5 Cara Bijak Mengelola Gaji Pertama

Kamu pekerja pemula? Pasti senang banget dong begitu melihat saldo rekening bertambah ketika menerima gaji pertama. Tentunya kamu merasa puas dan bangga telah bisa menghasilkan uang sendiri.

Euforia gaji pertama tentunya diiringi dengan keinginan kamu untuk menyenangkan diri sendiri sebagai imbalan atas kerja kerasmu. Mulai dari makan enak setiap hari, rekreasi, beli gadget baru, shopping, mentraktir teman-teman, dan lainnya.

Tapi ingat, kamu harus berhati-hati dalam membelanjakan gaji pertamamu agar uangmu tidak habis sebelum menerima gaji selanjutnya.

Tips berikut akan membantumu untuk Ini Cara Bijak Mengelola Gaji Pertama kamu agar tak menguap sia-sia.

1. Buatlah Anggaran Bulanan. Jangan Merasa Kaya Saat Gajian Tiba

Cara Bijak Mengelola Gaji Pertama

Saat menerima gaji, kamu akan merasa kaya dan ingin menghabiskan uangmu untuk membeli ini dan itu. Ingat, gajimu tidak hanya untuk kesenanganmu saat ini.

Masih banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi sampai menerima gaji berikutnya. Langsung sisihkan sebagian gajimu untuk ditabung, untuk orang tua, membayar tagihan, dana darurat, serta lainnya.

Buatlah anggaran bulanan agar gajimu lebih terkontrol, misalnya:

20% untuk tabungan dan investasi

10% untuk orang tua

40% pengeluaran rutin

10% pengeluaran pribadi

20% untuk sedekah dan bayar hutang/ cicilan, serta dana darurat. Jika masih ada sisa, masukkan dalam tabungan.

Jumlah tersebut tidak bersifat mutlak. Kamu bisa membuat anggaran sendiri sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Buatlah Rekening Khusus Untuk Menabung

Salah satu kebiasaan buruk adalah menabung menggunakan sisa-sisa rupiah yang kita miliki. Kebiasaan tersebut harus segera dihilangkan.

Segera tabung sebagian gajimu di rekening khusus sesuai dengan anggaran yang telah kamu buat. Tidak perlu membuat ATM untuk rekening tersebut agar kamu tidak tergoda untuk mengambilnya.

Selain menabung, kamu juga harus memikirkan untuk mulai berinvestasi. Mengapa? Karena uang yang kamu tabung di bank tidak akan bertumbuh. Berbeda dengan investasi, dimana uangmu akan berkembang dari tahun ke tahun.

Tentukan tujuan investasimu dan sesuaikan dengan kemampuan. Jika kamu memiliki gaji kecil, kamu bisa memilih investasi reksa dana pasar uang untuk jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang, kamu bisa memilih investasi logam mulia/ emas. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan memilih produk investasi.

3. Bawa Uang Tunai Secukupnya, Minimalisir Penggunaan ATM dan Kartu Kredit

Jika kamu membawa uang tunai berlebihan, kamu akan cenderung tergoda untuk menghabiskannya. Bawalah uang tunai secukupnya. Hal tersebut bukan berarti kamu membawa sedikit uang tunai, tapi bebas melakukan pembayaran menggunakan ATM dan Kartu Kredit.

Kamu bisa menggunakan amplop untuk masing-masing kebutuhan sesuai anggaran. Kamu harus berhemat dan bijak menggunakan uang yang ada. Jangan sampai isi amplopmu kosong sebelum akhir bulan.

Nah, kalau sampai akhir bulan masih ada sisa di amplopmu, berikan reward untuk dirimu sendiri karena bisa berhemat. Gunakan 50% sisa amplop untuk reward, kamu bisa bersenang-senang dengan uang tersebut. Sedangkan 50% nya bisa kamu masukkan ke dalam tabungan.

4. Catat Setiap Pengeluaranmu

Catat semua pengeluaranmu mulai dari yang besar sampai yang kecil-kecil. Bukan bermaksud pelit loh ya. Kamu akan tahu untuk apa saja uangmu. Hal ini penting untuk kamu gunakan sebagai bahan evaluasi. Pada bulan berikutnya, kamu bisa memangkas pengeluaran tidak penting bulan ini.

5. Jangan Mudah Tergoda Untuk Kredit Barang

Kebiasaan buruk yang perlu kamu hindari adalah kredit barang, baik berupa gawai baru, motor/ mobil baru, atau lainnya. Ingat ya, kredit itu terasa mudah di awal tetapi cicilannya akan terasa memberatkan. Apalagi untuk kendaraan yang nilainya menurun. Selain bayar cicilan, kamu harus bayar pajak kendaraan.

Baca juga: Kamu masih kuliah? Mau investasi bisa kok. Begini Caranya

Pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan kredit. Apakah barang yang akan kamu kredit benar-benar kamu butuhkan ataukah hanya untuk gengsi semata.

Yuk, mulai bijak dalam mengelola gaji mulai sekarang. Tips tersebut bisa juga kamu terapkan untuk gaji kedua dan seterusnya loh. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. Sandy Anugerah