Ketahui Perbedaan Mobil Manual VS Mobil Matic, Mana Pilihanmu?

Perbedaan Mobil Manual VS Mobil Matic – Mobil selain sebagai pelindung dikala hujan dan panas daam berkendara. Dimana mobil merupakan alat transportasi yang sangat diimpikan oleh banyak orang dimana harga semakin lama maka semakin pas dikantong.

Dahulu masih terdapat mobil manual dengan main kopling dibagian bawah. Namun sekarang ada dua type mobil yaitu Mobil Manual VS Mobil Matic. Mana yang akan kalian pilih manual atau matic yang cukup mudah seperti pada sepeda motor matic saat ini tanpaa adanya kopling dibagian bawah.

Perbedaan Mobil Manual VS Mobil Matic

Perbedaan dari kedua type tersebut dari segi harga yang jauh lebih mahal mobil matic mencapai Rp 5 juta sampai Rp 20 jutaan. Ternyata tidak hanya mobile baru saja yang mahal untuk versi matic tapi juga mobil bekas kalau matic masih tergolong mahal selisih sekitar Rp 2 – 3 jutaan.

Pengoperasian

Selain dari segi harga Mobil Manual VS Mobil Matic ini juga berbeda untuk pengoperasiannya. Dimana pada mobil manual terdapat 3 buah pedal dibagian bawah yaitu rem, kopling dan mesin. Sedangkan untuk mobil matic hanya terdapat 2 pedal yaitu rem dan gaas saja.

Mobil Manual VS Mobil Matic

Image : Ilustrasi

Akselerasi

Perlu anda ketahui bahwa transmisi untuk mobil matic lebih rumit dibandingkan dengan kendaraan manual. Oleh karena itu mobil manual biasanya memiliki akseleasi lebih cepat dibandingkan dengan mobil matic. Namuan, dengan begitu beberapa mobil matic juga tidak kalah dengan mobil manual untuk transmisinya.

Baca Juga : Spesifikasi Mobil Datsun Terbaru, Harga Terjangkau

Perawatan

Mobil Manual VS Mobil Matic memang semua membutuhkan perawatan yang rutin seperti service dan lain sebagainya. Namun, biaya perawatan mobil matic lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Penyebabnya yaitu komponen dari mobil matic ini lebih mahal juga dari pada mobil manual.

Kenyamanan dalam Berkendara

Semua orang yang sedang berkendara pasti ingin memiliki kenyamanan yang cukup maksimal. Perlu anda ketahui bahwa mobil matic atau manual untuk tingkat kenyamanan tidak kertalalu berbeda. Kenyamanan lebih dimenangkan oleh mobil matic, kenapa? Karena mobil matic ini akan lebih nyaman jika untuk berkendara di posisi macet, karena tidak capelkk di kaki.

Baca Juga : Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin, Cari Tahu Yuk Mana Yang Lebih Unggul?

Konsumsi Bahan Bakar

Ketahuilah bahwa Mobil Matic lebih boros dalam mengkonsumsi bahan bakar dibnandoingkan mobil manual. Kenapa seperti itu? Karena kinerja mesin yang lebih berat dari pada transmisi manual dan putaran mesin mobil matic tak dapat diatur.

Itulah beberapa perbedaan Mobil Manual VS Mobil Matic, mana yang bisa anda pilih dan belilah sesuai dengan kantong anda dan kenyamanan dalam berkendara.