Cara dan Syarat Pengajuan Pinjaman Di Koperasi Lebih Mudah dan Aman

Kebutuhan seseorang tidak ada yang tahu, terkadang dari hasil gaji masih kurang digunakan berbisnis ataupun hal lain yang bisa menambah keuangan mereka. Alhasil sekarang telah tersedia Koperasi Untuk Simpan maupun Pinjam.

Dalam perkembangan usaha untuk mengikuti kebutuhan persaingan usaha, maka pihak koperasi telah sediakan produk pinjaman yang akan dikhususkan bagi anggota ataupun non anggotanya. Anda juga bisa melakukan pinjaman dana di Koperasi meskipun bukan sebagai anggota.

Baca Juga : Inilah Jaminan Kesehatan BPJS (Peserta, Manfaat, Iuran)

Namun, pada saat akan bisa mengajukan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam maka anda harus memiliki status sebagai calon anggota koperasi.

Apa saja syarat untuk melakukan pinjaman di Koperasi?

Bila anda belum menjadi salah satu anggota Koperasi, dan anda ingin meminjam uang kepada Koperasi maka harus mengetahui syaratnya terlebih dulu.

Inilah Syarat Meminjam Uang di Koperasi

Warga Negara Indonesia

Terdapat Keanggotaan akan bersifat perorangan dan bukan dalam bentuk badan hokum

Pastikan anda bisa membayar simpanan pokok dan simpanan wajib yang sesuai dengan ketentuan berlaku

Setuju dengan anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan ketentuan yang telah berlaku dalam koperasi tersebut.

Jikalau anda resmi sudah menjadi anggota dari sebuah koperasi, maka anda akan lebih mudah dalam melakukan sebuah pinjaman uang. Bila anda sebagai anggota maka bisa saja langsung ajukan pinjaman di Koperasi sesegera mungkin dengan persyaratan.

Cara Melakukan Pinjaman Di Koperasi

Memiliki status anggota koperasi atau calon anggota koperasi

Isi formulir pinjaman

Foto Copy KTP Suami Istri bila sudah menikah

Foto Copy KK, Rekening listrik, slip gaji serta Agunan.

Pinjaman Di Koperasi

Image : Ilustrasi Koperasi

Jika anda sudah melengkapi syarat umum seperti diatas, anda sebagai anggota tinggal ikuti step by stepnya sesuai dengan ketentuan Koperasi tersebut.

Bila sudah melengkapi pengajuan dana pinjaman sesuai dengan cara pengajuan proposal yang memiliki tujuan pengunaan dana, semisal digunakan untuk modal usaha ataupun kebutuhan lainnya.

Baca Juga : Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Secara Online

Nantinya pengurus koperasi akan pertimbangkan proposal yang telah diajukan untuk pinjaman anda sesuai dengan prosedur pinjaman yang memang sudah ditentukan.

Jika dalam sebuah pengajuan pinjaman sudah disetujui, maka pencairan pinjaman tersebut serta lama pengambilan akan sesuai kesepakatan yang sudah menjadi akad pinjaman dari koperasi tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa meminjam uang di Koperasi juga memiliki banyak keuntungan, dimana beban bunga yang bisa dibilang cukup rendah daripada lembaha keuangan lainnya. Inilah beberapa tipe bunga yang digunakan koperasi untuk pinjaman jangka pendek yaitu:

Bunga Flat yaitu bunga yang sering digunakan dalam pinjaman jangka pendek, dalam perhitungannya bunga dengan nominalnya selalu sama untuk setiap bulannya.

Bunga Menurun yaitu bunga yang telah dipengaruhi darei nilai pinjjaman pokok, jika semakin kecil pinjaman maka akan semakin kecil pula bunganya.

Bunga Menurun Efektif adalah sebuah metode perhitungan bunga yang memang sering kali digunakan untuk pinjaman di Koperasi. Dimana perhitungannya dari saldo akhir setiap bulannya, jadi bunga tersebut anda bayarkan menurun setiap bulannya.

Hal itulah yang membuat banyak orang ingin meminjam di Koperasi dibandingkan perbankan lainnya. Demikian ulasan tentang cara pengajuan pinjaman di Koperasi yang lebih mudah dan menguntungkan. Semoga informasi ini akan bermanfaat untuk anda yang ingin meminjam uang untuk modal usaha atau kebutuhan lainnya.

One Response

  1. Litati sugiarti