Tips Agar Keuangan Aman, Hobi Tetap Jalan

Hobi menurut KBBI adalah kesenangan istimewa yang dilakukan oleh seseorang di waktu senggang. Nah, hobi memiliki jenis yang bermacam-macam, mulai dari yang murah seperti menulis dan membaca hingga membutuhkan banyak biaya seperti golf, mengoleksi action figure, traveling, ataupun lainnya.

Melalui hobi, seseorang dapat melepaskan penat akibat rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Bahkan, tak sedikit orang yang rela melakukan apa saja dan mengeluarkan banyak biaya asalkan bisa menyalurkan hobinya.

Hal tersebut tentunya tak menjadi masalah bagi mereka yang memiliki banyak uang. Sebaliknya, bagi mereka yang memiliki budget terbatas, harus pandai-pandai mengatur budget tersebut agar tidak menganggu keuangan bulanan.

Lalu, bagaimana cara mengatur anggaran agar keuangan bulanan tetap aman dan hobi tetap bisa jalan? Berikut ini tips Agar Keuangan Aman yang bisa kamu lakukan.

1. Buat Anggaran Khusus untuk Hobi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyusun anggaran bulanan. Alokasikan terebih dahulu gajimu untuk investasi, tabungan, kebutuhan sehari-hari, dan bayar utang.

Setelah kebutuhan tersebut terpenuhi, kamu bisa membuat anggaran untuk hobi. Misalnya

20% untuk investasi

10% untuk tabungan

40% untuk kebutuhan sehari – hari

10% untuk bayar utang dan sedekah

10% untuk orang tua

10% untuk hobi

Persentase tersebut bukan patokan ya, kamu bisa membuat anggaranmu sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. Meski tidak banyak, kamu tetap memerlukan anggaran untuk hobi tersebut agar keuanganmu tetap aman.

Pastikan bahwa pengeluaranmu untuk hobi tidak melebihi anggaran yang telah kamu buat.

2. Dilarang Keras Berutang Demi Hobi

Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang demi menyalurkan hobi. Bahkan, ada pula yang memaksakan diri dengan berutang. Jika hobi yang kamu tekuni merupakan ladang penghasilanmu, misalnya hobi fotografi, tidak mengapa kamu berutang untuk menambah modal.

Namun jika hobi yang kamu tekuni hanya sebatas kegemaran untuk memperoleh kepuasan sesaat, maka sebaiknya hindari utang, baik utang kepada kerabat atau teman, pinjaman online, ataupun menggunakan kartu kredit.

Ingat, utang mungkin bisa membantumu menyalurkan hobi demi menikmati kepuasaan sesaat, namun akan mengancam kesehatan keuanganmu. Utang akan memberatkanmu kemudian sebab kamu harus membayar cicilan beserta bunganya.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon

Nah, bagi kamu yang hendak membeli perlengkapan ataupun peralatan yang menunjang hobimu, kamu bisa mencari promo dan diskon baik di toko offline maupun online.

Promo dan diskon ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan dalam rangka menghemat pengeluaranmu untuk hobi.

Tapi ingat ya, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli. Pastikan barang tersebut benar-benar kamu butuhkan untuk hobimu dan sesuai dengan anggaranmu.

Jangan sampai membeli ini dan itu hanya karena tergoda promo dan diskon yang akhirnya justru melebihi anggaran yang telah kamu susun.

Baca juga: Berikut 6 tips ampuh menghadapi serangan diskon belanja online

5. ‘Selow’ Terhadap Tren yang Berkaitan dengan Hobi

Seiring dengan kemajuan teknologi, maka kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi terbaru seputar hobimu dengan sangat mudah. Nah, yang harus kamu lakukan agar keuanganmu tetap aman adalah bersikap ‘selow’ terhadap tren terbaru seputar hobimu.

Jangan mudah tergoda iklan yang ada di media sosial, majalah, tv, ataupun lainnya. Misalnya nih, kamu memiliki hobi sepak bola dan tergabung sebagai anggota fans club.

Kamu tidak harus ikut-ikutan temanmu membeli jersey terbaru yang dikeluarkan oleh club favoritmu. Cukupkan dengan jerseymu yang sudah ada.

6. Bergabung dengan Komunitas yang Tepat

Bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi sama denganmu akan membantumu memperoleh banyak informasi seputar hobimu, termasuk bagaimana cara mereka mengatur keuangan untuk hobi yang mereka tekuni.

Pastikan kamu bergabung dengan komunitas yang tepat, dimana para anggotanya memiliki kontrol yang baik terhadap keuangan demi hobi mereka.

7. Hobimu Bisa Menambah Penghasilanmu

Sebenarnya, hobimu tidak melulu akan menghabiskan uangmu, tetapi justru dapat menambah penghasilanmu. Misalnya, kamu memiliki hobi fotografi, maka kamu bisa menjadi fotografer freelance untuk pre-wedding, atau bahkan menjual hasil fotomu.

Bagi kamu yang hobi menulis, kamu bisa menjadi penulis freelance untuk situs-situs website. Gali potensimu yang berkaitan dengan hobimu. Siapa tahu nantinya kamu akan menjadi seorang profesional.

Hobi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah tentunya akan menyenangkan bukan?

Hmm sampai disini dulu ya tips agar keuangan aman saat memenuhi kebutuhan hobi. Dan nantikan artikel update lainnya besok

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.