Solusi Keyboard Laptop atau Komputer Macet Tiba – Tiba

Solusi keyboard laptop macet secara tiba – tiba, hemmm betapa jengkelnya ketika menulis artikel, tugas kuliah, atau pekerjaan di laptop maupun komputer dan tiba-tiba keyboard mengalami masalah.

Masalah keyboard laptop macet disalah satu tombol, padahal dalam keadaan genting, hehe. Okey, sebenarnya ketika mengalami masalah keyboard rusak, kita bisa melakukan langkah darurat. Apa yang bisa kita lakukan?

Okey, sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dulu penyebab keyboard laptop macet ini. Sehingga lebih memudahkan kita dalam menanganinya nanti. Nah, jika sudah mari kita melakukan langkah darurat sebagai berikut ini.

Penyebab dan Solusi saat mengalami keyboard laptop macet

Pertama perhatikan bagian keyboard yang macet, apakah ada kotoran seperti debu atau benda aneh yang bisa menghambat kinerja keyboard.

Jika iya, bersihkan dengan kuas yang halus. Debu yang menumpuk sering menjadi penyebab macetnya keyboard laptop atau komputer, bersihkan secara berkala agar tidak berakibat fatal nantinya.

Jika dengan langkah pertama tidak membuahkan hasil, restart, dan lepas kabel keyboard bersihkan konektor USB/PS2 untuk penggunak komputer. Yang menggunakan laptop untuk membukanya cukup susah, jadi jika tidak berani lakukan restart saja.

Ada kasus keyboard macet gara-gara hank system. Setelah melakukan cara diatas masih belum juga membuahkan hasil, periksa apakah keyboard ada yang error.

Biasanya keyboard laptop macet ada satu tombol yang terus mencet / on terus. Untuk mencari tombol yang error tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi keyboard tester.

Anda bisa menggunakan aplikasi keyboard tester trial download disini. Jika sudah ketemu silahkan di cek penyebabnya tombol lengket. Kondisi lembab bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Sudah melakukan hal diatas tapi tetap tidak bisa juga, kemungkinan keyboard memang harus diganti. Tapi untuk waktu yang sudah mendesak, anda bisa menggunakan keyboard virtual untuk sementara waktu.

Virtual keyboard yang sudah disediakan windows bawaan. Bagi anda yang ingin menggunakannya caranya sebagai berikut:

Cara mengaktifkan keyboard virtual di laptop atau komputer

Klik Start > Ketik “on-screen keyboard tanpa tanda petik, nanti akan keluar aplikasi on-screen keyboad. Seperti gambar diatas, silahkan klik buka aplikasi on-screen keyboard. Dengan begitu anda sudah bisa menggunakan virtual keyboard pengganti keyboard yang rusak untuk sementara waktu.

Atau anda bisa menggunakan pilihan lain dengan cara mengganti posisi papan ketik yang rusak dengan tombol yang lain, untuk lebih jelasnya langkah demi langkahnya bisa mencoba cara mengganti fungsi tombol keyboard laptop

Itulah penanganan darurat ketika mengalami keyboard laptop macet. Biasakan membersihkan bagian keyboard dari debu, karena debu sering sekali menjadi penyebab kerusakan keyboard.

Gunakan pelindung keyboard agar terhindar dari kotoran dan cairan yang bisa merusaknya. Karena tanpa kita sadari bisa saja hal kecil yang mengakibatkan laptop rusak fatal

4 thoughts on “Solusi Keyboard Laptop atau Komputer Macet Tiba – Tiba”

  1. Kazuki Sheidara

    tambahan, bisa click ctrl + alt, cara ini tidak bisa membenarkan secara permanen tapi jika keyboard kembali macet anda bisa mengetik ctrl+alt lagi

  2. Suci

    Tapi bagaimana untuk mengetik di kolom pencarian start itu. Jika ketik saja pada keyboard gak bisa?

    1. untuk window 10, klik start >> cari winodws ease of acces >> on screen keyboard. Untuk windows 7 sama kak. Tekan start >> pilih accesories >> on screen keyboard

  3. Suganda Ali nasrun

    Alhamdulillaaah… setelah tak kipasi / bersihkan dari debu [ mungkin ] sekarang udah bisa on lagi…..suwun….boss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.