Cara Merawat Memory Handphone Android agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Memory di HP Android, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Hanya butuh ketelatenan dan juga mengetahui apa saja yang bisa merusak memory HP Android.

Ya, mengingat peran memory di Handphone ini sangat penting, untuk itu disini saya akan berbagi Tips Cara merawat memory Handphone Android Agar jauh lebih awet.

Memory Handphone, atau biasa disebut MMC juga biasa disebut MicroSD ini salah satu komponen handphone yang sering sekali mengalami kerusakan.

Karena setiap Handphone hampir semua menggunakan memory tambahan. Untuk itu kita perlu melakukan perawatan khusus agar awet

Selain agar memory lebih tahan lama, awet. Juga bisa meminimalisir kehilangan data di dalamnya. Bisa dibayangkan jika data penting kita yang ada di Memory Handphone lenyap gara-gara memory rusak.

Walaupun sebenarnya juga ada cara backup data android yang pernah saya bahas di artikel 3 Aplikasi Backup Data Android tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan memory di Handphone Android

 

Penyebab dan cara merawat memory handphone android

1. Sering Pasang Lepas

Seringnya anda melepas dan memasang berulang-ulang bisa memperpendek usia memory tersebut.

Karena jika keseringan agan bisa menyebabkan mengerak kehitaman di bagian kuningan memory. Hal ini bisa menghambat kinerja memory handphone Android anda.

Jika hal tersebut terjadi anda bisa melakukan pembersihan pada bagian kuningan memory. Dengan tujuan agar bisa bekerja dengan baik kembali.

Dan sangat tidak dianjurkan melepas dan memasang memory Handphone dalam keadaan hidup. Selain bisa merusak memory juga bisa mengganggu software di Handphone anda.

 

2. Gonta-Ganti di OS yang Berbeda

Apa itu OS? OS adalah Operating System yang terdapat di dalam Handphone. Misalnya OS android, Blackberry OS, dan java untuk nokia dan handphone china untuk kelas menengah kebawah.

Karena setiap OS memiliki cara tersendiri dalam mengenali memory maka akan bisa merusak memory anda.

Usahakan jangan menganti-ganti jika anda menggunakan android ingin pindah ke Blackberry OS. Sebaiknya anda pindah dulu data anda dan lakukan format di Blackberry OS agar memory bisa bekerja maksimal.

 

3. Menyimpan Dengan Benar

Jika anda melepas dan tidak memasang ke Handphone untuk beberapa waktu. Sebaiknya anda simpan dalam wadah yang baik. Agar memory tidak mengalami benturan langsung dan usahakan memory tidak geser-geser didalam wadah anda.

Terkadang ada juga yang menyimpan dalam dompet. Hal itu sangat tidak disarankan karena memory bisa mengalami tekanan dan bisa retak di bagian dalam memory anda.

 

4. Cardreader berkualitas

Untuk anda yang sering memindah data dari handphone ke komputer atau laptop disarankan menggunakan cardreader yang bagus dari segi kualitas. Karena jika menggunakan yang dibawah standard bisa memicu panas di memory anda.

Ini juga bisa memperpendek usia memory anda. Ada juga sebagian memory yang memang tidak disarankan menggunakan cardreader. Anda bisa langsung menyambungkan Handphone anda dengan USB kabel ke komputer anda.

 

5. Over kapasitas

Terlalu menyimpan banyak data di memory, sampai-sampai ada pemberitahuan “memory penuh” bahkan parahnya lagi sampai tidak bisa membuka galeri gara-gara memang kapasitas yang tersedia di memori kosong.

Untuk itu perlu anda memperbaiki dengan cara Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Memory Cepat Penuh

Demikian Cara Merawat Memory Handphone Android dan hal yang bisa merusak Memory dari saya. Point-point tersebut yang sering saya jumpai dan bisa meyebabkan kerusakan memory.

Tentunya masih banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan memory. Bisa juga memang usia memory yang sudah lama atau memang memory yang memiliki kualitas kurang bagus.

Sebaiknya anda cepat memindahkan data didalamnya jika anda merasakan hal yang aneh dengan memory anda.

Bisa berupa menjadi lambat, sering muncul notifikasi di handphone ” memory dikeluarkan ” padahal anda tidak mengeluarkannya. Semoga artikel ini bisa menjadi refrensi buat anda dan jangan lupa terus ikuti artikel menarik lainnya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.