Inilah Keuntungan Memiliki Kartu Kredit di Jaman Now

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran non-tunai yang diterbitkan oleh bank. Berbeda dengan kartu debit yang mengambil uang di rekening yang kita miliki, kartu kredit pada dasarnya bersifat pinjaman dari bank untuk pemilik kartu tersebut. Setiap bulannya, pemilik kartu kredit akan diberi tagihan sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

Kartu kredit dulunya dianggap sebagai “kartu sakti” yang hanya dimiliki oleh orang-orang kelas atas yang berpenghasilan tinggi. Namun, seiring dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan serta ringannya persyaratan pengajuannya, kartu kredit menjadi lebih mudah dimiliki oleh berbagai kalangan.

Bahkan, keberadaan kartu kredit telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masa kini. Hampir semua orang memiliki kartu kredit sebagai benda wajib yang mengisi dompetnya selain uang tunai.

Berikut ini adalah keuntungan yang akan kamu peroleh jika kamu memiliki kartu kredit di jaman now.

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

1. Praktis dan Aman

Saat kamu memiliki kartu kredit, kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat bepergian. Tentunya hal tersebut dapat mengurangi kekhawatiranmu akan adanya kehilangan uang karena pencurian.

Meski kartu kredit juga bisa dicuri, resiko kehilangannya lebih kecil dibandingkan dengan uang tunai. Kamu bisa segera menghubungi pihak penerbit kartu sehingga kartumu akan langsung diblokir dan tidak bisa digunakan oleh orang lain.

2. Dapat Digunakan Di Seluruh Dunia

Hampir semua kartu kredit dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. Kamu tidak perlu repot menukarkan uang ke mata uang negara tujuan dalam jumlah banyak.

3. Kemudahan Belanja Online
Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

image: pixabay

Saat ini, banyak toko online yang menawarkan metode pembayaran menggunakan kartu kredit. Bagi kamu yang suka berbelanja online, memiliki kartu kredit tentunya akan memudahkanmu dalam berbelanja.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penawaran menarik yang ditawarkan oleh toko online bagi para pengguna kartu kredit, seperti cashback, cicilan 0%, dan lainnya.

4. Membantu Berhemat Melalui Beragam Promo

Promo yang ditawarkan oleh pihak penerbit kartu kredit biasanya berupa cashback, airmiles, reward point, atau diskon untuk berbagai macam kebutuhan. Semakin sering kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka semakin banyak promo yang ditawarkan.

Dengan banyaknya promo yang ditawarkan, tentunya kamu bisa menghemat pengeluaranmu. Tapi ingat, selalu gunakan kartu kredit dengan bijak agar tagihanmu tidak membengkak.

5. Keuntungan Cicilan 0%
Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

image: bukalapak

Nah, ini adalah salah satu keuntungan kartu kredit yang paling digemari. Melalui cicilan 0%, kamu bisa membeli barang idaman yang cukup mahal dengan cara mengangsur tiap bulan tanpa membayar bunga. Jangka waktu yang ditawarkanpun bermacam-macam mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan.

6. Membayar Berbagai Macam Tagihan Secara Otomatis

Kartu kredit dapat kamu gunakan untuk menalangi pembayaran berbagai macam tagihan rutin seperti tagihan listrik, air, TV kabel, cicilan rumah, dan sebagainya dalam sekali waktu. Kamu hanya perlu memasukkan daftar tagihan tersebut ke pihak penerbit kartu kreditmu.

Secara otomatis, setiap tagihan tersebut akan dibayarkan sesuai tanggal jatuh tempo. Nah, saat tagihan kartu kreditmu datang, kamu tinggal membayar semua tagihan tersebut. Hal ini tentunya sangat efektif dan efisien terutama jika kamu termasuk orang yang sering lupa membayar tagihan.

7. Pengeluaran Lebih Mudah Terlacak

Setiap bulan, kamu akan mendapatkan catatan pengeluaran saat menerima lembar tagihan kartu kreditmu. Berdasarkan catatan tersebut, kamu bisa melakukan evaluasi apakah kamu sudah bijak dalam mengatur keuangan ataukah belum.

8. Mempermudah Pengajuan Pinjaman Ke Bank

Jika kamu memiliki kartu kredit dan hendak mengajukan pinjaman ke bank, maka bank akan melihat reputasi kreditmu berdasarkan history transaksi yang kamu miliki. Jika reputasi kreditmu baik, maka bank akan mudah mengabulkan permohonan pinjamanmu.

Sebaliknya, jika reputasi kreditmu buruk, maka kamu akan sulit mendapatkan pinjaman tersebut. Oleh karena itu, kamu harus selalu membayar tagihan kartu kreditmu tepat waktu, membayar penuh dan menghindari pemakaian kartu yang overlimit.

Baca juga: Tips Hemat Belanja Makeup Wanita Jaman Now

Nah, keuntungan yang ditawarkan tersebut tentunya akan kamu peroleh jika kamu bijak dalam menggunakan kartu kreditmu. Jangan sampai kamu justru stres karena tagihan kartu kreditmu membengkak akibat asal gesek untuk membeli ini-itu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Semoga bermanfaat.