Tombol Keyboard Laptop atau Komputer Rusak? Ini Solusinya

Tombol Keyboard Laptop atau Komputer Rusak? Ini Solusinya

Tombol Keyboard Laptop atau Komputer Rusak, tidak berfungsi? Yup, sering sekali saya dapet keluhan dari rekan mengalami kerusakan pada bagian keyboard. Baik keyboard laptop maupun keyboard komputer yang meraka gunakan

Pada prinsipnya keyboard laptop maupun komputer sama saja, digunakan untuk urusan ketik mengetik. Hanya saja jika yang rusak keyboard laptop lumayan mahal untuk biaya gantinya

Dengan ongkos perbaikan yang cukup mahal, tapi sayangnya bagian keyboard rentan sekali mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara memperbaiki tombol keyboard laptop yang rusak? Tidak berfungsi lagi?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keyboard laptop atau komputer, sebenarnya sudah pernah saya bahas di artikel Solusi Keyboard Laptop atau Komputer Macet Tiba – Tiba.

Di artikel tersebut anda bisa cek bagian mana yang rusak dan bagaimana cara mengatasinya. Namun jika sudah dengan cara itu, anda tidak juga menemukan solusi, bisa mencoba dengan tips yang akan dibahas di artikel ini.

Tips ini hanya mengganti fungsi tombol keyboard laptop maupun di komputer, artinya tidak memperbaiki ke kondisi normal sebelumnya. Cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan fungsi keyboard laptop atau komputer yang rusak saat kondisi yang mendesak.

Mengganti fungsi tombol, misalnya keyboard laptop atau komputer anda rusak di satu tombol ” A ” dan agar bisa mengetik huruf “A” maka kita ganti menggunakan tombol lain. Misalnya dengan tombol yang jarang digunakan, contoh tombol arah, atau tombol lain yang jarang anda gunakan.

Cara mengganti fungsi tombol keyboard laptop atau komputer?

Sebelum melakukan penggantian diperlukan aplikasi pembantu, anda harus download dulu aplikasi KeyTweak. Dengan aplikasi ini, kita bisa merubah registry dan mengganti fungsi tombol keyboard laptop atau komputer.

Cara Menggunakan KeyTweak

Download aplikasi Key Tweak
Jika sudah terdownload kemudian install seperti biasa menginstall aplikasi lainnya
Buka Aplikasi KeyTweak, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini

Tombol Keyboard Laptop atau Komputer Rusak? Ini Solusinya

Keterangan pengaturan
  • Klik tombol yang ingin dijadikan pengganti di arena keyboard yaang sudah saya tandai nomor 1
  • Pilih huruh atau tombol yang rusak sayng sudah saya tandai nomor 2
  • Jika sudah klik Remap Key nomor 3
  • Maka tombol apply di nomor 4 akan bisa di klik, silahkan klik kemudain komputer atau laptop meminta anda untuk melakukan restart.
  • Klik Ok untuk restart dan silahkan coba hasilnya.

Itulah cara melakukan penggantian fungsi keyboard laptop atau komputer yang tidak berfungsi, cara ini bisa diambil jika keadaan yang terdesak.

Untuk bisa mengembalikan kembali secara normal bisa melakukan penggantian keyboard dengan yang baru.

Selanjutnya buka kembali aplikasi KeyTweak dan klik restore all default, sehingga registry yang diubah bisa kembali seperti semula pengaturan akan terhapus.

2 komentar untuk “Tombol Keyboard Laptop atau Komputer Rusak? Ini Solusinya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *