Teknik Dasar Merekam Video dengan Smartphone Hasil Bagus

Wahanarupa.com – Teknik Dasar merekam Video dengan Smartphone agar  Hasil Bagus? hemmm bagaimana ya caranya? ya, ketika era digital sudah didepan mata.

Mengabadikan momen penting dengan keluarga, teman dan kejadian menarik berupa video bukan lagi hal yang tidak mungkin.

Mengingat smartphone yang semakin hari memiliki kualitas kamera yang bagus. Nah, untuk itu memperhatikan teknik dasar pengambilan video.

Agar hasilnya gambar yang bagus, maka ada beberapa hal yang harus diterapkan.

Yaitu memaksimalkan kemampuan kamera Smartphone, sehingga kamera yang bagus tidak sia-sia begitu saja.

Dan kamera yang biasa-biasa saja bisa menghasilkan kualitas video bagus. Berikut ini tips merekam dengan smartphone agar hasilnya berkualitas bagus


Posisi smartphone dan jarak pengambilan

Untuk bisa mengambil video dengan kualitas bagus, cari posisi yang ideal jarak obyek yang akan kita ambil.

Semakin jauh jarak kita maka dapat dipastikan kualitas video akan kurang bagus. Mengingat kemampuan kamera smartphone yang terbatas.

Untuk posisi yang bisa mempengaruhi pengambilan video, anda perlu memperhatikan posisi pencahayaan yang tepat.

Hindari kontras dengan sumber cahaya, melawan sumber cahaya dan atur Angle yang menurut anda paling pas


Posisi smartphone yang sering diabaikan, padahal ketika kita mengambil video dengan smartphone dengan posisi handphone tegak dan posisi horisontal ( miring ) hasilnya jauh berbeda. Hal ini akan terlihat ketika kita memutar hasil rekaman video di laptop.

Pernahkan anda merekam video dan ketika diputar di laptop hasil gambarnya terbalik? atau hanya layar kecil memanjang?

Nah, untuk menghasilkan video yang bagus, perhatikan gambar diatas posisi handphone atau smartphone yang benar.

Jika terbalik, maka hasil rekaman juga akan terbalik ketika diputar di laptop. Jika hasil video hanya kecil memanjang, berarti posisi pengambilan video smartphone dalam kondisi tegak.

Posisi smartphone inilah yang sering sekali diabaikan, apalagi jika anda suka upload video hasil rekaman ke medsos. Posisi horisontal seperti gambar diatas akan jauh lebih baik dan enak saat ditonton nantinya baik di perangkat smartphone maupun laptop.

Jangan gunakan Zoom in

Dimana smartphone memiliki fitur untuk memperbesar/jarak hasil video, namun sebaiknya hindari penggunaan zoom in, karena hasil video bisa dipastikan akan berkurang dari segi kualitas, dan video yang dihasilkan juga akan rentan dengan guncangan dan blur.


Minimalisir guncangan saat merekam video dengan smartphone

Gunakan dua tangan waktu pengambilan video menggunakan smartphone. Cara ini bisa membantu untuk meredam guncangan yang bisa membuat kualitas video kurang fokus.

Walaupun di smartphone sudah ada fitur anti guncangan ( image stabilization ) tapi teknik memegang smartphone juga cukup berpengaruh. Lebih bagus lagi jika anda menggunakan alat bantuan seperti tripod.


Memaksimalkan pengaturan Kamera di Smartphone

Sebelum merekam, atur fitur yang dimiliki smartphone nada, mulai dari pencahayaan. Kualitas video yang dihasilkan, seperti pemilihan kualitas bagus ( hight quality ) sama seperti ketika kita akan mengambil foto.

Pengaturan kamera bisa anda baca di artikel sebelumnya. ( Baca juga: Tips Mengatur Kamera Handphone agar Hasil Foto Bagus )

 

Tips rekam video dengan Smartphone hasil bagus

Setelah beberapa teknik diatas anda sudah terapkan, adapun beberapa tips yang bisa anda tambahkan agar hasil rekaman video menggunakan Smartphone lebih bagus.

Pertama dari segi durasi rekaman video, ketika kita mengambil rekaman untuk momen yang lama, sebaiknya matikan led flash ketika pencahayaan yang cukup bagus. Cara ini untuk menghemat baterai dan juga kontras cahaya yang berlebih.

Merekam video ber-since, ketika kita ingin membuat dokumentasi seperti film. Sebaiknya merekam video secara bertahap, ambil spot atau since yang bagus dan engle yang bagus juga.

Tidak dengan sekali ambil dan berpindah-pindah karena kamera smartphone hasilnya kurang begitu bagus jika kita merekam dengan menggerakkan cepat. Hasilnya akan blur dan tidak fokus.

Dari beberapa since atau bagian yang bisa kita edit menggunakan aplikasi edit video, baik di smartphone langsung maupun di komputer/laptop nantinya

Itulah tips dan teknik dasar merekam video dari smartphone yang bisa anda terapkan, dengan memperhatikan hal-hal kecil yang bisa menambah kualitas hasil rekaman itu sangat penting.

Mengingat kemampuan kamera smartphone terbatas, namun jika kita bisa memaksimalkannya tidak menutup kemungkinan bisa menghasilkan yang berkualitas bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.