anda tidak bisa menerima bahkan kirim menggunakan aplikasi ini, maka terkadang terkendala dalam hotspot atau WIFI. Perlu anda ketahui bahwa proses transfer data melibatkan hotspot, jadi pastikan anda menekan TERIMA kalau ada perintah aktifkan WIFI.

Dan jika HP menyambung ke WiFi lain. Matikan dulu agar WiFi fokus ke aplikasi shareit. Begitu juga dengan bluetooth yang juga putuskan dulu dari perangkat lain jika terhubung

Restart Ponsel

Kalau semua sudah anda lakukan tapi tetap tidak bisa maka bisa saja ponsel yang bermasalah. Jadi usahakan restart atau reboot ponsel supaya kinerja aplikasi lebih fresh. Terkadang ponsel juga perlu di restart supaya mesin-mesin dalam smartphone istirahat sejenak.

Baca Juga : Keunikan Spesifikasi OnePlus 7T dengan Harga Terjangkau, Rilis Oktober 2019

Install Ulang Aplikasi

Jika yang bermasalah di aplikasi ShareIt maka usahakan install ulang dan dapatkan software di Play Store supaya aman dari virus. Dengan install ulang baru bisa maka aplikasi sebelumnya rusak dan akibatkan error dalam pengiriman serta penerimaan file.

Alternatif Aplikasi Lainnya

Bila aplikasi ShareIt masih tetap tidak bisa meskipun sudah menerapkan seperti diatas. Maka solusi terakhir yaitu download aplikasi lain yaitu Mi Drop sebagai rekomendasi anda semua. Aplikasi Mi Drop ini sudah dikembangkan oleh Xiaomi dan memiliki fungsi transfer data gunakan internet dan Bluetooth mirip dengan ShareIt.

Itulah beberapa cara mengatasi ShareIt yang tidak bisa kirim atau terima data. Pastikan anda mengetahui hal tersebut supaya lebih menambah pengalaman serta ilmu dalam dunia gadget.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.