Cara Reset Printer Brother DCP-L2540DW Setelah Isi Ulang

Cara Reset Printer Brother DCP-L2540DW Setelah Isi Ulang

Cara Reset Printer Brother DCP-L2540DW Setelah Isi Ulang – Seperti printer tipe lain, printer Brother DCP-L2540DW juga perlu melakukan reset ulang, Reset ulang dilakukan jika sudah melebihi batas pencetakan.

Melakukan reset dengan tujuan untuk mengembalikan pengaturan awal sehingga ketika kita mengganti atau melakukan refil bisa terbaca baru kembali.

Ketika tinta atau serbuk sudah habis, jika tidak dilakukan reset maka printer tetap akan membaca bahwa kondisi tinta masih kososng, walaupun sebenarnya sudah diisi ulanga atau diganti.

Untuk Jenis printer Brother DCP-L2540DW ini, sebenarnya cukup mudah untuk melakukan reset sesudah melakukan isi ulang atau refil serbuk tinta.

Seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya bagaimana cara mengisi ulang serbuk tinta di printer Brother DCP-L2540DW 

Sudah berhasil isi ulang, maka ketika anda memasang kembali tabung atau dump ke badan printer. Dilayar akan terbaca tuner kosong.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan reset seperti cara dibawah ini

Langkah-langkah reset Printer Brother DCP-L2540DW

  • Pasang tuner atau catridge yang sudah diisi, tutup penutup depan seperti semula
  • Hidupkan  Printer Brother DCP-L2540DW
  • Akan tmpil di layar bahwa tinta kosong, kemudian buka kembali penutup tuner
  • Perhatikan di layar akan tertulis cover is open
  • Selanjutnya tekan tombol ” OK ” dan tahan hingga muncul seperti gambar dibawah ini

Cara Reset Printer Brother DCP-L2540DW Setelah Isi Ulang

  • Selnjutnya tekan tombol ” START ” warna hijau
  • Dilayar akan blank putih saja, silahkan tekan tombol ” plus ” satu kali hingga muncul anga 00
  • Selanjutnya tekan tombol ” minus ” satu kali saja hingga dilayar muncul angka 01
  • Jika sudah tekan tombol ” OK
  • Selanjutnya silakan tutup kembali penutup tuner atau cartridge
  • Restart printer

Sekarang printer Brother DCP-L2540DW akan membaca tuner tinta penuh dan tulisan tinta kosong akan hilang dengan sendirinya. Jika dilakukan cara diatas tetap masih belum terbaca tinta penuh.

Silahkan melakukan proses ulang hingga berhasil, Tapi hal itu sangat jarang terjadi jika tuner masih dalam keadaan bagus

Nah, dengan begitu seharusnya printer sudah bisa bekerja normal kembali. Selamat mencoba dan semoga berhasil seperti yang sudah sering saya lakukan di printer Brother DCP-L2540DW.

26 komentar untuk “Cara Reset Printer Brother DCP-L2540DW Setelah Isi Ulang”

  1. untuk mesin yang sekarang sepertinya beda mas… saya kemaren habis refill toner, tanpa reset bisa dipake, cuma mesinnya ngga bisa detect toner yang baru diisi, jadi saat cek usia toner udah habis… yang kedua dilayar setiap kali habis pake copy muncul teks ganti toner, tapi begitu ditekan mulai bisa buat cetak… adakah cara lain mas? saya baca buku di panduan ngga ada… terimakasih

  2. Mas pnyaq brothèr jg ketika buat primt atau foto copy macet dan ada keterangan geser drum warna hijau.sdh sy lakukan bz cm sbntr kembali lagi.gmn solusinya mas

  3. Kalau drum nya yg sudah habis masa pakainya gmna ya mas? Kalau sekarang sih kalau d cek di umur komponen masih 80%, tp nnti kalau sudah 0% gmn ya caranya mas, apa sudah pernh ngalami sbelumnya? Terimakasih mas..

  4. mas mau tanya, saya menggunakan brother DCP L 2540 DW, kenapa hasil nya kurang terang, bagian pinggir kanan dan kiri nya pudar bahkan gak hilang,
    saya juga sudah ganti catridge yang baru, hasil nya tetap sama
    mohon solusinya
    terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *