Tengok 5 Manfaat Penting Oli, Alasan Harus Ganti Oli Secara Rutin

Membawa mobil ke bengkel untuk servis rutin sudah seharusnya dilakukan karena berperan besar terhadap kondisi mobil sendiri agar selalu prima. Salah satu alasannya ialah supaya mobil diganti olinya secara berkala. Tentu tidak ada yang menginginkan apabila hal malang menimpa ketika sedang berkendara. Sebab itulah selalu bawa mobil Toyota ke bengkel resmi Dealer Toyota Mangga Dua.

Seperti yang mungkin sebagian besar orang sudah ketahui, oli mempunyai peranan yang amat penting guna menunjang performa kendaraan. Apabila oli yang digunakan sudah tidak layak maka bisa saji merusak mesin mobil atau komponen lainnya. Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja oli di dalam pengoperasian mobil? Berikut 5 manfaat penting oli yang membuatnya harus diganti secara rutin.

5 Manfaat Penting Oli untuk kendaraan anda

1.Oli Sebagai Pelumas

Pertama – tama sudah jelas bahwa oli berfungsi sebagai pelumas. Hal tersebut membuat komponen mesin lain bergerak dengan lebih mudah sebab melicinkan komponen mesin tersebut. Tentu saja penting untuk menjaga kualitas oli karena manfaatnya itu sehingga harus mengganti oli rutin di bengkel resmi seperti Dealer Toyota Mangga Dua.

2.Oli Mencegah Karat

Oli juga berfungsi sebagai pelindung mesin agar tidak karat. Zat yang ada dalam oli mampu menangkal terjadinya karat pada komponen mesin karena terjadi reduksi kimia pada mesin yang berpotensi memunculkan karat.

3.Oli Sebagai Pembersih Mesin

Selain sebagai pelicin dan pencegah karat, manfaat penting lain dari oli ialah dapat menjadi pembersih mesin. Oli dapat melarutkan kotoran yang masuk ke dalam mesin mobil melewati seal. Tentu peran oli ini begitu penting karena kotoran yang seringkali berupa serpihan logam halus tersebut dapat menghambat sistem kerja mesin apabila sudah menumpuk.

4.Oli Mendinginkan Mesin

Kemudian manfaat oli lainnya adalah agar mesin lebih dingin ketika sedang bekerja. Panasnya mesin yang disebabkan oleh komponen dengan konduksi bisa saja menimbulkan kerusakan apabila terlalu berlebihan. Oli yang masih bagus kualitasnya mampu mendinginkannya agar performa tetap terjaga sehingga perlu ke bengkel resmi untuk ganti oli di Dealer Toyota Mangga Dua.

Baca juga: Review Spesifikasi Toyota Calya Yang Katanya Tidak Menggunakan Double Blower

5.Oli Menghemat Bahan Bakar

Selain yang sudah disebutkan, ada lagi manfaat oli yang juga esensial yakni untuk menghemat bahan bakar. Oli yang baik akan bermanfaat untuk menghemat bahan bakar pada mesin mobil karena dapat mengurangi gesekan pada mobil yang tentunya berbanding lurus dengan iritnya bahan bakar yang digunakan. Agar bahan bakar lebih hemat, gantilah oli secara berkala di bengkel resmi Dealer Toyota Mangga Dua Auto2000 disini.

Demikianlah 5 manfaat penting oli untuk mobil Anda. Selalu perhatikan kualitas oli agar dapat diganti ketika sudah waktunya di bengkel resmi Dealer Toyota Mangga Dua Auto2000. Di Dealer Auto2000 juga dapat menjadwalkan booking servis rutin agar Anda tidak repot. Informasi booking service bisa langsung dicek di website Dealer Auto2000 auto2000.co.id.

Ari S.

Founder and Editor wahanarupa.com yang masih aktif nulis kalau pas lagi semangat :D

View all posts by Ari S. →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.