Cara Menggunakan NFC Pada HP

Near Field Communication yang disingkat menjadi NFC, apakah anda mengetahui fungsi dari NFC ini? saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki fitur NFC ini, dimana memiliki fungsi untuk menyambungkan ataupun menghubungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat.

Cara Menggunakan NFC semisal smartphone dengan menggunakan NFC ini akan transfer gambar, video, kontak, gambar ke smartphone lain yang juga memiliki fitur NFC, dimana kinerja dari fitur ini seperti Bluetooth namun kelebihannya lebih lancar dan terbebas dari gangguan apapun.

Selain itu juga bisa digunakan untuk media transfer pembayaran. Sekarnag cek saldo e-walet dan pembayaran di outlate tertentu sudah support melalui NFC

Namun, Ternyata tidak semua smartphone mendukung fitur ini, kebanyakan ponsel menengah keatas sudah terdapat fitur ini. lantas bagaimana anda bisa cek dari luar kalau ponsel tersebut mendukung NFC? Perhatikan bagian belakang ponsel yang memiliki symbol ‘N’ pada casing belakang, itulah arti bahwa ponsel didukung dengan NFC.

Atau melalui pengaturan jaringan layaknya mengaktifkan WiFi aja menu NFC. Berkut ini cara menggunakan NFC

Baca Juga: Mengatasi Kartu Memori tidak Terbaca di HP Xiaomi

Cara Aktifkan NFC Sangat Mudah

Pertama, anda bisa masuk pada menu pengaturan, setelah itu cara untuk aktifkan NFC bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Masuk pada bagian pengaturan
  • Kemudian pilih menu pengaturan lainnya
  • Pada bagian pengaturan lainnya maka pilih menu NFC
  • Pada beberapa HP Android bisa memilih NFC pada bagian pengaturan jaringan ataupun network
  • Selanjutnya masuk pada bagian berbagi & hubungkan
  • Kemudian mulai aktifkan NFC dengan cara geser sampai di posisi On

Cara Kedua Aktifkan Pada Shortcut

Anda bisa menggunakan cara pertama dengan membua menu pengaturan. Namun cara kedua ini lebih simple karena kemungkinan letak dari NFC sendiri sudah tersedia di shortcut pada bagian atas ponsel pada saat di geser kebawah. Disini menu sederetan dengan Bluetooth, mobile data, dan wifi atau berbagai macam shortcut.

Kalau anda sudah menemukannya maka langsung saja klik sampai berwarna biru yang biasa menandakan aktif. Anda bisa menyalakan fitur NFC pada saat akan transfer data atau juga bisa memiliki fungsi pembayaran online seperti pindahkan jumlah saldo kartu e-money untuk akses gerbang kereta, atau transportasi lainnya.

Fungsi NFC Terdapat Pada Smartphone yang Jarang Diketahui

Usai mengetahui cara aktfikan fitur NFC pada smartphone, maka kegunaan dari NGC sendiri yang jarang diketahui banyak orang, meskipun ada yang sudah paham dengan fitur tersebut. oleh karena itu akan membahas tentang cara menggunakan NFC di smartphone Android.

Transfer Data

NFC bisa digunakan untuk transfer data pada ponsel ke ponsel lainnya. Transfer data tersebut diantaranya kirim gambar, video, dokumen, aplikasi kalau bisa dikirim, dan masih banyak lagi.

Transaksi Berbasis e-Money

Selain itu NFC sendiri memiliki fungsi ntuk pembnbayaran atau NFC Payment. Untuk fitur ini bisa sangat mudah untuk melakukan pembayaran, kalau anda sedang transaksi maka tidak perlu uang tunai tapi cukup dengan NFC maka bisa membayarkan tagihan anda pada toko tersebut.

Baca Juga : HP yang Cocok Untuk Game Berat Terbaik 2020

Pemberitahuan Posisi Suatu Tempat

Fitur canggih ini memang sangat bisa memberitahukan kalau posisi anda sekarang. Dimana hal ini bisa dilakukan dengan check in menggunakan sistem LBS atau biasa disebut dengan Location Based Service. NFC tag terdapat empat tempat. Semisal pada saat anda datang ke toko, lalu anda menggunakan NFC maka tag akan berikan informasi lokasi toko.

Jalankan Tugas Khusus

Selain kegunaan diatas masih bisa dimanfaatkan untuk beragam macam pekerjaan yang cukup rumit. Salah satunya dengan cara kirimkan ucapan ‘selamat pagi’ untuk teman-teman anda. Hal ini perlu anda program di NFC tag. Oleh karena itu maka anda tidak usah repot-repot ketik pesan secara manual.

Buka Aplikasi Secara Otomatis

Fitur NFC sangat memungkinkan untuk beragam macam fungsi. Fitur ini juga bisa membuka aplikasi resep dengan menggunakan tap pada smartphone berbasis NFC tag yang sudah dipasangkan di dapur. Selain itu anda juga bisa putar musik dengan mudah.

NFC Tag

Menggunakan NFC Tag maka menggunakan beragam kegiatan sangat penting. Dalam penyesuaian alrm pada smartphone anda, masuk pada aplikasi tertentu. Sedangkan untuk fungsi aktifkan Bluetooth, wifi atau volume sampai dengan pengaturan tingkat kecerahan maka bisa dilakukan  tanpa nyalaman HP dan juga tanpa pilih menu.

Fitur NFC tag ini pengguna bisa mudah untuk merubah mode senyap, dimana hanya melakukan tap pada smartphone berbasis NFC. Sedanbgkan orang lain yang datang keruma dan menggunakan wifi bisa hubungkan password mereka dan tersimpan hanya dengan NFC tag saja. Cukup mudah bukan?

Berbagai kegunaan fitur NFC sudah dijelaskan dan bagi anda yang belum mengetahui lebih dalam. Maka bisa mendalami uraian ini dan praktekan dengan ponselmu yang memiliki fitur tersebut.

Tambahan

Cara menggunakan NFC untuk pembayaran

Pastikan anda sudah install e-walet di HP dan sudah login beserta saldo masih ada

Aktifkan NFC di HP anda seperti diatas tadi

Sudah aktif tinggal letakan atau posisikan HP ke alat pembayaran yang disediakan di autlate anda belanja

Baca juga: Cara menggunakan kartu brizzi

Nah, sangat mudah kan menggunakannya dan saat ini mulai banyak HP yang sudah support NFC untuk memudahkan pembayaran menggunakan e-Wallet seperti dana, ovo, brizzi, linkaja dan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.