Cara Scan Dokumen dengan Android Sangat Mudah

Scan dokumen? Mungkin dari anda masih kesulitan bagaimana cara menscan dokumen atau gambar apapun itu langsung dari HP android

Jika biasanya kita melakukan scan dokumen harus menggunakan printer scanner, tapi untuk tips ini kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi di ranah Smartphone. Kita bisa merubah file hardcopy menjadi softcopy yang bisa kita gunakan sewaktu-waktu

Sebenarnya untuk melakukan scan gambar, foto, maupun dokumen bisa kita lakukan dengan mudah. Baik menggunakan aplikasi scan PDF maupun aplikasi serupa. Dan kita juga bisa scan tanpa aplikasi loh

File dokumen nantinya akan kita rubah menjadi softcopy yang berupa file PDF. Nantinya bisa kita simpan dan sebar luaskan atau mungkin memang anda butuhkan untuk syarat melamar kerja misalnya

 

Keuntungan scan dokumen dengan Android

Nah, sedikit kasus seperti dibawah ini, cara scan dokumen dengan HP android ini bisa sangat membantu ketika keadaan mendesak. Sebenarnya gak hanya dari android sih, bisa anda aplikasikan di HP lain yang bisa atau memiliki fitur requement minimum agar bisa scan

Melakukan scan bisa dilakukan ketika melihat pengumuman, atau ingin mengirim data berupa dokumen penting. Tapi tidak sempat ke tempat foto copy atau percetakan untuk melakukan scan?

Jika anda pernah mengalami hal serupa mulai sekarang tidak perlu repot-repot lagi. Ya, hanya bermodalkan Smartphone android sudah bisa membuat soft copy dokumen berupa PDF.

Sebenarnya sudah banyak aplikasi scan PDF yang fungsinya untuk melakukan scan dokumen. Tapi bagi yang tidak ingin menambah-nambah lagi aplikasi dengan alasan bisa memperkecil RAM smartphone.

Bisa menggunakan teknik ini, melakukan scan dokumen hanya dengan bantuan kamera dan aplikasi drive yang kebanyakan sudah ada bawaan smartphone.

Banyak sekali keuntungannya menggunakan aplikasi drive, jika belum memiliki bisa baca artikel mengenai Google Drive Solusi Aman Menyimpan Data.

Dan juga bisa membaca artikel lainnya yang membahas bagaimana cara membagi dan download file, silahkan baca Upload File ke Google Drive Beserta Pengaturan yg Tepat. Jika sudah memiliki akun dan sudah bisa mengakses Drive, langkah melakukan scan dokumen bisa dilakukan sebagai berikut ini.

 

Scan dokumen tanpa aplikasi dari android

Pertama Buka aplikasi Drive
Pilih new seperti logo dibawah ini

Selanjutnya persiapan untuk melakukan scan, sebelumnya atur posisi dokumen yang akan di scan dan pastikan pencahayaan yang bagus agar hasilnya jiga bagus.

Melakukan scan dokumen menggunakan kamera android hasilnya dipengarui dengan hasil jepretan kamera handphone yang digunakan.

Setelah menekan seperti gambar diatas, akan muncul jenis file, pilih saja scan ( logo kamera ). Posisikan kamera dan dokumen agar bisa menghasilkan gambar yang basgus.

Jika sudah merasa mendapat hasil yang terbaik, tinggal menekan shoot tombol bulat biru, maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya tinggal melakukan pengaturan agar tampilan lebih jelas dan sesui dengan yang diinginkan. Perhatikan bagian yang sudah ditandai yang berfungsi sebagai berikut.

 

Menu pengaturan scan dokumen
  1. Crop: Tombol berfungsi untuk memotong bagian yang tidak diinginkan dari hasil jepretan tadi.
  2. Color Palate: bisa digunakan untuk pengaturan pewarnaan dari hasil jepretan. Dimenu ada pilihan ( none, black & white, color, color drowing ) silahkan pilih yang terbaik untuk hasilnya.
  3. Menu: berisi pilihan seperti delete page, rename, rotation , dan pengaturan yang berfungi untuk mengatur ukuran kertas dan kualitas yang diinginkan silahkan di pelajari lebih lanjut dari menu ini.

 

Hasilnya seperti dibawah ini, lakukan sesui urutan untuk menghasilkan scan yang berupa file PDF

Seperti gambar diatas bisa melakukan pengaturan crop, ukuran kertas dan atau mengganti nama, selanjutnya bisa memilih warna dokumen PDF. Jika dirasa sudah cukup melakukan pengaturan.

Perhatikan layar bagian bawah yang ada tiga tombol pilihan dimana tombol + berfungsi untuk menambah scan halaman baru.

Dibagian tengah ( rol back ), ada tombol yang berfungsi untuk melakukan scan ulang jika hasil scan pertama kurang bagus. Terakhir tombol centang yang berfungsi untuk konfirmasi dan melakukan penyimpanan dari hasil scane PDF.

Sekarang scan dokumen sudah selesai dan akan otomatis upload ke Google Drive anda. Dengan begitu bisa menggunakan file hasil scan sewaktu-waktu dan juga bisa dibagikan ke orang lain dengan memberi link nya.

 

Kesimpulan:
Melakukan scan menggunakan drive lebih efisien karena tanpa aplikasi tambahan, nilai plus bagi pengguna smartphone yang tidak ingin menggunakan banyak aplikasi.

Tapi sayangnya harus menggunakan koneksi internet, untuk login ke Google Drive.

 

Tambahan aplikasi scan PDF Offline

Jika anda masih kurang puas dengan hasil diatas. Anda juga bisa menggunakan aplikasi scan PDF yang harus di install di HP. Tapi kekurangannya seperti yang sudah saya singgung diatas, akan memakan memori internal dan RAM

Tidak ada kendala soal memori, anda bisa mencoba aplikasi scan foto, atau dokumen dibawah ini

 

PhotoScan

Aplikasi ini merupakan salah satu keluaran dari Google. Dimana memiliki kemampuan lebih jika digunakan untuk menscan file foto.

Memiliki fitur yang bagus dan juga sangat simple untuk dioperasikan. Penasaran ingin mencoba aplikasi scan ini? anda bisa download langsung dari Google Play scara gratis

 

Office Lens

Salah satu pengembang software Microsoft pun tidak mau ketinggalan dengan menghasirkan aplikasi scan bernama Office Lens yang bisa nada install di Android

Dengan aplikasi ini anda akan jauh lebih mudah melakukan scan dokumen dengan bantuan handphone. Dan bagusnya lagi bisa melakukan scan dengan hasil berupa PDF, Text, Word. Yang bisa terintegrasi dengan MS. Office sehingga akan jauh lebih mudah untuk mengolah kembali

Bagaimana mudah bukan cara scan dokumen dengan android. Semoga artikel ini bisa membantu dan jangan lupa bantu share nya ya. Thanks

4 thoughts on “Cara Scan Dokumen dengan Android Sangat Mudah”

  1. Winmahdi.com

    Terimakasih, sangat membantu.

  2. pikiranku

    cara paling mudah, dengan menggunakan aplikasi camera scanner gan,

  3. Arnidah Hasibua

    Terimakasih,sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.