no comments

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Langkah Sederhana

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Langkah Sederhana, ini bisa anda lakukan dengan mudah dan juga sering saya lakukan

Hasilnya berhasil mengubah laptop lemot, lambat kembali berjalan normal. Karena memang laptop yang sering kita gunakan juga perlu dilakukan perawatan

Sebelum kita melangkah lebih jauh bagaimana cara mengatasi laptop lemot ini. Ada baiknya untuk memngetahui apa sih penyebab laptop lemot yang membuat kinerja laptop menurun

Agar lebih mudah, nanti akan saya bahas menjadi dua segi penyebab laptop lemot saat digunakan untuk bekerja

#Yang pertama, laptop lemot disebabkan dari segi software

#Dan yang kedua, laptop lemot disebabkan dari segi hardware

Karena memang keduanya saling berhubungan, jika kita mengoptimalkan hanya dari salah satunya tentu hasilnya tidak akan maksimal

Sudah siap? mari kita bahas satu per satu

 

Cara mengatasi laptop lemot dari segi software

Lemot pengaruh dari segi software

Software (Perangkat lunak) adalah data yang berupa digital, program, atau sistem operasi ( contohnya windows ) yang tidak berwujut.

Software juga berpengaruh dengan kinerja laptop atau komputer, dimana software juga butuh perawatan agar kienerja laptop tetap cepat saat digunakan untuk bekerja.

 

1. Mengatasi laptop lemot karena virus

Laptop atau komputer kinerjanya menurun bahkan sangat lemot, bisa saja memang sudah terinfeksi virus. Virus laptop atau komputer akan merusak file system, sehingga windows bekerja tidak semestnya.

bahkan parahnya lagi, windows laptop bisa terjadi error sehingga tidak bisa digunakaan atau di operasikan

Selain itu, ada juga virus yang terus berjalan sehingga memakan banyak ruang RAM yang mengakibatkan laptop jadi lambat

Penangannya bisa melakukan scan dengan antivirus yang terupdate. Gunakan antivirus yang sudah terbukti bagus kualitasnya.

Dan gunakan antivirus satu saja karena terlalu banyak menggunakan antivirus justru menyebabkan bentrok, yang ada laptop malah jadi semakin lemot.

 

2. Lemot karena widget atau tampilan

System operasi seperti windows, baik windows xp, 7 sampai yang terbaru 10. Menggunakan efek aero atau smooth efek, yang membuat lebih indah dilihat.

Fitur ini sangat bagus, tapi malah jadi lambat untuk laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi pas-pasan.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan pengaturan yang menggunakan thema klasik. Mengatur thema klasik di Windows XP ( Pada desktop klik kanan > pilih properties > pada display properties pilih themes classic > save as > ok )

Untuk  Windows 7 ( pada desktop klik kanan > pilih personalize > pada kolom thema geser kebawah pilih thema windows classic > ok. )

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Sedangkan untuk windows 8 keatas untuk thema kasik masih menggunakan aero, jadi lebih mengurangi widget di desktop saja.

 

3. Laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi

Menggunakan aplikasi yang terlalu banyak juga bisa membuat laptop atau komputer menjadi lambat. Apalagi jika aplikasi bersifat berjalan di latar belakang ( background ).

Aplikasi yang tersetting berjalan saat startup, pertama kali laptop dinyalakan.

Lakukan uninstal aplikasi yang dirasa kurang perlu caranya bisa anda lakukan seperti dibawah ini

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Langkah Sederhana

Buka control pannel > unistall program > cari aplikasi yang mau di unistall

Jika sudah ketemu kemudian klik kanan. Sehingga akan muncul pilihan Uninstall seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Langkah Sederhana

Selanjutnya klik saja uninstall. Maka proses uninstall aplikasi akan berjalan silahkan ikuti petunjuk dari aplikasi tersebut selanjutnya hingga berhasil

Jika sudah, anda juga bisa lihat aplikasi yang terlalu memakan RAM dari task manager dengan menekan tombol kombinasi ctrl + alt + delete secara bersamaan pilih task manager.

Maka aplikasi yang banyak mengabiskan memory atau kinerja prossesor bisa terlihat. Jika anda ingin mematikan aplikasi tersebut bisa di klik kanan kemudian pilih end task.

Tapi perlu hati-hati cara ini jika salah bisa mengakibatkan aplikasi tertentu tidak berjalan maksimal. Jika anda ragu lebih baik biarkan saja tidak usah di otak atik

 

4. Bersihkan junk file dan history

Ketika kita mengoperasikan windows, baik sistem atau aplikasi akan menyisakan file bekas atau sampah, yang biasa disebut history atau junk file.

Ini bisa dibersihkan dengan bantuan aplikasi seperti CCleaner misalnya. Selain itu bisa mematikan startup dengan apliaski CCleaner atau aplikasi lain sejenisnya.

 

5. System windows rusak

Windows yang memang sudah rusak parah, yang mengharuskan melakukan install ulang. Windows yang lambat sudah banyak file terhapus atau memang sudah corrupt. Hal yang perlu dilakukan install ulang windows agar kembali fresh.

 

Laptop lambat dipengaruhi dari segi hardware

ardware/perangkat keras adalah semua kkomponen yang ada di laptop atau komputer. Misalnya prosesor, RAM dan lainnya. Hardware juga berpengaruh penting untuk menopang kinerja laptop atau komputer.

 

1. Ruang hard disk sedikit
Hard disk yang sudah menipis juga bisa membuat windows lambat, sisakan ruang yang cukup di setiap drive. Terutama di bagian C, usahakan memiliki banyak ruang dan jangan di campur dengan data pribadi.

Di my documents juga jangan terlalu banyak data, data pribadi di simpan di drive selain C. Memisahkan data pribadi dengan system juga bisa meminimalisir jika suatu saat ingin install ulang windows, data pribadi bisa aman tidak terhapus.

 

2. RAM yang terlalu kecil
Karena RAM yang menjadi lalulintas program aplikasi, diperlukan ruang yang cukup agar bisa lebih cepat kinerjanya. Lakukan upgrade kapasitas RAM, sesuaikan dengan windows yang diunakan.

 

3. Perawatan hardware
Perawatan hardware maksutnya, usahakan hardware bersih dari debu atau kotoran lain yang bisa menghambat sirkulasi udara khususnya di bagian kipas. Hardware yang mengalami panas berlebih akan menurun kinerjanya.

Baca juga : Cara Menampilkan File di Laptop agar Terhindah dari Virus

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer. Penting juga menyesuaikan spesifikasi yang dimiliki laptop atau komputer, sesuai dengan permintaan minimal dari versi windows. Spesifikasi yang pas-pasan jangan di paksa dengan windows yang terbaru.