no comments

Cara Merawat Printer Agar Awet dan Kualitas Cetak Bagus

Wahanarupa.com – Tips cara merawat Printer agar awet dan kualitas cetak tetap bagus sebenarnya tidaklah terlalu sulit, yang diperlukan hanyalah perawatan rutin dilakukan untuk menjaga kualitas Printer tetap bagus untuk mencetak.

Jika anda telah membeli Printer baru, maka perlu dilakukan perawatan rutin yang akan dibahas di artikel ini agar printer tetap awet. Mengingat printer rentan sekali dengan kerusakan.

Baik rusak berupa hasil cetak yang mulai pudar atau tidak sempurna. Atau mungkin kerusakan yang lainnya.

Printer yang saat ini bisa di bilang kebutuhan, baik untuk perkantoran atau untuk pribadi di rumahan. Seperti artikel yang juga pernah saya bahas  tentang beberapa printer cocok untuk rumahan dan mahasiswa.

Jika anda tidak rutin melakukan perawatan bisa mengakibatkan printer mudah rusak, dan jika itu terjadi, siap-siap untuk mengeluarkan biaya perbaikan.

Nah, tidak mau kan jika waktu penting saat ingin mencetak dokumen atau foto tiba-tiba printer rusak dan harus melakukan perbaikan?

Berikut ini tips cara merawat printer agar awet dan kualitas hasil cetakan tetap bagus. Lakukan tips dibawah ini secara rutin agar printer performanya tetap terjaga awet dan tahan lama.

Cara Merawat Printer Agar Awet dan Kualitas Cetak Bagus

Tips merawat Printer agar awet dan tahan lama kualitas cetak tetap bagus

1. Gunakan printer secara rutin dan teratur

Usahakan setiap hari digunakan untuk mencetak walaupun hanya untuk mencetak sedikit dokumen. Cara ini bertujuan agar tinta yang ada di head tidak kering dan juga tinta bisa mengalir dengan baik, apalagi untuk printer yang di infus.

2. Menghindari cetak over

jika anda mencetak dokumen yang berjumlah banyak hingga ratusan. Usahakan jangan langsung sekali print. Bagi beberapa periode, misalnya istirahatkan beberapa menit setelah berhasil mencetak 40 lembar. Cara ini bertujuan agar head printer tidak jebol karena di forsir kinerjanya.

3. Menjaga kebersihan Printer

Cara merawat printer agar awet dan kualitas tetap bagus selanjutnya yaitu, menjaga kebersihan printer. Usahakan printer terhindar dari debu, tutup printer jika tidak digunakan dan bersihan printer dari debu yang lembut. Karena aliran head pada cardtridge sangat rentan rusak akibat tersumbat kotoran debu.

4. Mematikan printer dengan baik dan benar

Jangan matikan printer secara paksa dengan mencabut kabel power langsung. Matikan printer dengan cara menekan tombol power dan cabut kabel power ketika printer sudah benar-benar mati.

Karena ketika anda menekan tombol power, printer tidak akan langsung mati, namun terlebih dulu melakukan cleaning membersihkan head dari sisa-sisa tinta.

Hindari juga kondisi kabel power yang terus terhubung ke colokan listrik, terkadang kita membiarkan terhubung tidak pernah dilepas, hal ini bisa saja memperpendek usia power suplay yang ada di dalam printer

5. Mengontrol kertas yang anda gunakan

Untuk menjaga printer agar awet penggunaan kertas yang bersih dari tempelan debu juga penting, jika menggunakan kertas yang mengandung debu akan berdampak ke head print yang bisa tersumbat.

Selain itu penggunaan kertas yang berkualitas bagus juga bisa membuat printer semakin awet. Misalnya anda menggunakan kertas dengan permukaan kasar, ini juga bisa menyebabkan head printer cepat jebo dan akhirnya printer jadi bocor.

6. Pemasangan kertas saat akan mencetak pastikan rapi

Karena jika susunannya miring kurang rapi bisa saja terjadi slip dan membuat roller bermasalah. Selian itu pastikan kertas kering dan tidak lengket kertas satu dengan yang lain.

7. Penggantian tinta refil yang bagus

Ketika anda menggunakan printer dengan tinta isi ulang, gunakan merk tinta yang bagus dan usahakan tidak gonta ganti merk. Karena ke cairan tinta tipa merk yang berbeda bisa saja mengakibatkan head printer bermasalah.

8. Pengisian tinta secara berkala

Jangan sampai kehabisan khsusnya untuk printer yang menggunakan infus, dan jangan lupa buka penutup lubang di infus dan tutup kembali jika proses penggunaan printer sudah selesai.

Selain perawatan diatas, anda juga bisa membaca dari buku panduan yang sudah ada ketika anda membeli printer baru.

Karena setiap merk dan tipe perawatan printer agar awet bisa saja berbeda. Cara diatas tersebut bisa dibilang cara yang umum dilakukan demi merawat printer agar awet dan kualitas cetak tetap bagus.