Blogger dan Wordpress

Perbedaan Blogger dan WordPress, Apa Saja????

Halo sobat Wahanarupa, pastinya anda telah menantikan postingan artikel terbaru tentang hal terbaru yang akan disuguhkan. Kali ini akan membahas tentang perbedaan Blogger dan WordPress yang telah disuguhkan untuk anda sebagai pecinta nge-blog.

Perlu anda ketahui bahwa dunia blog sekarang sudah tidak asing bagi kalian yang ngerti soal dunia maya selain media sosial. Namun, untuk yang masih awam dengan dunia blog maka sangat penting memperhatikan perbedaan Blogger dan WordPress.

Tetapi anda yang sudah mahir dalam blogging maka sudah tidak asing dengan kata Blogger dan WordPress ini. Setiap tahun dunia teknologi memiliki kecanggihan yang sangat luar biasa, salah satunya dalam penggunaan Blogger dan WordPress ini maka bisa juga sebagai peluang bisnis untuk anda.

Disini nanti tidak membahas bagaimana cara Blogger dan WordPress menghasilkan uang, tapi lebih ke perbedaan dalam penggunaan kedua Blog tersebut.

Baca Juga : Daftar HP Terbaik Untuk Vlog yang Lebih Jernih dan Berkualitas

Inilah Perbedaan Blogger dan WordPress yang Harus Anda Ketahui

Template

Hal yang cukup mendasar ini yaitu Template atau Tema yang diterapkan dalam Blog. Untuk Blogger memiliki kebebasan dalam masalah tema ini dan juga memiliki HTML. Maka masih bisa dirubah sesuai dengan keinginan anda.

Sedangkan WordPress telah menggunakan PHP, dimana sifat dari PHP ini lebih paten dan hanya bisa dirubah oleh orang yang cukup mahir atau ahli dalam bidang PHP tersebut. Jadi untuk masala template ini maka blogger yang cukup unggul dalam hal kebebasan memilih tema sesuka hati anda.

Wordpress
Image : WordPress
Plugin atau Widget

Dalam hal ini juga memiliki perbedaan, dimana Blogger yang menggunakan istilah Widget untuk menerapkan aplikasi ringan yang bisa ditambahkan dalam blog tersebut. Untuk WordPress telah menggunakan istilah Plugin untuk menerapkan aplikasi dalam blog tersebut.

Pada segmen ini yang paling unggul yaitu WordPress, dimana banyak developer atau perusahaan aplikasi yang sediakan plugin untuk sebuah kebutuhan manajemen website tersebut. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Sedangkan untuk Blogger cukup minim dan widgetnya juga itu-itu saja yang cukup monoton dalam penerapannya.

Hosting

Dunia blog tak lepas dari kata Hosting, dimana Hosting Blogger dan WordPress memiliki perbedaan juga meskipun sama-sama memiliki penerapan yang sama. Lantaran Blogger telah sediakan Hosting gratis untuk anda sebagai penggunanya dan tidak memiliki keterbatasan.

Namun jika Hosting diterapkan dalam WordPress maka juga menyediakan hosting gratis dengan kapasitas yang cukup minim dan tidak leluasa seperti milik Blogger. Tetapi pada saat untuk tingkat selanjutnya maka anda ingin merubah blog menjadi domain TLD maka otomatis blog pada wordpress harus sewa hosting di pihak ketiga.

Lebih enaknya menggunakan hosting blogspot yang terdapat di blogger bisa digunakan secara gratis dan memiliki kapasitas tidak ada batasan , jika anda ingin mengganti blog menjadi blog TLD sekalipun. Adapun kelemahan dari blogger yang menyediakan hosting gratis, jika suatu hari ada hal yang melanggar peraturan maka siap-siap blog anda akan di hapus dan tidak ada pemberitahuan terlebih dulu.

Blogger new
Image : Blogger
SEO

Tentang SEO ini tidak bisa dipastikan mana yang lebih baik Blogger  atau WordPress. Dimana SEO yang diterapkan dalam Blogger maupun WordPress bisa saja masuk dalam page pertama oleh Google dan juga bisa bleset tidak masuk dalam page pertama. Masing-masing memiliki pengaruh dalam kualitas SEO sebuah blog.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan Ditengah Artikel Template Valid AMP HTML

Pengaturan Blog

Perlu anda ketahui bahwa dalam penggunaan blogspot ini lebih mudah dan juga simple untuk pengaturannya. Hal ini telah menjadi alasan untuk para bloging lebih suka menggunakan blogger dibandingkan dengan WordPress.

Namun dalam pengaturan WordPress masing-masing telah dipisah dari kode untuk heade.php, footer.php, plugin serta masing banyak lagi. Terkadang juga kode yang telah ditampilkan tak sama pada saat melihat page info dari browser tersebut.

Nampaknya masih banyak yang termasuk perbedaan Blogger dan WordPress, namun inti dari perbedaan tersebut seperti diatas. Bila anda ingin ngeblog sebagai pemula maka bisa menggunakan Blogger atau Blogspot terlebih dulu.

Jika sudah mahir maka bisa lanjut ke WordPress, namun kebanyakan orang yang sudah menggunakan WordPress maka sudah di tindak lanjuti sebagai bisnis website. Semoga informasi ini membantu anda dalam menggunakan Blog yang sesuai dengan passion anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *