Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas dan baru harus dilihat terlebih dulu dari segi body dan fitur yang sudah diterapkan dalam mobil tersebut. Tak semua orang menjual mobil mereka, namun ada juga yang sudah bosen dengan mobil dan masih tergolong baru atau lagi butuh uang.

Apakah anda ingin membeli mobil bekas? Dimana harga mobil bekas pasti harganya dibawah mobil baru. Beda lagi kalau mobil antic dan kuno termasuk barang yang langka maka harga dominan lebih mahal dibandingkan mobil baru. Jika anda membeli mobil bekas maka perhatian kondisi mobil dengan teliti dan pastikan masih layak serta aman untuk berkendara jarak jauh. Penasaran dengan Tips Membeli Mobil Bekas?

Inilah Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Baik

Catatan Servis Harus Lengkap

Perlengkapan mobil harus ditanyakan terlebih dahulu dan pastikan catatan servis kendaraan sangatlah penting. Kenapa harus diperhatikan, karena kalau servis tidak rutin maka kerusakan pada mobil sering kali terjadi , terutama pada oli mobil yang harus diperhatian 3 bulan sekali jika sering digunakan perjalanan jauh.

Baca Juga : Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Waspadai Mobil Bekas Harga Murah dibawah Standar

Adapun pepatah bahwa ada rupa ada harga, dimana pepatah itu sangat berlaku untuk membeli mobil bekas. Anda bisa saja membeli mobil bekas dengan kualitas dan harga yang lebih murah, namun perlu anda perhatikan terlebih dahulu kondisi barang jika harga dibawah pasaran. Jadi anda lihat harga pasaran terlebih dahulu sebelum membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Image : Ilustrasi

Pengecekan Body Mobil Bekas

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi body dan eksterior mobil secara keseluruhan. Harus anda perhatikan untuk komponen seperti pintu, kap mesin serta kaca mobil masih orisinil atau sudah pernah diganti. Tidak hanya itu saja, perhatikan juga untuk kondisi cat mobil, karena untuk mengecat ulang juga butuh dana tambahan.

Aksesoris dan Interior Pastikan Aman dan Nyaman

Sering kali anda melihat bagian luar saja, namun pastikan anda juga melihat bagian aksesoris dan interior mobil yang akan anda beli. Pastikan semua koponen masih beroperasi secara normal dari AC, sistem audio, switch lamp atau  lampu, tombol pembuka dan penutup kaca, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencoba dan menduduki jok mobil apakah masih layak atau sudah tidak layak untuk diduduki.

Penting Banget! Pastikan Kondisi Mesin

Jika anda tidak mengerti soal mesin mobil, maka bisa mengajak teman anda yang mengerti soal mesin mobil dan membantu untuk mengecek kondisi mobil bekas tersebut.  Secara detail harus dilihat satu persatu kondisi mesin mobil tersebut, apakah ada kebocoran atau tidak. Jangan lupa anda harus test drive sebelum deal untuk membeli mobil tersebut.

Baca Juga : Spesifikasi Suzuki Ertiga 2018 Interior Nyaman dan Eksterior Elegan

Kelengkapan Dokumen Juga Sangat Penting

Setelah anda melihat catatan servis, bagian eksterior dan interior sampai ke mesin mobil. Pastikan juga bahwa mobil bekas tersebut memiliki kelengkapan dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB dan Faktur. Ketahuilah jika mobil yang ingin anda beli adalah mobil built-up maka tanyakan Form A mobil itu.

Itulah beberapa Tips Membeli Mobil Bekas yang harus anda perhatian. Jika ada yang kurang lengkap dengan mobil tersebut maka jangan sampai anda membeli mobil tersebut. Kelengkapan mobil sangatlah diperlukan, karena ada banyak orang yang bertindak negative soal mobil bekas, jadi cukup waspada saja dan baca Tips Membeli Mobil Bekas terlebih dulu sebelum anda deal mmebeli mobil tersebut.