Tips Memilih Charger HP Berkualitas Bagus

Tips Memilih Charger HP Berkualitas Bagus tentunya butuh ketelitian yang lebih. Banyaknya Charger ( cas handphone ) yang bereda di pasaran.

Dengan berbagai merk dan kualitas yang berbeda-beda bisa saja membingungkan kita. Untuk itu mencari charger HP berkualitas bagus untuk handphone kita tidaklah mudah. Jika kita tidak teliti sebelum membeli

Jangan asal membeli charger untuk Smartphone anda, walaupu cocok belum tentu bisa awet. Baik untuk chargernya sendiri, dan bahayanya juga bisa merusak komponen di handphone anda nantinya.

Charger yang bagus pun juga belum tentu cocok untuk Smartphone ada. Misalnya kita membeli jenis Quick Charger, tapi Smartphone belum mendukungnya. Hasilnya juga tetap sama, Handphone di cas akan lama

Lalu bagaimana cara memilih charger HP berkualitas bagus?

Sebelum membeli charger baru, kenali dulu cara kerja dan standard charger handphone yang beredar, khususnya di Indonesia. Sebenarnya apasih fungsi charger itu? mengisi baterai handphone, ya memang itulah fungsi utamanya.

Tapi yang dimaksut disini fungsi yang lebih mendalam. Yaitu memiliki fitur menurunkan dan merubah arus listrik dari PLN.
Charger HP Berkualitas Bagus
Di Indonesia yang memiliki standard voltase 220V. Jika diperhatikan, charger akan ada keterangan seperti gambar diatas

Gambar charger diatas menunjukan Input dan output arus yang mampu dilakukan charger tersebut. Untuk memilih charger handphone yang baik, anda bisa memperhatikan acuan seperti keterangan yang tertera di charger

Membaca keterangan charger handphone

Input:100-240V~50/60Hz
Yang artinya, charger handphone ini mampu bekerja diarus listrik antara 100V sampai dengan 240V. Karena di Indonesia PLN menggunakan standar 220V. Charger ini bisa digunakan diatara angka tersebut, dan tidak boleh melebihi 240V jika melebihi charger akan rusak.

Sedangkan frekuensi menunjukkan kurang lebih 50 sampai 60Hz (Hertz). Yang artinya charger bisa digunakan di frekuensi 50Hz sampai 60Hz. Sedangkan frekuensi standar PLN bekerja difrekuensi 50Hz, jadi charger tersebut bisa dibilang memenui kriteria.

Output: 5V-2000mA/maH ( miliampere Hour )
Dari keterangan tersebut, kita bisa menyimpulkan voltase yang telah diubah. Dari Input 220V tadi menjadi 5V dan arus menjadi kurang lebih sekitar 2000mA.

Dengan mengetahui spesifikasi yang ada di charger. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah charger yang akan kita beli cocok dengan handphone? Agar sesuai, perlu kita ketahui juga spesifikasi baterai yang ada di handphone kita.

Didalam baterai biasanya tertulis 3,7V yang artinya minimum voltase ke handphone. Agar bisa mengisi daya baterai dan kapasitas ampere dengan ditandai sebagai contoh 2600mA.

Jadi, ketika kita memiliki handphone dengan kapasitas baterai 3,7V-2600mAh. Yang di charger menggunakan charger 5V-2000mAh akan jauh lebih cepat pengisiannya. Ketimbang menggunakan charger dengan 5V-1000mAh. Disinilah peran ampere (mA) yang menentukan kecepatan isi ulang.

Semakin besar nilai ampere (mA) charger semakin bagus? Tidak juga, karena ada juga handphone yang justru akan mengalami panas berlebih. Ketika di cas menggunakan charger yang memiliki mA besar. Hal ini dikarenakan over tegangan yang bisa saja memperpendek umur baterai.

Tips Memilih Charger HP Berkualitas Bagus

Untuk mengetahui apakah charger yang anda pilih memiliki real ampere. Anda bisa menggunakan aplikasi Ampere khususnya untuk handphone android. Dengan aplikasi yang bisa anda download dari play store, anda bisa mengetahui informasi pengisian daya. Hasil test yang saya coba menghasilkan informasi sebagai berikut ini.
Charger HP Berkualitas Bagus
Dari informasi diatas, menggunakan charger abal-abal seharga 40ribuan. Yang tertulis 2A, terlihat dari informasi diatas menunjukkan 1500mA atau 1,5A. Seharusnya bisa mendekati nilai real jika chargernya bagus.

Dari penjelasan singkat diatas, bisa kita simpulkan untuk memilih charger HP berkualitas bagus. Pilih yang sesuai dengan spesifikasi yang mampu mengimbangi dan cocok untuk handphone anda.

Kualitas yang bagus tentunya juga sebanding dengan harga. Pilih merk charger yang memiliki reputasi bagus, dan garansi yang jelas. ( Seperti Vivan, Dellcell, dan lainya )

Update: Sharing pengalaman, kemarin saya membeli charger handphone merk VIVAN DD01 Double USB Charger 2.4A with Micro USB Cable yang harganya asli 120rb. Tapi mumpung ada harga promo dari mataharimall jadi Rp72 beli secara online.

Hasil uji coba charger yang saya beli tersebut, 2 menit bisa nambah 3 pesen dengan catatan handphone keadaan diam tidak digunakan. Dengan kapasitas baterai HP 2800 mAh. Li-ion bateray 3,85 V 10.78 WH

Kalau anda penasaran atau ingin membelinya bisa melihatnya disini

Artikel terkait yang banyak dibaca: Penyebab HP tidak bisa dicas (dicas malah berkurang)

Permasalahan yang sering terjadi berhubungan dengan charger

Pegisian yang terlalu lama

Permasalahan ini bisa disebabkan karena nilai ampere di charger telalu kecil dan kapasitas baterai yang besar. Permasalahan lain bisa disebabkan oleh kabel USB. Untuk menyelesaikan bisa mencoba mengganti kabel USB yang bagus

Handphone error layar sentuh berjalan sendiri ketika di charger

Kondisi seperti ini, terjadi karena ampere dari charger yang terlalu besar atau juga bisa terlalu kecil. Tidak setabil sehingga mengakibatkan layar handphone berjalan sendiri. Coba ganti dengan adapter lain untuk mengatasinya.

Itulah refrensi yang bisa anda terapkan ketika akan membeli charger handphone. Agar mendapat kualitas bagus dan benar-benar cocok dengan smartphone anda.

64 Comments

  1. Riko
  2. yahya darsa putra
  3. dede
  4. luthfi
  5. nadia
  6. Gita Safitri
  7. Bowo
  8. deri
    • dannyw
  9. duikjack
  10. agos
  11. agus
      • Slamet
  12. Rido
  13. risna
  14. Dimas Arifin
  15. Dimas Arifin
  16. dani
  17. Zulkifli
  18. Albert
  19. fajar
  20. Ver
  21. Arjun
  22. HERI
  23. hendy
  24. Taufik
  25. Nurul
  26. Farel
  27. A_Beres
  28. Daffa Rohis
  29. ida laela
    • Afril
  30. Rio
  31. Tiara
  32. Adinda
  33. Fajri
  34. yusuf
  35. Arifin
  36. Mala
  37. Ryan
  38. Ai hilmi
  39. Jevalni