Kenali Warna Asap Knalpot dan Penyebabnya Sangat Mengejutkan!

Pengendara mobil atau motor memang harus memperhatikan mesin dalam kendaraan tersebut. Dimana kalau ada kerusakan mesin maka asap knalpot akan berubah warna. Diketahui bahwa mesin bensin yang normal tidak keluarkan asap berwarna pada knalpot tersebut. Tetapi kalau knalpot mobil sudah keluarkan asap maka perlu anda lihat bahwa sebagai tanda mesin mobol tidak dalam kondisi bagus.

Oleh karena itu, mulai sekarang perhatikan asap knalpot mobil atau motor anda, supaya tak terjadi masalah yang cukup besar lagi pada mesin. Kalau anda belum mengetahui cirinya maka ada beberapa warna asap knalpot dan juga penyebab yang cukup berbeda. Ada beberapa penjelasan tentang warna asap dan penyebabnya yang perlu anda perhatikan.

Inilah Deteksi Warna Asap dan Penyebab Kerusakan Mesin

Asap Warna Hitam

Saat ini untuk asap yang berwarna hitam karena adanya pembakaran bahan bakar yang kurang baik, jadi menyisakan hasil pembakaran yang telah dikeluarkan pada knalpot. Pada umumnya kalau mobil memiliki kondisi ini maka akan lebih boros dalam mengkonsumsi BBM.

warna asap knalpot

Image : Ilustrasi

Asap Warna Abu-Abu

Bila asap mengeluarkan warna abu-abu maka ada yang terjadi kemacetan terdapat kutup positive crankcase ventilation atau disingkat PVC. Sedangkan kendala dalam kondisi ini yaitu kinerja turbo tak baik atau tidak normal serta pada oli mesin bocor dan ikut terbakar.

Baca Juga : Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Asap Warna Putih Kebiruan

Memang warna asap ini jarang dilihat, namun kalau mobil anda sudah mengeluarkan asap putih kebiruan pada knalpot maka ada yang kurang beres pada oli yang ikut terbakar di ruang bakar mesin. Keadaan ini juga bisa terjadi karena ada kebocoran pada gasket diantara silinder head dan blok mesin.

Selain itu juga bisa sebagai penyebabnya yaitu ausnya ring piston serta oli ikut bocor. Jika mobil sudah lengkap dengan turbo maka asap ini telah menjadi tanda bahwa anda harus ganti blower dari turbo mobil itu.

Asap Warna Putih

Asap kenalpot yang berwarna putih perlu anda perhatikan dengan seksama. Jika yang keluar arna putih tipis maka mesin anda tergolong masih normal. Dimana dalam kondisi ini biasanya ada penumpukan kotoran pembakaran mesin.

Baca Juga: Facebook Riliskan Aplikasi Lasso Sebagai Pesaing TikTok

Sedangkan kalau yang dikeluarkan asap warna putih pekat bisa disebabkan mesin mobil anda memiliki masalah yang cukup serius. Adapun penyebab paling utama pada oli dengan intensitas yang besar sudah masuk dalam ruang bakar dan ikut terbakar pula. Kerusakan terdapat pada ring piston atau sela klep jadi oli mesin bisa masuk kedalam ruang bakar.

Itulah beberapa warna asap knalpot mobil yang perlu anda perhatikan dan ketahui penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan. Jika anda masih penasaran maka cek langsung ke bengkel resmi mobil anda jika ada kendala pada kendaraan anda. Mobil normal tidak menghasilkan asap yang tebal melainkan asapnya tidak tampak sama sekali.