Tips Merawat Mobil Bertenaga Mesin Diesel

Mesin pada mobil memang merupakan hal yang paling penting untuk dijaga, karena semuanya bisa berjalan normal kalau kondisi mesin juga normal. Mesin mobil dibagi menjadi dua macam yaitu Mesin diesel dan mesin bensin yang sudah pernah dibahas sebelumnya untuk perbedaannya.

Oleh karena itu kali ini membahas tentang tips merawat mobil yang memiliki Mesin Diesel. Dimana, mobil dengan mesin diesel saat ini lebih digemari banyak orang, selain harganya yang terjangkau dan bervariasi juga memiliki daya tarik tersendiri untuk memiliki mobil mesin diesel.

Sebelumnya mobil dengan tenaga Mesin Diesel ini telah digunakan untuk mobil besar seperti bus, truk karena harus menopang beban yang banyak. Namun, sekarang mobil keluarga juga ada yang menggunakan mesin ini sebagai perkembangan teknologi yang semakin maju ini.

Baca Juga : Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Mesin ini dulu memang tergolong memiliki suara yang kasar, dan saat ini memiliki banyak jenis mobil dengan bermsin diesel yang memiliki suara lembut seperti mesin bensin. Lalu, jika anda ingin memiliki mobil bertenaga Mesin Diesel maka harus anda perhatikan dalam merawat mobil tersebut.

Inilah Beberapa Tips Merawat Mobil bertenaga Mesin Diesel

Melakukan Pemanasan Sebelum Berkendara

Memang setiap kendaraan harus selalu dilakukan pemanasan sebelum digunakan berkendara jarak jauh. Supaya mesin tidak cepat rusak dan nyaman jika sudah panas. Untuk pemanasan mesin ini kurang lebih 10 menit saja tidak terlalu lama. Hal ini perlu dilakukan karena memiliki fungsi memberikan pelumasan untuk seluruh bagian mesin.

mobil mesin diesel

Image: Mesin diesel

Selalu Perhatikan Solar, Filter dan Tangki

Mesin ini memang tergolong lebih irit dibandingkan mesin bensin, jadi perlu anda perhatikan untuk pemakaian bahan bakar solar. Perlu anda perhatikan gunakan solar yang memiliki kualitas baik meskipun terdapat harga yang cukup mahal. Anda bisa menggunakan Solardex yang sudah diproduksi oleh pertamina.

Selain itu untuk filter solar sendiri kalau dashboard menyala maka memberikan tanda kotoran atau air yang sudah menyumbat bahan bakar tersebut. Kalau sampai filter kotor maka mesin akan sering mogok dan kinerja tidak maksimal. Sedangkan anda juga harus memperhatikan tangki solar mesin ini jangan sampai kehabisan bahan bakar solar karena itu tidak bagus untuk tangkinya.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Lakukan Secara Rutin Bersihkan Filter Udara

Udara yang bersih bisa membuat proses bahan bakar lebih sempurna dan kinerja mesin juga bisa maksimal. Tidak hanya itu saja, pori-pori filter udara mesin ini bisa capai sekitar 50-60 mikron dan untuk ukuran yang seperti itu kotoran dan debu bisa masuk kedalam. Ketahuilah bahwa debut m,merupakan salah satu musuh paling utama untuk Mesin Diesel.

Lakukan Perawatan Busi Pijar dan Water Sedimeter

Filter solar terbaru maka sudah dilengkapi dengan water sedimeter. Dimana memiliki fungsi menangkap sebuah kandungan air yang terdapat di bahan bakar mesin. Oleh karena itu, anda bisa melakukan pengecekan secara rutin kandungan air yang terdapat di water sedimeter. Perawatan busi pijar ini bisa anda lakukan memberikan arus dari aki, jika nyala merah maka kondisi busi pijar masih sempurna atau baik.

Jangan Langsung Matikan Mesin Pada Mobil Diesel

Jangan sekali-kali mematikan mobil mesin diesel secara langsung pada saat selesai digunakan perjalanan. Pastikan masih menyala setelah berhenti kurang lebih 5 menit dan setelah itu bisa anda matikan. Perlu anda ketahui bahwa mematikan mesin secara langsung bisa sebabkan mesin stress dan mampu mengurangi umur dari penggunaan mesin diesel itu.

Pembersihan Mesin Mobil Diesel dengan Rutin

Semua mesin memang membutuhkan perawatan khusus, namun untuk mesin diesel ini perlu perawatan yang ekstra untuk kinerja yang maksimal. Diantara yang lainnya yang paling penting yaitu memberishkan mesin mobil diesel secara rutin dan berkala.

Melakukan Perbaikan

Perlu anda perhatikan bahwa perbaikan injection pum yang bisa dilakukan di bengkel resmi yang khusus jenis mobil diesel. Jika terjadi kerusakan maka perlu anda perbaiki terhadap injection pum kalau sampai rusak parah maka harus mengganti spare part tersebut.

Mengganti Pelumas Oli Secara Rutin

Oli sebagai peran penting untuk mesin, jadi anda bisa melakukan pergantian Oli setiap 5000 km dan juga perhatikan filter olinya yang perlu anda perhatikan. Adapun cara mengecek oli mesin dengan menarik dipstick oli usai itu anda perhatikan apakah volume oli masih digaris normal atau tidak, tidak hanya itu saja, juga perlu anda perhatikan kekentalan oli mesin mobil.

Demikian ulasan tentang tips merawat mobil bertenaga diesel. Jadi anda yang memioliki mobil tersebut maka langsung cek sekarang juga dan lakukan langkah-langkah tersebut. Semua mobil memang membutuhkan perawatan khusus terutama yang memiliki mesin diesel dan mobil matic.