Tips Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan

tips Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi, kita bersyukur masih dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini. terkadang bulan ramadhan memang identik dengan bahan baku makanan semakin melonjak tinggi dan juga barang-barang lain.

Oleh karena itu kita perlu pintar-pintar untuk kelola keuangan di bulan Ramadhan ini. Bila anda ingin memanfaat gaji bulanan anda supaya bisa mencukupi kebutuhan di bulan Ramadhan maka perlu anda perhatikan mengurangi aktfitas belanja dan berkumpul dengan teman. Lantas bagaimana cara kelola keuangan di bulan Ramadhan?

Inilah Tips Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Mengurangi Jadwal Bukber (Buka Bersama)

Salah satu untuk mengelola keuangan yang wajib anda perhatikan yaitu kegiatan buka bersama bersama teman. Boleh-boleh saja melakukan buka bersama dengan teman yang sudah lama tak jumpa namun juga tidak boleh keseringan. Karena kalau anda keseriangan menerima ajakan teman anda untuk buka bersama maka keuangan anda semakin membengkak.

Membuat Daftar Menu Selama Bulan Ramadhan

Kenapa harus membuat daftar menu selama bulan suci ramadha? Karena terkadang kita masih tergiur dengan menu-menu lain yang tidak kita buat sendiri dirumah. Karena hawa nafus orang yang secang berpuasa berbeda dengan yang tidak puasa seperti biasanya. Dimana kita hanya dibolehkan makan dan minum pada saat buka dan sahur saja. Sering kali kita ngabuburit dan menjajah menu-menu atau takjil yang sudah berderetan di pinggir jalan, padahal kita sudah masak dirumah.

Baca Juga : Tips Jitu Kelola Keuangan THR Supaya Tidak Boros

Perencanaan Secara Matang di Awal Bulan

Selama bulan ramadhan maka bisa anda atur secara matang untuk pengeluaran keuangan anda, karena kebutuhan akan membludak. Caranya anda harus menulis daftar pos-pos yang sudah anda bayar setiap bulan. Setelah itu anda buat po-pos baru untuk anggaran tambahan yaitu Bayar zakat, mudik, membeli baju baru, membeli snack atau makanan ringan untuk Idul Fitri, hal ini anda perhitungkan lebih detail.

Menahan Diri untuk Membeli Barang yang Tidak Penting

Pada saat anda pergi ke mall ataupun minimarket maka banyak sekali yang sering kita lirik namun itu tidak penting. Bila anda memang membutuhkannya boleh anda beli dan sesuaikan budget anda dan tidak mengganggu keuangan bulanan lainnya. Jangan menggunakan Kartu Kredit untuk berbelanja, karena tidak menguntungkan anda untuk bulan berikutnya.

Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan
Image : Jualan Takjil
Alokasikan THR digunakan Mudik

THR memang sering kali diberikan sebelum hari raya idul fitri, namun anda juga harus memperhitungkan sejak awal bulan. Jika anda sebagai seorang perantau maka anda harus mudik atau pulang kerumah halaman untuk bertemu sanak saudara. Bila ada sisa maka bisa anda bagikan ke anak-anak kecil atau ke bersedekah di panti asuhan atau dimanapun yang anda inginkan.

Baca Juga : Cara Menghitungan Zakat Emas, Perak, Fitrah dan Penghasilan Yang Benar

Menambah Penghasilan Berjualan Takjil

Sering kali di bulan ramadhan ini berubah profesi pada setiap sore. Banyak yang berfikir untuk berjualan takjil yang sering kali dibutuhkan setiap orang untk buka puasa. Bisa saja anda menjual kudapan manis atau takjil seperti kolak, es campur, es kelapa muda yang tidak begitu membutuhkan modal terlalu banyak. Selain minuman anda juga bisa membuat makanan yang bisa anda jual seperti asinan, gado-gado ataupun pentol.

Itulah beberapa tips kelola keuangan di bulan Ramadhan. Semoga informasi ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin mengatur keuangan secara detail dalam mengalokasikannya. Di bulan Ramadhan 2019 lebih baik dan menjadikan keberkahan anda semua. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.