blog ganti template amp html

Ganti Template valid AMP HTML, Apa yang akan Dialami Blog?

Ganti Template valid AMP HTMLWahanarupa.com, – Tepat 3 Januari 2017 wahanarupa berganti wajah baru, jika anda sebelumnya sudah pernah berkunjung di wahanarupa.com maka akan terlihat ada yang berbeda. Ya, mulai menggunkan Template valid AMP HTML

(Update: Tapi sekarang sudah tidak, karena sudah pindah ke WP self hosting)

Apa yang beda? diawal tahun 2017 kami memutuskan untuk mengganti template blog yang sudah valid (Accelerated Mobile Pages) AMP HTML  yang memang sudah menjadi topik hangat para blogger beberapa bulan belakangan ini.

Untuk kali ini, kami tidak membahas apa itu (Accelerated Mobile Pages) AMP HTML, namun lebih mereview kelebihan dan kekurangan template AMP HTML beserta apa saja permasalahan saat pindah ke template valid AMP HTML.

Karena template AMP ( Accelerated Mobile Pages) memang berbeda dari template sebelumnya yang kami gunakan. Dimana Blog yang Valid AMP HTML ditutuntut untuk meminimalisir penggunaan JavaScript yang bisa memberatkan loading blog saat dimuat.

AMP (Accelerated Mobile Pages) Mobile Page, berarti lebih mengutamakan blog yang notabene lebih responsive, cepat saat dimuat menggunakan Smartphone.

Memang kebetulan, dari data statistik yang dimiliki wahanarupa.com pengunjung lebih dominan dari Smartphone, inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa mengganti Template valid AMP HTML.

 

Pengalaman mengganti template valid AMP HTML di blog

#Kekurangan menggunakan template AMP HTML

Sebelum melangkah lebih jauh, kami share beberapa kekurangan yang ditemukan saat menggunakan template AMP di blog wahanarupa.com

 

1. Sering terjadi error

Ketika mengganti dan melakukan edit agar sesuai dengan persyaratan valid AMP, sering mengalami error tidak bisa valid.

Seperti kemarin tanggal 6 januari muncul warning warna kuning di ekstension AMP yang terpasang di Google Chrome. Yang artinya harus diperbaiki dibagian meta tag susunan tamplate pada blog

Hal ini cukup wajar, karena memang template AMP (Accelerated Mobile Pages) masih tahap pengembangan. Jadi jika ada update persyaratan baru kita harus segera memperbaikinya.

 

2. Related Post ( artikel terkait )

Untuk template valid AMP HTML memang tidak diperbolehkan menggunakan Javascript yang lebih, sedangkan untuk bisa memansang Artikel Terkait seperti template biasanya membutuhkan Javascript.

Sehingga ada kendala untuk urusan yang ini. Walaupun ada alternatif lain, tapi untuk saat ini kami masih mengalami kesulitan memasang navigasi Artikel terkait di blog.

Mungkin berbeda lagi jika menggunakan blog sudah menggunakan SSL HTTPS

 

3. Pemasangan iklan terbatas

Ya, jika anda memasang unit iklan khususnya Adsense, akan merasa kesulitan untuk pemilihan jenis iklan. Terutama untuk posisi di tengah artikel dan juga untuk ukuran responsive.

(Update: untuk pemasangan iklan di tengah bisa baca disini)

 

4. Widget yang masih terbatas

Jika kita menggunakan template Valid AMP HTML untuk penambahan widget masih terbatas tidak seperti kita menambah di template pada umumnya.

Jika kita langsung menambah melalui menu blogger, maka akan error di laporan validasi AMP.

 

5. Pendapat anda

Untuk kekurangan yang lain, bisa anda coba dan cari sendiri karena disetiap blog dan template yang digunakan mungkin bisa berbeda kekurangan yang didapat. Silahkan simpulakan sendiri menurut anda

#Kelebihan menggunakan template Valid AMP HTML
1. Fast loading
kecepatan loading halama untuk bisa tampil sangat terasa dibandingkan menggunakan template yang lama. Ketika kita membuka sebuah halaman, isi artikel akan tampil dengan cepat namun ada beberapa saat untuk bisa tampil sempurna.
Misalnya untuk gambar, ini terjadi karena memang di wahanarupa kurang maksimal dalam compres file gambar. ( Baca juga: Kompres Ukuran gambar cepat dan mudah )

 

2. Mobile Friendly

Sejauh ini lebih simpel ketika dibuka melalui Smartphone, kami test menggunakan smartphone dengan spesifikasi rendah tetap bisa dibuka dengan baik. Tidak terasa berat seperti dulu sebelum pindah template valid AMP HTML

 

3. Ramah paket data

Yup, menurut kami sangat ramah paket data cukup irit, hal ini tentunya juga masih ada hubungan dengan point pertama fast loading.

