Arti COD Dalam Online Shop Beserta Contohnya

Belanja online sekarang memang sudah tidak asing lagi, apalagi saat ini sedang ada pandemi yang sangat meresahkan warna tentang kesehatan kita bersama. Oleh karena itu kesempatan kita melakukan pekerjaan dirumah saja dengan cara membuka toko online atau belanja hanya dari rumah saja.

Perlu anda ketahui bahwa dalam layanan online memiliki berbagai macam istilah yang disingkat supaya tidak terlalu panjang dalam menyampaikannya. Salah satunya yaitu COD

Arti COD di online shop

Apa arti COD yang sebenarnya? COD adalah Cash On Delivery, dimana memiliki terjemahan yaitu bayar ditempat atau juga.

Lebih jelasnya tentang COD adalah pada saat kita belanja online maka pembeli dan penjual membuat sebuah kesepakatan bertemu langsung untuk melakukan transaksi tersebut. Jadi ada uang ada barang seperti kita belanja di toko pada umumnya.

Saat ini sudah banyak toko online yang menyediakan bayar ditempat melalui kantor pos untuk ekspedisinya, atau ketika anda belanja di Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya juga ada yang bisa COD.

Hal ini sangat memudahkan pembeli yang ingin melakukan transaksi dengan COD, pasti pihak pembeli tetap harus bertanggung jawab atas produk yang sudah dibeli, dan sebaliknya sebagai penjual juga harus amanah atas orderan dari pelanggan tersebut.

Baca Juga : Cara Menggunakan NFC Pada HP

Contoh COD Pada Online Shop

Pertama, pada saat anda mencari sepatu, lalu di forum jual beli online melihat sepatu yang ingin anda beli sejak lama.

Kedua, kemudian anda harus menghubungi penjual tersebut untuk pastikan harga dan stok barang tersedia.

Ketiga, kalau sudah maka anda bisa konfirmasi atau setuju dengan melakukan pembelian secara COD sesuai dengan kesepakatan bersama.

Keempat, lalu anda dan pihak penjual menentukan hari, tanggal dan jam pada saat melakukan COD tersebut. Pastikan tempat yang tidak jauh dari kediaman anda atau rumah anda bila tidak menggunakan jasa kurir. Pastikan bahwa COD juga termasuk ongkos kirim, memang sering salah paham tentang ongkir pada saat Cash On Delivery. Sebagai penjual juga harus menentukan biaya kirim pada saat melakukan transaksi secara offline tersebut.

Kelima, ketika anda dan penjual sudah bertemu dan bertransaksi selesai maka urusan jual beli telah usai.

Keuntungan Cash On Delivery Pada Jual Beli Online

  • Metode ini memang sudah berjalan sejak lama dan semua bisa melakukan hal ini. adapun alasan selain memiliki keuntungan sang penjual, COD sendiri juga menguntungkan pembeli. Seperti dibawah ini:
  • Pengecekan barang oleh pembeli lebih laluasa, yang terpenting pada kondisi produk yang kadang memang diluar ekspetasi atau tidak sesuai dengan gambarnya.
  • Pihak pembeli bisa langsung bertemu secara langsung dan bisa complain pada saat itu juga tentang masalah barang yang sudah di order tersebut. Pastikan sesuai dengan deskripsi dan gambar yang sudah tertera dalam gambar tersebut.
  • Menambah teman dan juga bisa menguntungkan dua belah pihak.
  • Pembeli memiliki nomor kontak dari penjual jadi sangat mudah dihubungi.
  • Membayar secara langsung tanpa adanya perantara dan siapapun bisa menggunakan metode COD ini.
  • Ada beberapa penjual memang membebaskan ongkos kirim karena jarak tempuh dekat atau teman sepermainan. Jika jauh pastikan ada ongkos kirimnya.
  • Pengiriman dan penerimaan cukup singkat dan tidak membutuhkan beberapa bulan lagi.

Kekurangan Menggunakan Metode Cash On Delivery

  • Melakukan transaksi dengan bayar ditempat ini hanya bisa dilakukan satu wilayah saja. Kalau jangkauan diluar area maka otomatis akan dibatalkan.
  • Mencari lokasi untuk bertemu maka cukup menambah waktu lagi.
  • Penjual yang melakukan COD harus memiliki kendaraan semisal motor.

Cara Pada Saat Ingin Melakukan COD

  • Adapun beberapa cara tentang melakukan Cash On Delivery yang aman dan nyaman dari pihak pembeli maupun penjual. Terkadang ada orang yang bilangnya sudah perjalanan ke lokasi tapi pihak penjual sudah datang lebih dulu atau sebaliknya. Pastikan anda memiliki tips seperti ini:
  • Pada saat anda melakukan COD maka bisa pilih tempat yang ramai semisal minimarket, restoran, dll untuk menghindari risiko yang tidak kita inginkan jika pemilihan lokasi yang salah.
  • Saat akan transaksi Cash On Delivery maka pastikan membawa tempat atau keluarga untuk menemani anda.
  • Bawa uang pas supaya penjual tidak repot memberikan uang kembalian kepada anda.
  • Jika akan ditinggal masuk sebuah restoran atau lainnya maka kunci kendaraan yang lebih amak dan pastikan dari pihak pembeli dan penjual masing-masing nyaman.

Baca Juga : Cara Hapus File Lainnya di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Oleh karena itu banyak sekali orang yang bertanya terlebih dahulu “Boleh dibayar ditempat?” Jika anda masih satu wilayah masih bisa atau langsung mengunjungi toko onlinenya di beberapa ecommerce atau Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya.

Inilah arti COD dalam onlin shop dan beberapa tips, keuntungan dan kelemahan yang terdapat dalam istilah Cash On Delivery tersebut. semoga informasi ini bisa memberikan refrensi untuk anda. Sangat menguntungkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.