Cara mengatasi iPhone Lemot Banget

cara mengatasi iPhone lemot

Cara mengatasi iPhone lemot, – Apple setiap tahunnya selalu berusaha terus mengeluarkan produk terbaru, baik dari perangkat keras atau perbaruan perangkat lunak.

Apple sendiri juga menganjurkan bagi para penggunanya untuk terus melakukan update di setiap keluar OS terbaru, hal ini wajar, dimana OS terbaru selain ada penambahan fitur baru tentunya juga mengusung perbaikan bug, atau masalah di versi sebelumnya.

Hal ini menarik untuk dibahas, mengingat pengguna iPhone semakin meningkat. Baik perangkat terbaru maupun jadul. Lalu, bagimana bagi pengguna perangkat lama? apakah bisa menggunakan versi OS terbaru?

Ya, bagi pengguna perangkat lama, sebenarnya Apple sendiri berupaya agar versi baru bisa berjalan baik di iPhone atau iPad jadul. Tapi sayangnya perangkat lama yang memiliki spesifikasi rendah, dan menggunakan OS baru menjadi tidak bisa bekerja secara optimal.

Nah, bagi anda yang menggunakan iPhone jadul, yang sudah melakukan update OS terbaru dan mengalami penurunan dari segi kecepatan, berikut ini tips yang bisa dilakukan agar iPhone bisa menjadi lebih cepat.

 

Cara mengatasi iPhone lemot dengan pengaturan berikut

Melakukan pengaturan tampilan grafis

Di OS terbaru, iOS menyajikan penampilan yang transparan seperti di air, efek ini lumayan berat untuk perangkat lama yang spesifikasi masih rendah. Cara mengaturnya sebagai berikut ini.

Masuk menu setting > General > accessibility > disini lakukan pengaturan di dua menu, yaitu di bagian Reduce Transparency, buka dan atur dalam kondisi on, selanjutnya kembali dan pilih di pengaturan Reduce mention. Atur dalam kondisi on.

Melakukan pengaturan diatas akan terlihat di bagian gerakan animasi setipa berpindah menu dan mengurangi kontras efek, inilah yang bisa membuat kinerja semakin berat.

 

Pengaturan ruang penyimpanan

Karena prangkat iPhone tidak di di sediakan slot memory, ruang memory menjadi terbatas. Berikan ruang yang cukup banyak dan buang aplikasi yang tidak terlalu penting. Dengan menyediakan ruang penyimpanan yang banyak, kinerja perangkat bisa semakin leluasa.

 

Menonaktif Aplikasi background dan refresh

Mematikan aplikasi yang berjalan terus di belakang layar, yang realtime melakukan pembaruan. Aplikasi yang terus berjalan juga bisa membuat perangkat melambat. Untuk mematikannya bisa di lakukan dengan cara.

Masuk menu Setting > General > Background app refresh > atur dalam kondisi mati.

 

Pesan dan e-mail

Hal ini yang sering di abagikan, pengguna lebih suka membiarkan pesan masuk menumpuk. Agar bisa membantu perangkat bekerja lebih baik, sebaiknya hapus pesan yang sudah tidak digunakan. Semakin banyak pesan ang di biarkan juga akan menyita ruang yang tersedia.

 

Mematikan fitur Siri

Fitur siri spotlight seacrh bisa dimatikan jika tidak pernah digunakan. Fitur ini yang memberikan saran-saran saat pencarian di aplikasi yang jarang digunakan, jika tidak dimatikan  justru akan memperlambat performa.

Cara mematikan masuk ke menu Setting > General > Spotlight seacrh > matikan semua atau aplikasi tertentu, yang anda inginkan.

 

Hati-hati untuk melakukan update OS

Memang memakai versi OS terbaru disarankan, tapi terkadang malah membuat perangkat menjadi lambat. Terutama un tuk perangkat jadul, ini disebabkan spesifikasi iPhone yang kurang noptimal atau cocok untuk OS terbaru.

 

Cara mengatasi iPhone lemot digunakan untuk browsing

Ini sebenarnya banyak yang mempengaruhi ketika iPhone digunakan untuk browsing lemot. Bisa karena jaringan internet juga bisa karena aplikasi browser yang anda gunakan

Untuk anda yang menggunakan browser bawaan iPhone safari, bisa melakukan pengaturan yang lebih detail di artikel Cara mengatasi safari lemot

Jika cara diatas masih belum optimal, anda bisa mencari browser pihak ketiga, misalnya Google Chrome ( Baca juga: Hasil test banding Aplikasi browser handphone terbaik )

Baca juga: Kirim File dari iPhone ke Android dengan Mudah

Itulah bagaimana cara mengatasi iPhone lemot yang bisa anda lakukan. Jika melakukan tips diatas iPhone tetap lemot, anda bisa melakukan hard reset.

Artinya menghapus semua yang ada di iPhone, melakukan hard reset harus sudah mengeluarkan semua akun yang terlogin agar tidak terjadi iPhone lock iCloud. Bagi yang menggunakan layanan iCloud

Permasalahan lain, iPhone lemot bisa juga iPhone yang anda gunakan bukan iPhone Original. Untuk mengeceknya bisa membaca artikel Cara cek iPhone asli atau palsu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.