Ketika dibuka menggunakan smartphone setting jaringan EDGE masih bisa terbuka dengan baik dan juga tidak terlalu lama bisa menampilkan halaman.

 

4. Banyak iklan tidak mengurangi kecepatan loading

Setelah google tidak lagi membatasi unit iklan di blog, kami mencoba memasang leih dari 3 unit dengan jenis gambar, blog tidak mengalami peurunan loading yang signifikan.

(Baca juga: Tips Agar Mudah Diterima Google Adsense )


5. Cepat Terindex Google Webmaster

Sebenarnya ini benar atau tidak kurang begitu paham, tapi yang kami rasakan setelah mengganti template valid AMP HTML terasa begitu cepat mendapat laporan jika terjadi error.

Artikel juga terindex cepat. Tapi bukan berarti cepat/bisa page one lo ya


#Hal-Hal yang dialami selama menggunakan Template valid AMP HTML di blog

1. Ribet posting artikel
Ketika kita sudah menggunakan template valid AMP HTML kita akan sedikit memberi setting file image, video agar bisa valid AMP. Juga untuk kita yang sudah memiliki postingan mau tidak mau harus melakukan edit.

2. Mengenal coding dasar
Memang menggunakan template valid AMP kita harus belajar coding dasar membangun blog, misalnya kita ingin menambah (embed) video maka kita harus juga menambah meta tag condition di template. Dan masih bayak lagi yang perlu dipelajari agar tidak lagi error

3. Tutorial masih minim
Mungkin AMP masih terbilang baru, jadi wajar jika tutorial memperbaiki jika ada permasalahan masih minim. Tapi seiring waktu nantinya juga akan berkembang dan juga ada hal baru yang bermunculan.

Kesimpulan

Over All lebih nyaman menggunakan template valid AMP HTML karena lebih simpel dan juga cepat, untuk masalah visitor dan pendapatan setelah menggunakan template AMP HTML tidak mengalami penurunan yang signifikan.

Banyak yang baca tentang:
– Kenpa malas Ngeblog? Coba baca ini

Bagamaiana dengan anda? apakah ingin hijrah ke template valid AMP HTML? silahkan anda menyimpulkan sendiri apakah sudah waktunya pindah, happy blogging

11 komentar untuk “Ganti Template valid AMP HTML, Apa yang akan Dialami Blog?”

  1. Artikel nya bagus, saya rencana mau ganti template yang mendukung AMP nih, tapi kok jadi ragu setelah baca kekurangan ganti template AMP. Oh iya, itu iklan akhir artikel dan jenis MC nya kok terpotong mas, apa gak khawatir di cubit tim adsense karena melanggar kebijakan mas? Hehe..

    1. Iya mas template AMP masih banyak kekurangan untuk saat ini, blum seleluasa template yg non AMP..
      MC tak buat responsive tampilannya masih suka aneh nih, tar klo di cubit ta cubit balik aja ehhh 😀

  2. Kalau menurutku AMP itu khusus buat situs berita yang update tiap hari, kalau blog biasa pakai template simple seo friendly juga lebih dari cukup.

  3. saya berpikir jika menggunakan AMP pendapatan bisa naik karena fast loading. Namun pas baca point terakhir “untuk masalah visitor dan pendapatan setelah menggunakan template AMP HTML tidak mengalami penurunan yang signifikan.” saya jadi bertanya-tanya apakah setelah pindah ke AMP penghasilan mas turun ? yang di takutkan jika migrasi ke AMP ga sesuai ekspetasi soal penghasilan.

    1. Kalo masalah kecepatan emang lebih unggul mas, terus masalah visitor dan pendapatan. Waktu saya masih pakek pertama emang nurun salnya masih penyesuaian. Tapi perlahan stabil kmbali.. dan berubung sekarang pindah ke WP masih belum aktifin AMP lagi soalnya masih males otak atik, hehe

  4. hal yang sering dijumpai para blogger pemula nihh apa lagi ganti template pas udah banyak artikel dan baru menggunakan amp pasti artikel sebelumnya banyak yang engga valid

  5. jangan ragu sodara ku ,, AMP fast loading, pokoknya,, sekarang google lebih mengutamakan kecepatan loading blog , agar bisa menjadi peringkat 1 di google..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *