Tips Jitu Kelola Keuangan THR Supaya Tidak Boros

Sebentar lagi akan menginjak bulan Ramadhan, pastinya bagi karyawan sudah menantikan Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan didapatkan.

Karena setiap perusahaan sudah sangat sering membagikan Tunjangan Hari Raya diluar gaji pokok karyawan tersebut.

Pihak perusahaan biasanya memberikan 1x gaji untuk THR, oleh karena itu hari-hari dimana para karyawan yang mendambakan kedatangan hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga : Cara dan Syarat Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online, Offline 2018

Jangan terlena dulu dengan kedapatan  uang THR, karena masih banyak kebutuhan anda setiap bulannya yang harus anda perhitungkan lagi.

Inilah Tips Jitu Manage Keungan THR Supaya Tak Boros

Pertama, Perhitungkan Membayar Donasi atau Zakat

Membayar Zakat itu wajib bagi yang mampu, maka sisihkan uang utnuk donasi, bayar zakat, pepuluhan atau Derma. Dimana hal ini sangat penting untuk menolong sesame umat manusia yang membutuhkan.

Kedua, Bila Anda Memiliki Asisten Rumah Tangga dan Supir Beri dia THR Juga

Jika anda seorang karyawan perusahaan dan juga memiliki karyawan dirumah seperti Pembantu rumah tangga, perawat kebun, sopir maka sisihkan juga THR anda untuk mereka meskipun tidak satu kali gaji mereka.

Karena mereka juga ingin seperti anda yang telah mendapatkan THR dan mereka juga ingin pulang kampong bertemu dengan sanak saudara yang sudah lama dia tinggal.

Image : Ilustrasi Tabung uang THR

Ketiga, Penting! Buat Rencana Pengeluaran

Tunjangan Hari Raya bisa anda gunakan sebijak mungkin untuk pengeluaran seallam liburan panjang. Lebih baik bahwa uang THR ini jangan sampai dihabiskan keseluruhan. Bisa anda untuk ditabung, membayar hutang, atau berinvestasi yang sangat menjanjikan untuk masa depan atau kalau memiliki asuransi segera bayar. Beli sesuai yang seperlunya atau sepentingnya saja untuk kebutuhan lebaran.

Baca Juga : Cara Memilih Leasing Terbaik Untuk Kredit Motor atau Mobil

Keempat, Jangan Sampai menggunakan Kartu Kredit Untuk Keperluan Lebaran

Hal ini sangat disayangkan, karena kita sudah mendapatkan uang tamabhan dengan adanya Tunjangan tersebut. Maka tidak perlu adanya kartu kredit yang anda gesek untuk keperluan lebaran semisal membeli baju di mall atau membeli jajan lebaran serta parcel yang ingin anda bagikan untuk orang tersayang anda.

Kelima, Prioritaskan Untuk kebutuhan Hari Raya

Tips jitu terakhir ini memang sering digunakan, lantara bagi anda yang merantau maka bisa untuk membeli tiket mudik, membeli baju, uang ampau untuk anak-anak kecil di kampong halaman. Meskipun menjadi hal yang utama maka anda jangan sampai menghabiskan uang Tunjangan tersebut. Selebihnya maka bisa anda tabung untuk keperluan anda dibulan-bulan berikutnya.

Itulah beberapa tips jitu mengatur keuangan Tunjangan Hari Raya (THR) supaya tidak boros dan masih bisa untuk menghidupi anda setiap bulannya. Bagi anda yang belum berumah tangga maka belum banyak merasakan kebutuhan yang sangat penting untuk rumah tangga, gunakan uang anda untuk kebutuhan anda bukan keinginan anda. Semoga informasi ini selalu bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.