Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu dan Rekondisi, Refurbised

iPhone Asli atau Palsu? Ini Cara Cek Keasliannya

iPhone Asli atau Palsu dan apa itu refurbis dan juga iPhone rekondisi. Anda penggemar iPhone? atau ingin membeli iPhone? jika salah satu diantaranya, mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana cara membedakan iPhone asli atau palsu ( replika ) dan juga rekondisi atau refurbised?

Apakah iPhone yang saya gunakan atau hendak saya beli ini asli? Untuk menemukan jawab tersebut, perlu dilakukan pengecekan yang lebih detail.

Karena memang iPhone yang memiliki ciri khas dengan harga yang terbilang kelas premium. Saat ini mulai banyak peminatnya

Dimana peminat meningkat, dan barang yang beredar mulai banyak. Anda perlu berhati-hati untuk membelinya, karena sudah banyak iPhone yang aspal yang beredar.

Dalam artikel ini, ada beberapa tips bagaimana cara mebedakannya iPhone asli atau palsu. Nah, sebelum mencoba cek keaslian iPhone, perlu diketahui jenis iPhone yang berdar dipasaran.

Yang akan saya bagi menjadi 2 kelompok. Yaitu iPhone jenis Replika dan iPhone jenis Refurbished

Berikut ini tips cek iPhone asli atau palsu

Apa perbedaan iPhone replika dan iPhone refurbished?

iPhone Replika yaitu iPhone yang dibuat sekilas mirip namun memiliki sistem operasi yang berbeda sehingga bisa dikatakan 100% palsu.

Komponen yang digunakan jelas berbeda jauh dengan yang asli, dan memiliki kualitas yang jauh dibawah iPhone yang ori.

Untuk jenis iPhone replika cara membedakan dengan yang ori cukuplah mudah.

iPhone refurbished yaitu iPhone yang sebenarnya ori dari segi mesin dan komponen lainnya, namun dikatakan refurbished untuk iPhone yang diperbarui atau iPhone daur ulang.

Contohnya iPhone bekas yang di ambil mesinnya atau perangkat yang masih bisa digunakan, dan yang lain diganti yang baru non ori, misalnya baterainya atau mungkin kasingnya sudah diganti dengan yang KW.

Bagaimana membedakan iPhone asli dan palsu (replika)?

Dari segi bahan : iPhone replika menggunakan bahan untuk kasing dan kualitas ketajaman layar bisa dibilang standart. Warna kasing yang kurang jelas tidak jernih (kusam).

Untuk kasing iPhone replika terasa agak kasar dan ringan, dibagian celah atau lubang misalnya bagian busser atau cas terlihat tidak rapi.

Dari segi sistem operasi : iPhone replika menggunakan sistem operasi android yang didesain menyerupai tampilan iOS.

Untuk melakukan cek, bisa membuka aplikasi App Store jika tampilannya mirip dengan Playstore bisa dipastikan replika.

Selain itu bisa cek dari IMEI, cara mengethui IMEI di iPhone bisa melihat di tempat kartu untuk tipe 3G, 3GS, 4, 4S untuk iPhone 5 keatas bisa lihat di belakang kasing. Dan untuk cek imei iPhone 6 ketas seperti iPhone 6S, iPhone 7, iPhone 7 plus, iPhone 8, iPhone 8 plus, iPhone x dan terbaru bisa dilihat di bagian SIM trai

Kalau dari software, bisa masuk di settings kemudian masuk general dan masuk about. Disini akan tampil detail soal iPhone yang anda gunakan

cara membedakan iPhone asli atau palsu

Jika sudah tahu nomor IMEI silahkan cek di situs resmi APPLE ( https://checkcoverage.apple.com/id/in/ ) ketik IMEI iPhone anda, jika asli akan terdeteksi tipe dan masa garansinya.

cek garansi iPhone imei

Dari kemampuan: iPhone replika dari segi kemampuan tentunya kualitas di bawah yang ori, dimana bisa di cek dari hasil jepretan kamera yang buram. Terasa lambat saat digunakan membuka aplikasi banyak dan untuk internet browsing juga lambat.

Cara Membedakan iPhone refurbished dengan yang Ori?

Sedangkan untuk membedakan iPhone yang refurbished dengan yang ori ini yang agak susah, perlu ketelitian dan lebih jeli lagi.

Karena jenis refurbished sebenarnya ori namun sebagian komponen yang diganti dengan KW. Nah, untuk membedakannya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut ini.

Jika anda hendak membeli baru, bisa menggunakan cara pengecekan IMEI seperti diatas tadi. Jika benar masih baru, maka hasilnya garansi masih berlaku atau masih belum aktif.

Namun jika refurbished bisa saja sudah habis, atau mungkin berjalan beberapa bulan. Karena untuk refurbished di server APPLE akan terdeteksi sebagai iPhone bekas.

Bagaimana jika iPhone yang memang sudah bekas, anda bisa cek dari segi kualitas. iPhone yang refurbished biasanya yang diganti di bagian kasing, baterai, dan bisa saja di bagian kamera.

Untuk cek, bisa dengan test hasil kamera. Untuk memudahkan bisa membandingkan dengan yang sudah terbukti ori.

Dan juga, karena iPhone bekas yang di perbarui tentunya ada bagian yang pemasangannya tidak presisi atau bagian baut dan kasing yang lecet bekas pelepasan paksa

Adanya fitur yang tidak berjalan dengan baik, misalnya di bagian fingerprint yang off. Face ID bermasalah

Selain itu bisa cek daya tahan baterai, yang refurbished baterai cepat panas dan cepat habis. Teliti bagian kasing yang kurang rapi bisa saja itu refurbished.

Baca juga : Begini cara cek kesehatan baterai iPhone

Itulah langkah cek iPhone asli atau palsu, kembali ke diri anda sendiri apakah sudah yakin dengan iPhone yang hendak di beli benar ori atau aspal.

Kalau sudah membeli iPhone, anda perlu daftar akun AppStore agar bisa download aplikasi dan juga menikmati fitur lainya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.