backup data pribadi agar aman

Backup Data Pribadi Agar Aman di Google Drive Saja

Bagaimana cara backup data pribadi agar aman?

Wah, kalau sudah menyangkut dengan data pribadi. Ini tentunya sangat penting buat di backup

walaupun sekarang ini kita sudah dimudahkan dengan adanya Smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Belum lagi kita juga menambah memori ekternal dengan ukuran jumbo

Sebenarnya kalau urusan menyimpan data dari segi kapasitas, kita sudah tidak di pusingkan lagi. Karena memang untuk memori dan juga hardisk saat ini sudah semakin terjangkau harganya

Tapi, apakah backup di memori dan hardisk saja sudah aman? Yaa masih belum lah, jika kita membiacarakan soal keamanan data, pasti akan sedikit kawatir dengan serangan virus waranciy ransomware.

Yang cukup meresahkan pengguna komputer desktop. Belum lagi jika memori tiba-tiba rusak ( Baca juga: cara merawat memori handphone agar awet )

Dari beberapa permasalahan diatas, disinilah solusi cara backup data pribadi agar aman. Dengan menggunakan layanan Google Drive, kita bisa membackup dat kita secara online dan gratis

 

Backup data pribadi agar aman dengan Google Drive

Google drive merupakan sebuah layanan yang disediakan Google demi menjaga data pribadi secara online.

Yang biasa disebut Cloud Storage atau penyimpanan awan, penyedia jasa penyimpanan online. Jika anda menggunakan penyimpanan online, resiko kehilangan data pribadi bisa di minimalisir. Denagn cacatan anda tetap bisa mengakses penyimpanan online tersebut.

Hal ini perlu dilakukan, mengingat penyimpanan secara lokal offline rentan mengalami kerusakan atau kemungkinan terhapus.

Misalnya anda menyimpan data seperti foto, video, atau file dokumen lainnya di memory handphone. Tiba-tiba memori handphone anda rusak, apa yang terjadi? anda akan kebingungan mengingat data itu sangat penting.

Dalam kesepatan kali ini saya akan membahas mengenai penyimpanan online yang disediakan oleh Google Drive. Bukan hanya bisa menyimpan data dari Hanphone saja, anda pengguna PC maupun laptop juga bisa menikmati layanan ini. Karena berbasis web server yang memungkinkan semua pengguna yang terhubung ke internet.

Bagi Anda yang menggunakan handphone android bisa mengunduh aplikasi Google Drive disini. Dengan menggunakan aplikasi yang terpasang di Hanphone akan lebih mudah melakukan backup data.

 

Cara menggunakan layana Google Drive untuk backup data pribadi

Agar anda bisa menikmati fiturnya, anda cukup mendaftar Email Gmail, untuk daftar melalui laptop baca Cara Mudah buat Email Gmail baru dengan cepat

Sedangkan untuk mendaftar melalui Hanphone Android bisa baca Cara buat Email baru di android sangat mudah

Jika sudah memiliki akun Email dari Gmail, maka secara otomatis anda sudah bisa menikmati penyimpanan online gatris sebesar 15GB.

Jika merasa kurang anda bisa meningngkatkan layanan dengan berbayar sesuai kapasitas yang diinginkan.

Selanjutnya bisa mengunggah data pribadi anda dan juga bisa download sewaktu-waktu dengan catatan login menggunakan akun yang sama dengan yang ada daftarkan.

Tanpa akun terlogin ke Google Drive pun sebenarnya juga bisa, tapi harus ada pengaturan sharing untuk publik

 

Bagaimana cara Upload file?

Cara backup data pribadi agara aman dengan Google Drive cukuplah mudah dengan cara sebagai berikut

Melalui Komputer

  • Buka alamat https://www.google.com/drive/
  • Klik go to drive
  • Loging dengan Email Gmail anda
  • Tinggal klik new
  • Pilih Upload file
  • Kemudian pilih file yang ingin di upload dari komputer anda.
  • Jika sudah klik upload

Melalui Handphone

  • Buka aplikasi google drive
  • Klik tombol lingkaran tanda +
  • Pilih upload
  • Pilih sesuai jenis file yang akan anda upload
  • Kemudian upload

Cara diatas hanyalah gambaran singkat, untuk anda yng ingin mengetahui cara upload secara detail bisa membaca artikel yang sudah saya siapkan juga di  Cara Upload File ke Google Drive Beserta Pengaturan yang Tepat

Sekarang anda sudah berhasil melakukan backup data anda. Jadi jika suatu saat data yang anda simpan di laptop, atau memori handphone terhapus, masih bisa mengambil simpanan online.

Semoga artikel cara backup data pribadi agar aman dengan Google Drive ini bisa membantu anda. Selamat mencoba

2 komentar untuk “Backup Data Pribadi Agar Aman di Google Drive Saja”

  1. Klao misalkan di file di back up ke google drive terus hp nya di kembalikan seperti semula/ stelan pabrik, apakah file yg di google drive akan hilang atau tetap aman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *