Home » Tekno » Cara Cek Pengiriman Shopee Terbaru

Cara Cek Pengiriman Shopee Terbaru

Halo kak, saat ini banyak sekali Ecommerce di Indonesia yang sangat populer dan lagi trend untuk berbelanja secara online. Apa saja Ecommerce? Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Blibli, dan tidak ketinggalan yaitu Shopee.

Banyak orang membuka toko maupun berbelanja di beberapa Ecommerce di Indonesia ini. Namun, saat ini akan dibahas tentang cara cek pengiriman Shopee dan berbagai hal yang berhubungan dengan Ecommerce satu ini.

Shopee memiliki banyak produk yang sudah dijual dari dalam negeri maupun luar negeri dengan harga yang cukup terjangkau. Jika anda sebagai pembeli maka harus kalian perhatikan toko mana yang cocok untuk produk yang ingin anda beli.

Pastikan anda memilih dengan adanya tanda ‘star seller’ yang menandakan bahwa toko tersebut sudah banyak yang order atau pesan disana. Meskipun demikian yang tidak ada tandanya juga bisa dipercaya untuk produknya.

Perlu anda ketahui bahwa pengiriman produk sesuai dari mana lokasi toko tersebut. Kalau masih di dalam negeri kemungkinan kurang lebih 1 minggu, jika luar negeri dan biasanya dari China perkiraan produk datang kurang lebih 2 minggu. Lantas bagaimana cara cek pengiriman di Shopee?

Ecommerce Shopee telah bekerjasama dengan berbagai macam ekspedisi diantaranya yaitu ShopeeXpress, JNT, JNE, NinjaExpress, sicepat, Pos Indonesia, GrabExpress dan Gosend.

Cara Cek Pengiriman Shopee

Pertama, anda harus membuka halaman saya di Aplikasi Shopee. Kemudian masuk di bagian profil anda. Tampil seperti berikut

Setiap pembelian di Shopee ada beberapa tahapan seperti diatas, Mulai dari belum dibayar, dikemas, dikirim dan beri penilaian

Belum dibayar, yang artinya anda harus membayar dulu jika belum maka status pembelian akan masuk di menu ini

Dikemas, anda sudah bayar maka barang akan mulai di verifikasi penjual yang masih dikemas atau menunggu penjemputan kurir

Dikirim, barang sudah masuk atau dibawa kurir yang artinya masih dalam perjalanan menuju alamat anda. Untuk melacak sampai dimana kirimannya, berikut ini caranya

Kedua, klik Dikirim untuk melacak pengiriman

Ketiga, klik menu pesanan yang anda ingin lacak

Keempat, pilihlah Lacak pada halaman rincian pesanan, nanti ada status pengiriman barang yang akan menuju ke alamat yang sudah anda cantumkan untuk pengiriman.

Catatan:

  1. Bila pada status pengiriman yang terdapat di aplikasi Shopee akan diberikan secara langsung oleh system pihak jasa kirim. Jika ada kendala yang tidak diinginkan pada system jasa kirim, maka pihak Shopee bisa membantu dengan cara konfirmasi status pengiriman kepada pihak jasa kirim yang telah didukung pihak Shopee.
  2. Detail status pengiriman bisa saja dipantau menggunakan aplikasi Shopee bila terjadi seperti berikut: penjualan kirimkan pesanan yang menggunakan jasa kirim yang telah didukung pihak Ecommerce. Tidak itu saja, pihak penjual masukkan nomor resi pengiriman ke aplikasi Shopee dan nomor resi pengiriman terlacak pada sebuah system jasa kirim.
  3. Apabila pada aplikasi Shopee tak terdapat nomor resi pengiriman, maka anda bisa langsung hubungi penjual melalui fitur chat di aplikasi Shopee. Nantinya pesanan pembeli akan dibatalkan jika resi pengiriman belum terlacak sampai masa pengemasan berakhir.
Masa Pengemasan (Dikirim Dalam)

Pada masa pengemasan (Dikirim Dalam) adalah sebuah perkiraan lama waktu pengemasan yang telah dibutuhkan pihak penjual untuk siapkan barang sampai dengan produk yang siap kirim.

Perlu anda ketahui bahwa untuk seluruh produk yang bukan Pre-Order maka masa pengemasan kurang lebih 2 hari. Sedangkan untuk produk yang masih Pre-Order maka masa pengemasan sekitar 7-15 hari.

Perlu digaris bawah bahwa pihak Shopee sudah melakukan penyesuaian pada hari Sabtu, Minggu, Libur Nasional dan Non-operasional jasa kirim tidak termasuk dalam masa pengemasan. Dimana hari operasional jasa kirim sesuai dengan kebijakan expedisi untuk pengiriman produk untuk ke konsumen.

