Ini Loh Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan QR Payment

Ini Loh Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan QR Payment

Dewasa ini, sebagian besar masyarakat tentunya sudah tidak asing lagi dengan dompet digital kekinian bernama QR Payment. Sebut saja Go-Pay, OVO, Sakuku, Dana.id, Tcash, Lazada, JD.ID, dan lainnya.

Nah, QR payment itu sendiri merupakan sistem pembayaran non-tunai yang menggunakan teknologi QR (Quick Response) Code. Penggunaannya lebih mudah daripada kartu kredit, kartu debit atau kartu pembayaran non-tunai lainnya sebab QR payment tidak perlu menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) atau alat penggesek kartu.

Pengguna QR Payment hanya perlu menscan/ memindai barcode yang ada pada aplikasi smart phone untuk transaksi pembayarannya.

Seperti yang digembar-gemborkan oleh iklan televisi maupun media lainnya, QR payment menawarkan kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran, baik pembayaran langsung pada gerai ataupun dalam perdagangan online.

Tapi, ada syaratnya loh. Saldo dalam aplikasi dompet digital harus mencukupi untuk membayar tagihan yang kita miliki. Jika saldo tidak mencukupi, maka kita tidak bisa menggunakan QR payment secara optimal.

Apa saja sih kelebihan QR Payment ini? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Praktis dan Efisien

Selain menggunakan QR payment untuk membayar transaksi pembayaran pada gerai/ merchant baik offline ataupun online, kita juga bisa membayar berbagai tagihan tagihan listrik,air, BPJS, internet, ataupun membeli pulsa.

2. Lebih aman

QR payment memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada kartu kredit, kartu debit ataupun katu non-tunai lainnya. Pengguna akan diminta memasukkan PIN ataupun kode OTP (One Time Password) setiap akan melakukan transaksi menggunakan QR payment. Selain itu, ada juga penyedia layanan QR payment yang menyarankan penggunanya untuk menyertakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) ketika mendaftarkan akun.

Nah, jika kita kehilangan handphone, maka saldo yang ada dalam dompet digital kita akan tetap aman. Kita hanya perlu men-download lagi aplikasi dompet digital pada hp lain untuk logout aplikasi pada handphone yang lama.

3. Banyak promo dan diskon

Seperti kartu kredit, aplikasi dompet digital juga memberikan berbagai macam promo, diskon bahkan juga cash back. Nah, promo-promo tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi para pengguna untuk menghemat pengeluarannya.

Baca juga: Mau buat kartu kredit? ini lho keuntungan yang akan kamu dapat

4. Bisa Top-up Saldo Dimana Saja

Untuk mengisi/ top-up saldo dompet digital bisa dilakukan melalui transfer ATM ataupun melalui mobile banking. Selain itu, pengguna juga tidak diwajibkan untuk memiliki rekening bank dulu. Kita bisa top-up saldo melalui Alfamart, Indomaret, Hypermart, aratu gerai offline lainnya. Mudah kan?

Nah, selain kelebihan yang dimiliki, QR payment juga memiliki kelemahan sebagai berikut:

1. Koneksi Internet Harus Stabil

Nah, karena penggunaan QR payment memerlukan koneksi internet, maka kita tidak akan bisa menggunakannya jika koneksi internet yang kita miliki tidak stabil.

2. Belum Semua Merchant Menyediakan Fasilitas Pembayaran Menggunakan QR Payment

Meski penggunaan QR payment kian marak, belum semua merchant menyediakan fasilitas pembayaran menggunakannya. Oleh karena itu, kita masih perlu menyediakan uang tunai ataupun kartu debit atau kartu kredit dalam dompet konvensional kita.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.