Cara Memperbaiki Memory Tidak Terbaca di Android

Memory tidak terbaca, kejadian ini juga sering saya alami di handphone android. Awalnya sempat panik kalau terjadi hal fatal yang mengakibatkan data di dalamnya jadi hilang

Ya, karena hal ini bisa saja berakibat memory card rusak. Yang paling parahnya memory tidak terbaca lagi di HP maupun di komputer. Kalaupun terbaca bisanya memory tidak bisa di format

Sebenarnya buakan masalah memory tidak bisa diformat, tap jauh lebih penting ke data yang ada di dalamnya. Kecuali jika anda terbiasa backup data secara online akan jauh lebih aman (Baca juga: Backup data pribadi lebih aman di Google Drive)

Nah, mari kita lanjut ke pembahasan memory tidak terbaca. Sebelumnya apa sih penyebab dan apa yang harus kita lakukan jika terjadi error di memory handphone kita

 

Tanda-tanda kerusakan memory tidak terbaca di android

Gejala awal ketika digunakan tiba-tiba ada notifikasi atau pemberitahuan bahwa memory telah dilepas, padahal tidak melakukan pelepasan atau pengaturan lain pada memory.

Mengapa bisa terjadi? hal ini terjadi bisa karena usia memory yang sudah mulai usang, bisa juga karena partition memory yang salah.

Jika anda mengalami hal serupa, bisa melakukan tips bagaimana mengatasi memory tidak terbaca yang error tiba-tiba di smartphone android.

 

Beberapa penyebab kerusakan memory

Memory bisa rusak bisa disebabkan karena virus, kesalahan pengguna yang biasa memindah memory ke perangkat lain. Bisa juga karena terlalu banyaknya folder di dalam memory dan juga file karakter aneh sehingga system yang ada di memory menjadi error.

Lalu bagaimana langkah perbaikannya? sebelum memperbaiki memory yang error sebaiknya ketahui dulu penyebabnya untuk mempermudah dalam perbaikan. Berikut ini tips untuk melakukan perbaikan.

 

Memory Error yang disebabkan virus

Memory error yang disebabkan virus ini bisa beragam, mulai dari memory yang tiba-tiba isinya hilang semua. Atau error smartphone tidak bisa mendeteksi lagi.

Untuk memeprbaiknya lepas memory dan lakukan scan menggunakan antivirus terupdate di komputer/laptop. Untuk mengembalikan file yang terhidden/tersembunyi bisa menggunakan antivirus smadav, Scan kemudian pilih hidden > unhidden all. (Baca juga: Menampilkan file tersembunyi karena virus)

 

Memory terasa lambat

Memory menjadi lambat bisa desebabkan karena terlalu banyak data yang tersimpan, juga bisa karena adanya file atau karakter aneh dalam folder. Untuk memperbaikinya bisa melakukan penghapusan foleder/file yang mencurigakan.

Melakukan scane error dari laptop/komputer hubungkan memory dengan cardreader > masuk ke explorer > pilih drive memory kemudian klik kanan > pilih properties > pilih tab tool > check now > start dan tunggu hingga selesai.

 

Memory sering keluar sendiri

Smartphone android tiba-tiba keluar pemberitahuan memory telah dilepas dan kemudian muncul lagi secara berulang ulang. Ini bisa desababkan karena memory dalam posisi kurang pas, bisa dilakukan dengan pengecekan posisi pemasangan. Bersihkan kuningan di memory, pastikan tidak ada kotoran atau kerak.

Banyak yang baca: Kenapa Memori internal Android Cepat penuh

 

Jika sudah melaukan hal diatas tidak juga membuahkan hasil. Kemungkinan memory harus melakukan format. Ingat format bisa menghapus semua data yang ada di memory.

Lakukan backup terlebih dulu sebelum melakukan format. Format bisa dilakukan dari Smartphone juga bisa dari komputer.

Format memory dari Smartphone bisa dengan cara buka menu pengaturan > penyimpanan > geser ke paling bawah pilih format SD card/ memory external.

Tunggu hingga proses selesai. Jika gagal menggunakan smartphone, lakukan format dari komputer dengan bantuan cardreader.