  • JNE Hari Operasional Senin – Sabtu
  • Pos Kilat Khusus hari Operasional Senin – Jumat
  • GoSend Instant Delivery hari operasional Senin – Minggu
  • J&T Express hari Operasional Senin – Minggu
  • SiCepat Express hari Opersional Senin – Minggu

Pihak penjual juga harus memastikan kalau resi pengiriman sudah terdata pada nomor pesanan sebelum masa pengemasan berakhir, dan resi pengiriman sudah terlacak oleh pihak jasa kirim paling lama sekitar 2 hari usai masa pengemasan. Pihak pembeli juga bisa ajukan pengembalian dana apabila status pesanan masih memiliki status ‘Dikemas’.

Cek Status Pesanan Shopee

Pada segmen ini maka anda bisa lakukan yang pertama yaitu pada daftar notifikasi  di aplikasi Ecommerce tersebut. Kemudian nanti akan muncul daftar terbaru di order yang anda maksud. Pada kategori ini maka bisa langsung diketahui kapan pembayaran telah di konfirmasi dan juga kapan proses pengirimannya, jadi kita tahu perjalanan produk yang sudah kita pesan.

Jika anda menggunakan menu purchase maka akan lebih mudah mengetahui proses pesanan anda. Dalam menu tersebut sudah tersedia proses tunggu pembayaran lunas dan sekaligus untuk konfirmasinya.

Selain itu juga ada keterangan produk sudah dikirim atau belum, jika sudah dikirim maka pembayaran sudah beres, tinggal pihak penjual siapkan pengemasan untuk dikirim ke expedisi yang sudah kerjasama dengan toko tersebut.

Seperti cara pertama diatas, selain itu juga bisa cek manual sesuai ekpedisi yang digunakan. Sperti contoh disini kami menggunakan JNE

Bisa cek sebagai berikut

Copy resi di shopee, dengan masuk di status pesanan

Lanjut, buka browser di HP anda dan bisa langsung ketik alamat www.jne.co.id seperti gambar berikut

Masukkkan nomor resi, dan tekan lacak. Nanti akan ada detail kiriman anda sampai dimana. Kadang status ini tidak sinkron, aplikasi shopee telat update

Kemudian kalau sudah memiliki tahap tersebut maka dari ekspediri sudah laporkan kalau paket sudah diterima, dan tugas kita hanya konfirmasi saja. Hal ini supaya dana pembelian diberikan kepada penjual. Kalau terjadi pembatan maka transaksi cancel dan kemungkinan stok habis atau dengan alasan lain.

Penyebab Pembayaran Shopee Belum Terverifikasi
  1. Anda belum upload bukti transfer ke pihak penjual
  2. Bisa saja bukti transfer yang anda kirim buram atau kurang lengkap
  3. Selain itu juga pembayaran produk dalam 1 pesanan secara terpisah
  4. Pada saat pembayaran yang telah anda lakukan tidak sesuai nominal yang sudah ditotalkan oleh pembayaran Shopee
  5. Pembayaran untuk banyak orderan telah digabungkan dalam 1 kali transfer.
Solusi Pembayaran Shoppe yang Belum Terverifikasi
  1. Kalau ada hal seperti ini maka anda bisa langsung hubungi Costumer Service Shopee
  2. Jika sudah transfer maka anda harus foto bukti pembayaran dan dikirimkan sesuai dengan yang diperintahkan oleh Shopee.
  3. Kemudian pihak Customer Service Shopee akan membantu tindak lanjut masalah anda.
  4. Sudah anda lakukan semua maka tinggal tunggu diproses oleh pihak Shopee.
Catatan Untuk Anda Tentang Pembayaran di Shopee

Proses verifikasi pada saat pembayaran untuk sesame ataupun beda bank maka butuhkan proses 1 hari usai unggah bukti transfer.

Selain itu pada saat anda melakukan pembayaran dengan proses verifikasi secara otomatis tidak harus upload bukti transfer, maka bisa gunakan metode pembayaran Virtual Account, ShopeePay, Cicilan Kartu Kredit, Kartu Kredit dan Indomaret.

Jika pada proses verifikasi pembayaran gagal maka upload ulang bukti transfer.  Setelah itu maka wajib upload semua bukti pembayaran dalam 1 foto. Perhatikan juga bahwa pada saat transfer maka masukkan deskripsi transfer dengan nama username Shopee anda supaya proses lebih dipercepat dalam verifikasinya.

Pada keterangan diatas semoga memberikan informasi yang lebih lengkap untuk cara cek pengiriman Shopee dan juga melacak status pembayaran yang sudah terverifikasi atau belum. Saat ini memang untuk media pembayaran online harus berhati-hati dan pastikan memiliki keterangan yang jelas supaya tidak ada perselisihan data dan proses cepat dalam pengiriman kalau sudah dilakukan pembayaran.

Baca juga: Cara tarik dana masuk 2x di bukalapak

Demikian ulasan tentang cara cek pengiriman Shopee dan semoga anda selalu mendukung Ecommerce di Indonesia supaya lebih berkembang. Selain itu juga mampu mengatasi berbagai kendala yang sudah dikeluhkan oleh setiap orang yang pesan pada Ecommerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.