Yuk, Siapkan Resolusi Keuangan Tahun 2019 Biar Tabungan Makin Banyak

Yuk, Siapkan Resolusi Keuangan Tahun 2019

Tak terasa kita telah sampai di penghujung tahun 2018. Beberapa hari lagi tahun 2019 akan segera tiba. Tentunya kita mengharapkan segala sesuatunya akan menjadi lebih baik di tahun yang baru, terutama yang berkaitan dengan keuangan kita.

Nah, apa saja yang bisa di siapkan resolusi keuangan yang bisa kita lakukan di tahun 2019 nanti? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1. Mengenali Keinginan dan Kebutuhan

Sebelum memulai tahun baru, ada baiknya jika kita melakukan evaluasi pada pengelolaan keuangan kita pada tahun 2018.

Apakah sepanjang tahun ini kita membelanjakan uang kita sesuai kebutuhan ataukah hanya menuruti keinginan semata. Jangan-jangan kita terlalu banyak menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Nah, untuk menghindari kejadian serupa di tahun depan, kita harus memilah-milah apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan kita. Buatlah skala prioritas agar uang yang kita miliki bermanfaat secara optimal.

2. Membenahi Pengelolaan Arus Kas

Ada yang sudah rutin membuat catatan keuangan? Jika belum, maka awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk mulai rajin membuat catatan keuangan.

Catatlah setiap pengeluaran secara detail dan lakukan evaluasi rutin. Jika masih kesulitan mengatur arus kas, kita bisa memanfaatkan berbagai aplikasi keuangan yang bisa kita unduh di ponsel kita.

Untuk mempermudah dalam memantau arus kas, buatlah pos – pos anggaran seperti pos pengeluaran rutin bulanan, dana darurat, investasi, gaya hidup, serta pos lain sesuai kebutuhan. Tapi ingat, sesuaikan dengan kemampuan. Usahakan selalu lebih besar pasak daripada tiang.

Baca juga: Tips Cerdas Mengelola Keuangan untuk kamu yang masih Lajang

3. Bebas dari Utang Konsumtif

Menyambut tahun baru, yuk, cek dulu apakah kita memiliki utang di tahun 2018 yang belum lunas. Di tahun yang baru tentunya kita ingin terbebas dari utang. Yuk, lakukan evaluasi terhadap utang yang kita miliki.

Apakah utang tersebut kita gunakan untuk barang – barang yang memiliki nilai tambah ataukah justru ada pengurangan nilai. Jika utang yang kita miliki tidak memberikan nilai tambah, maka utang tersebut termasuk ke dalam utang konsumtif.

Segera lunasi utang-utang tersebut dan buatlah komitmen untuk menghindari utang konsumtif mulai tahun 2019.

4. Perbanyak Sedekah

The more you give, the more you get. Semakin banyak kamu memberi, semakin banyak kamu menerima.

Ungkapan tersebut tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita dan sudah banyak yang membuktikan kebenarannya.

Jika selama ini kita belum rutin menyisihkan pendapatan kita untuk sedekah, maka jadikan sedekah sebagai salah satu resolusi keuangan tahun 2019. Tidak harus dalam jumlah besar, tapi harus konsisten. Misalnya, sedekah untuk orang tua sebesar 10% dari total gaji perbulan.

Sedangkan untuk sedekah lainnya 2,5% dari total gaji perbulan ataupun persentase lainnya sesuai dengan kebutuhan. Mungkin akan terasa berat di awal, tapi ingat, uang yang kita sedekahkan akan mampu membantu kehidupan orang lain yang membutuhkan.

5. Mulai Berinvestasi

Bagi yang belum memiliki investasi, yuk, segera mulai investasi di tahun 2019. Mengapa perlu investasi kalau sudah ada tabungan di bank? Ingat ya, menabung di bank tak lagi membuat kita menjadi kaya.

Seiring dengan inflasi, maka nilai uang yang kita simpan akan cenderung menurun. Oleh karena itu, kita perlu investasi untuk masa depan kita.

Berapapun gaji kita, kita harus menyisihkannya untuk investasi. Jumlah ideal untuk investasi adalah minimal 10% dari total gaji. Namun demikian, kita bisa menyesuaikannya sesuai kemampuan kita. Tidak peduli berapapun besarannya, yang terpenting adalah komitmen kita untuk berinvestasi.

Sebagai pemula, kita bisa memilih tabungan emas yang rendah resiko, reksa dana, ataupun instrumen investasi lainnya. Tapi ingat, pelajari dulu jenis-jenis investasi tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Banyak dibaca: Mudah berinvestasi buat tabungan dimasa depan, yuk dimulai

Nah, bagaimana? sudah siapkan resolusi keuangan kamu di tahun 2019?. Satu hal yang perlu diingat bahwa resolusi tersebut tidak akan pernah tercapai tanpa adanya komitmen dari diri kita untuk mewujudkannya.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.